Tempat Penitipan Anak, Peluang Usaha yang Masih Terbuka Lebar

0 520

Peluang usaha tempat penitipan anak ini boleh dibilang masih minim kompetitor, karena belum banyak yang bergelut di bisnis ini.

Ceruk bisnis yang sangat menarik untuk digarap dengan serius, dengan potensi keuntungan yang sangat besar. Market yang masih sangat besar, terutama di kota-kota besar, dengan pola hidup masyarakat modern yang sibuk.

Pastinya, setiap hari ada bayi yang lahir. Dan setelah beberapa bulan atau tahun dari kelahiran bayi tersebut, ada orang tua – orang tua yang punya kesibukan di jam – jam tertentu sehingga kerepotan bila sambil mengasuh anak. Disini peluang anda. Yang anda perlukan hanya tempat dan beberapa baby sitter yang jujur dan bisa dipercaya untuk menjaga hal-hal yang tidak di inginkan.

Waktu anda tidak terfokus di sini karena anda sudah mempunyai baby sitter, sehingga bisa melakukan pekerjaan anda tenang.

Target Konsumen

Jasa tempat penitipan anak ini menargetkan konsumen orang tua yang tidak memiliki waktu banyak untuk mengasuh anak-anak mereka karena sibuk di jam-jam tertentu.

Cara Memulai Usaha Jasa Tempat Penitipan Anak

Modal utama anda adalah tempat. Tidak begitu luas. Kira-kira 9×5 meter itu cukup. Lebih besar lebih baik. Tempat itu sebagian besar anda gunakan untuk tempat tidur anak dan arena bermain.

Untuk awal, anda bisa mempersiapkan minimal 2 orang pengasuh (baby sitter) yang terpercaya. Mereka harus menjaga dan merawat anak-anak tersebut dengan baik. Anda harus menyeleksi dengan ketat pengasuh yang bekerja di tempat anda.

Setelah berkembang lebih besar, tentu anda membutuhkan lebih banyak pengasuh dan penanggung jawab tempat usaha anda.

Peluang usaha tempat penitipan anak di kota-kota besar di Indonesia
Peluang usaha tempat penitipan anak di kota-kota besar di Indonesia

Hambatan & Tantangan

Hambatan yang ada kemungkinan besar adalah mencari pengguna jasa tempat penitipan anak. Karena anda mempunyai relasi yang cukup luas dan pada awalnya akan kesulitan menumbuhkan rasa kepercayaan calon pengguna jasa anda.

Kunci Sukses Usaha Tempat Penitipan Anak

Anda harus memanfaatkan relasi anda, teman-tema anda sesama karyawan, kenalan-kenalan anda, keluarga, bahkan tetangga untuk menginformasikan usaha anda dari mulut ke mulut.

Akan semakin lebih baik lagi bila anda berani masuk ke kantor-kantor dan menawarkan kerjasama dengan institusi tersebut, yang tentu saja ada diskon khusus bagi mereka. Contoh usaha tempat penitipan anak, cek disini.

Analisis BEP

Investasi Awal 
Pembelian mainan & tempat tidurRp 5.000.000,-
Biaya Operasional
Baby SitterRp 1.200.000,-
ListrikRp 100.000,-
TeleponRp 200.000,-
TOTALRp 1.500.000,-
Pendapatan
Estimasi 3 anak / hariRp 4.500.000,-
Keuntungan tiap bulanRp 3.000.000,-
Analisis BEP3 bulan
Loading...