Partner Informasi Investasi, Bisnis dan Keuangan

Laundry, Ide Usaha Rumahan yang Menguntungkan

2 143

Kenapa menguntungkan? Karena prospek usaha rumahan ini sangat besar. Tentu, setiap orang sangat butuh dengan baju, celana, gorden, sprei, dll yang bersih. Ini peluang yang bisa kita gunakan sebagai usaha rumahan. Selain pengelolaan tidak terlalu rumit, hanya butuh mesin cuci, setrika, buku catatan, dan tempat, juga di era modern saat ini, orang semakin malas untuk mencuci sendiri. Apabila tempat kita berada di lingkungan kampus atau perkantoran, hal tersebut tentu semakin menguntungkan bagi usaha rumahan laundry yang akan dirintis.

Kita tidak perlu terus mengawasi pegawai kita, karena ada catatan akuntansi pembukuan serta kuitansi pembayaran kepada pelanggan. Kita cukup datang ke tempat usaha rumahan sepulang kantor untuk mengecek pembukuan dan bahan baku yang habis, serta bisa kembali malam harinya kalau sempat.

Laundry, salah satu usaha rumahan yang menguntungkan
Laundry, salah satu usaha rumahan yang menguntungkan

Konsumen Usaha Rumahan Laundry

Siapa sih pelanggan prospektif dari bisnis ini? Tentu saja, pelanggan potensial dari usaha rumahan ini adalah para mahasiswa, pekerja kantor yang masih single, dan orang-orang yang tidak mau repot mencuci.

Bagaimana Memulai Usaha Rumahan Laundry?

Tentu saja tempat adalah yang pertama kali dibutuhkan. Bisa di rumah atau garasi kita jika ada tempat kosong, atau lahan lain. Akan lebih baik bila tempatnya strategis, tapi jika tidak, kita bisa akali dengan pemasaran yang bombastis. Selain itu, kita membutuhkan pekerja loyal dan mau bekerja keras. Setidaknya, dua atau tiga orang untuk mencuci, menjemur, menyetrika, dan melayani pelanggan.

Hambatan Bisnis Laundry

Bisnis ini semakin menjamur belakangan ini. Persaingan pun semakin ketat. Kita harus pintar-pintar menjalankannya dan melayani pelanggan dengan baik agar tetap menjadi pelanggan kita.

Kunci Sukses Usaha Rumahan Laundry

Kunci sukses terbesar dari usaha ini adalah pemasaran. Jika anda bisa membuat proposal kerjasama yang bagus dan memasukkannya ke perusahaan-perusahaan, rumah sakit, atau instansi lainnya, dan mereka mau menjalin kerjasama, anda sudah mempunyai pelanggan yang sangat besar. Sangat diperlukan skill negosiasi yang baik untuk mendapatkan kerjasama bisnis dengan pihak lain. Selain itu, jika sudah terjalin kerjasama, jaga kualitas pelayanan dan minimalkan kesalahan agar pelanggan tidak lari ke kompetitor usaha rumahan laundry yang lain.

Pelayanan antar jemput bagi pelanggan berskala besar, merupakan nilai lebih. Anda bisa mengantarkannya kapanpun.

Analisa BEP (Perkiraan Sederhana)

Perkiraan awal dengan modal yang cukup kecil dan segmentasi laundry kiloan:

Investasi Awal 
Mesin Cuci 2 buahRp 8.000.000,-
Setrika listrikRp 150.000,-
Keranjang dan rakRp 500.000,-
Hanger 1000 buahRp 800.000,-
Total Investasi AwalRp 9.450.000,-
Biaya Operasional
2 Orang pekerjaRp 800.000,-
Deterjen, pewangi, & plastikRp 500.000,-
ListrikRp 250.000,-
AirRp 200.000,-
Total PengeluaranRp 1.750.000,-
Pendapatan per bulan
Perkiraan 20 kg per hari (per kilo Rp 6.000)
20x30x Rp 6.000,-
Rp 3.600.000,-
Keuntungan per bulanRp 1.850.000,-
Analisis BEP5-6 bulan

Tentu saja, perkiraan di atas berbeda-beda kondisinya di setiap lokasi/daerah. Anda pun bisa merencanakan dan menghitungnya sendiri. Selamat menjalankan usaha rumahan laundry!

Loading...