Studio Foto, Usaha yang Menjanjikan Keuntungan

1 1.691

Di tengah maraknya dan harga yang sangat murah dari kamera digital, keinginan orang mengabadikan momen dengan ditangani oleh profesional tidak akan pernah surut. Orang akan tetap mencari para profesional tersebut, karena tidak semua orang bisa mengabadikan momen dengan bagus atau sekedar mengedit foto. Maka, studio foto ini adalah salah satu usaha yang menjanjikan untuk dijalani.

Keuntungan yang didapat dari pelanggan lumayan besar. Bila anda memiliki keahlian fotografi, atau setidaknya anda menyewa seseorang yang memiliki keahlian di bidang tersebut, anda bisa menggunakan usaha yang menjanjikan ini sebagai salah satu peluang bisnis menarik.

Dalam mengelola usaha ini, sebaiknya mencari karyawan jika anda masih bekerja, sehingga pemasukan dari kerja masih ada, terlebih lagi jika awal-awal membangun usaha yang menjanjikan keuntungan ini.

Target Konsumen

Pelanggan dalam usaha yang menjanjikan ini menarget ke semua orang. Termasuk sekolah-sekolah atau kampus yang memerlukan jasa studio foto untuk foto ijazah, sertifikat, dll.

Bagaimana Memulai Usaha yang Menjanjikan ini?

Studio foto, usaha yang menjanjikan keuntungan
Studio foto, usaha yang menjanjikan keuntungan

Usaha ini sangat membutuhkan tempat yang cukup luas karena anda membutuhkan studio foto bukan hanya untuk foto setengah badan, tetapi seluruh badan dengan gaya masing-masing. Atau bisa jadi beberapa orang menjadi satu. Kemudian, anda bisa merenovasi ruangan untuk background foto dan lain-lain.

Sebagai perlengkapan, yang dibutuhkan adalah foto digital, komputer untuk memperbaiki hasil foto, lampu dll. Jika semua sudah siap, anda bisa memulai usaha yang menjanjikan ini dengan berpromosi.

Hambatan

Walaupun dapat dikatakan sebagai usaha yang menjanjikan, tidak berarti usaha ini tidak memiliki hambatan. Hambatan yang utama adalah persaingan, serta manajemen internal di bisnis anda. Termasuk manajemen SDM, keuangan, dll yang harus baik.

Kunci Sukses Bisnis Studio Foto

Untuk memberikan pelayanan lebih kepada konsumen, anda bisa menyediakan jasa panggil untuk di acara tertentu. Anda juga bisa membuat foto dalam bentuk kalender, postcard, dan kartu ucapan.

Bisa jadi, anda mengusahakan produk dalam bentuk paket, yaitu dalam satu paket terdiri dari beberapa foto dalam satu CD. Tiap paket memiliki harga tersendiri tergantung jumlah foto dan hasil olahan foto.

Analisis BEP (Perkiraan Minimal)

Investasi Awal 
Sewa Tempat & RenovasiRp 40.000.000,-
PeralatanRp 20.000.000,-
TOTALRp 60.000.000,-
Biaya Operasional
Gaji 2 pegawaiRp 1.600.000,-
Listrik & TeleponRp 600.000,-
Biaya CetakRp 1.800.000,-
TOTALRp 4.000.000,-
Omzet per bulanRp 6.000.000,-
Laba per bulanRp 2.000.000,-
Analisis BEP30 bulan

Loading...