PortalInvestasi.com
Partner Informasi Investasi, Bisnis dan Keuangan

Tips Menggunakan Kartu Kredit Lebih Bijak

0 16

Kartu kredit menawarkan tingkat keamanan dan fleksibilitas yang tinggi kepada pelanggan, dan inilah mengapa banyak orang menggunakan kartu kredit mereka untuk pembelian sehari-hari dan juga untuk pembelian khusus. Namun, untuk mendapatkan sebagian besar kartu kredit, Anda harus memastikan bahwa akan menggunakan dan membayarnya secara masuk akal dan bertanggung jawab. Berikut tips menggunakan kartu kredit lebih bertanggung jawab dan bijak.

Jika Anda menggunakan kartu kredit sembarangan, bisa jadi akan berpotensi membahayakan diri Anda sendiri. Salah satunya, tidak bijaknya menggunakan kartu kredit dapat mengakibatkan tingginya tingkat hutang, yang dapat menciptakan masalah keuangan yang besar untuk masa depan.

Memiliki kartu kredit memang seperti dua sisi mata uang, di satu sisi menguntungkan tetapi di sisi lain ada potensi kerugian yang bisa didapatkan pemiliknya. Kerugian dan keuntungan memiliki kartu kredit inilah yang perlu Anda pertimbangkan juga.

Oleh karena itu, tentu sangat berharga untuk mengetahui beberapa tips menggunakan kartu kredit lebih bijak untuk mengurangi risiko terjerumus ke tingkat hutang yang tidak dapat diatur di masa depan.

Setidaknya, terapkan 5 tips menggunakan kartu kredit lebih bijak ini dalam aktivitas Anda:

1. Selalu coba melunasi tagihan kartu kredit secara penuh

Ini dilakukan ketika sampai pada pembayaran kartu kredit, karena ini akan memungkinkan Anda menghindari membayar bunga atas pinjaman. Dan juga akan membantu Anda menghindari denda untuk pembayaran terlambat atau terlewatkan.

2. Bayar lebih dari minimum

Jika Anda tidak dapat melunasi tagihan secara penuh pada kartu kredit Anda, selalu usahakan membayar lebih dari jumlah pembayaran minimum yang diminta.

Jika Anda hanya membayar sebesar minimum tagihan, akan bisa membawa Anda ke waktu yang cukup lama untuk dapat membersihkan hutang, dan itu bisa menghabiskan banyak uang yang akhirnya mengikis anggaran Anda.

3. Pastikan Anda membandingkan kartu kredit untuk mendapatkan yang terbaik sesuai kebutuhan Anda

Misalnya, jika Anda cenderung melunasi tagihan Anda secara penuh pada akhir setiap bulan, kartu kredit berbasis reward mungkin sesuai dengan kebutuhan Anda.

Namun, jika Anda berencana untuk melakukan pelunasan hutang kartu kredit dengan mencicil, Anda mungkin akan lebih baik memilih jenis kartu kredit dengan suku bunga rendah.

4. Konsolidasikan kartu kredit Anda

Jika Anda sudah memiliki saldo kartu kredit yang dimana suku bunga tinggi dikenakan, pertimbangkanlah untuk melakukan konsolidasi. Anda bisa melakukan ini melalui kartu kredit transfer 0%, atau dengan mengambil pinjaman untuk membayar kembali semua kartu kredit Anda.

5. Tahan godaan, gunakan dengan bijak

Tahan godaan untuk menggunakan kartu kredit Anda untuk pembelian yang tidak benar-benar diperlukan hanya karena Anda memilikinya. Ingat, Anda harus membayar kembali apapun yang dikeluarkan untuk itu, jadi jika Anda tidak mampu melakukan pembelian, jangan lakukan itu.

Itulah kelima tips menggunakan kartu kredit dengan bijak dan bertanggung jawab agar nantinya tidak berisiko membahayakan diri Anda sendiri. Selain itu, Anda juga perlu memahami dengan baik bagaimana menjaga keamanan kartu kredit Anda.

Referensi: www.creditcardcompare.com.au

Loading...
Berlangganan Newsletter!
Berlangganan Newsletter!
Daftarkan email Anda disini dan dapatkan informasi terbaru dari kami langsung ke email Anda.
Anda dapat membatalkan langganan kapanpun.
Loading...