Partner Informasi Investasi, Bisnis dan Keuangan
Rp14.197
-0.14%
Rp15.691
-0.67%
Rp18.236
-1.85%
Rp131
+0.05%
Rp9.556
+0.05%
Rp3.786
-0.17%
Rp2.000
+0.08%
Rp10.347
-0.1%
Rp10.739
-0.24%
Rp14.250
-0.4%
Rp8.873
+0.02%

Usaha Tempat Penitipan Hewan Peliharaan, Banyak Dibutuhkan & Minim Kompetitor

0 424

Bisnis tempat penitipan hewan peliharaan bisa dijadikan alternatif jika anda termasuk penyayang binatang. Meskipun pengelolaan lumayan sulit, persaingan dalam bisnis ini masih tergolong sedikit sehingga memudahkan dalam mengelolanya.

Dan karena ini termasuk bisnis yang menggunakan jasa dan penitipan, biaya operasional yang dikeluarkan per bulan juga cenderung sedikit sementara pendapatan lumayan besar.

Bisnis jasa tempat penitipan hewan peliharaan membutuhkan beberapa orang pegawai, terutama yang mengerti tentang binatang. Hal ini diperlukan agar pekerjaan tetap anda tidak terganggu sama sekali.

Target Konsumen

Pengguna jasa tempat penitipan hewan peliharaan anda adalah orang-orang yang memiliki hewan peliharaan kesayangan dan biasanya golongan menengah ke atas.

Bagaimana Memulai Bisnis Tempat Penitipan Hewan Peliharaan?

Tempat adalah hal yang harus anda siapkan, selain modal investasi. Untuk tempat, dibutuhkan sekitar 10×5 meter sudah cukup memadai. Lebih besar akan lebih baik, tetapi untuk awal sudah mencukupi. Tempat tersebut sebagian besar digunakan untuk kandang dll.

Anda juga harus menyiapkan minimal 2 orang karyawan untuk mengawasi binatang peliharaan tersebut. Semakin banyak karyawan, akan semakin baik, seiring dengan perkembangan usaha anda.

Tantangan & Hambatan

Hambatan yang mungkin harus dihadapi untuk awal-awal adalah mencari pelanggan jasa ini. Karena itu, anda harus mempromosikannya dengan gencar, dan memiliki relasi yang luas. Untuk itu, butuh usaha ekstra juga dalam menumbuhkan kepercayaan calon konsumen kepada jasa anda.

Peluang bisnis tempat penitipan hewan peliharaan, cukup menjanjikan.
Peluang bisnis tempat penitipan hewan peliharaan, cukup menjanjikan.

Kunci Sukses Bisnis Jasa Tempat Penitipan Hewan Peliharaan

Anda bisa memanfaatkan relasi anda, teman-teman sesama karyawan, kenalan, keluarga, bahkan tetangga untuk menginformasikan usaha anda dari mulut ke mulut.

Pemilik hewan peliharaan pada umumnya adalah orang dari golongan menengah ke atas, sehingga kantor-kantor juga salah satu target pemasaran anda.

Semakin lebih baik jika anda berani menawarkan ke kantor-kantor, dan menawarkan kerjasama dengan orang-orang di perusahaan tersebut, yang tentu saja ada diskon khusus bagi mereka.

Selain itu, anda juga harus bisa masuk ke klub-klub atau komunitas pecinta hewan peliharaan yang banyak tersebar di berbagai kota. Klub / komunitas ini biasanya memiliki jumlah anggota yang lumayan besar. Itu peluang yang sangat bagus bagi bisnis anda.

Untuk lebih mempermudah calon konsumen mengenal usaha anda, sebaiknya anda memiliki website profil bisnis tempat penitipan hewan peliharaan. Contohnya seperti di website ini.

Analisis BEP

Investasi Awal* 
Pembelian kandang, makanan dllRp 20.000.000,-
Biaya Operasional
Pegawai 2 orangRp 2.000.000,-
Listrik & TeleponRp 500.000,-
TOTALRp 2.500.000,-
Omzet per bulanRp 5.000.000,-
Laba per bulanRp 2.500.000,-
Analisis BEP1 tahun

Catatan:

* Analisis ini diluar biaya sewa ruangan dan hanya untuk jasa penitipan skala kecil

Loading...