Bisnis Catering, Menguntungkan dan Layak untuk Dicoba!

0 277

Bisnis catering akan selalu saja banyak yang mencarinya. Berbagai acara, dari hajatan, ulang tahun, perkawinan, syukuran, workshop, seminar dan lainnya, tetap akan membutuhkan jasa para penyedia konsumsi dalam jumlah yang besar, yakni bisnis catering. Jika anda bisa bertahan dan makanan enak plus bersih, sampai kapanpun bisnis catering anda akan selalu digunakan orang setiap mereka memerlukannya.

Yang jelas, bisnis ini pasti membutuhkan pegawai untuk mengelolanya. Yang bisa anda lakukan adalah menyediakan transportasi dan tempat, serta mencari pelanggan dan sesekali waktu mengecek setiap peralatan dan masakan yang ada. Selain itu, pekerjaan bisa didelegasikan kepada pekerja anda.

Target Konsumen

Bisnis catering menargetkan konsumen yang sedang mengadakan hajatan, penyelenggara acara di institusi tertentu, terutama jika undangan atau peserta dalam jumlah yang cukup banyak. Para karyawan kantoran juga salah satu pangsa pasar yang sangat potensial. Atau juga mahasiswa yang sering mengadakan seminar, serta anak sekolah yang mengadakan syukuran atau ulang tahun.

Bisnis catering, salah satu ide usaha yang menguntungkan dan patut dicoba
Bisnis catering, salah satu ide usaha yang menguntungkan dan patut dicoba

Bagaimana Memulai Bisnis ini?

Mencari pegawai terutama koki adalah hal pertama yang harus dilakukan dalam bisnis ini. Koki adalah unsur utama sukses tidaknya bisnis catering anda nanti. Lebih baik untuk mencarinya dengan melakukan seleksi, terutama yang tidak hanya bisa memasak, tetapi bersih dan kelezatan masakannya sudah terbukti.

Setelah anda mendapatkan beberapa pegawai yang lulus seleksi (minimal 3 orang pegawai), anda bisa membeli peralatan yang dibutuhkan. Lalu, bisnis catering inipun akan bisa berjalan. Dan jangan lupa untuk mempromosikan karena bisnis anda masih baru. Promosi bisa melalui berbagai cara.

Hambatan

Bisnis ini sangat banyak yang menggelutinya, sehingga persaingan pun cukup ketat. Selain itu, jika anda salah memilihi pegawai, bisa-bisa bisnis catering anda bukannya berkembang, malah bangkrut. Tidak boleh dilupakan adalah dengan memperbanyak promosi.

Kunci Sukses Bisnis Catering

Apabila makanan yang ditawarkan catering anda terbilang lezat, tentu bisa lebih mudah menjalankan bisnis ini. Kebersihan peralatan dan hasil masakan juga menjadi penilaian tersendiri bagi orang yang mengkonsumsi catering anda, sehingga sangat dijaga kebersihan dalam kondisi apapun juga.

Anda bisa berpromosi di media massa jika memiliki anggaran untuk itu, jika tidak anda bisa gunakan media sosial Facebook, Twitter, Instagram dengan gratis. Anda bisa juga menyelipkan nama jasa catering di setiap tissue, kardus atau piring dan alat makan lain, agar setiap tamu merasakan catering anda dan mulai mengenalnya.

Analisis BEP

Investasi Awal 
Peralatan (piring, gelas, sendok, dll)Rp 40.000.000,-
Biaya Operasional
Gaji Koki dan KaryawanRp 14.000.000,-
Kontrakan dapurRp 700.000,-
Bahan Baku, Transportasi, listrik, gasRp 57.300.000,-
TOTALRp 72.000.000,-
Omzet per bulanRp 90.000.000,-
Laba per bulanRp 18.000.000,-
Analisis BEP3-4 bulan

Loading...