Partner Informasi Investasi, Bisnis dan Keuangan

Cari Duit Tambahan? Coba Saja Menjadi Penulis Buku

0 33

Penghasilan utama kurang? Sedang cari duit tambahan? Kalau hobi nulis, kenapa gak jadi penulis buku aja?

Minat baca masyarakat yang terus meningkat, menjadi salah satu alasan utama penerbit mencari penulis buku tiada henti. Selera pembaca pun beragam.

Ada bacaan fiksi yang terdiri dari berbagai jenis seperti detektif, misteri, percintaan, ilmiah, dll. Ada juga non-fiksi seperti agama, pengembangan diri, sejarah, ilmu pengetahuan, dan lain sebagainya.

Setiap orang tentu memiliki hobi, dan anda bisa menggunakan hobi tersebut sebagai salah satu bahan tulisan. Jika and hobi tentang dunia komputer, maka bisa menulis tentang komputer.

Jika anda memiliki ilmu pengetahuan yang luas, anda bisa menjadi penulis buku pelajaran. Dan masih banyak contoh lainnya.

Sumber / bahan tulisan bisa dicari dimanapun, bisa media massa, internet, wawancara dan lain sebagainya. Profesi ini cenderung mudah dijalankan dan jika anda sedang cari duit tambahan, maka lakukan dengan kemauan yang keras.

Anda bisa menggunakan waktu istirahat anda sebagai karyawan dan sepulang kerja untuk memulai menulis. Selama tidak kelelahan, anda bisa mengerjakan keduanya, menjadi seorang karyawan dan penulis.

Tentu saja bisa menambah pundi-pundi penghasilan anda dengan kerja sampingan menjadi seorang penulis.

Target Konsumen

Dalam setiap tema, selalu ada pasar masing-masing. Jadi, kemungkinan buku itu laku selalu ada. Persaingannya adalah kualitas tulisan anda.

Bagaimana Caranya Memulai Menjadi Penulis Buku?

Jika awal niat anda menjadi penulis adalah untuk cari duit tambahan, it’s OK. Tetapi, yang terpenting, resep utamanya adalah memiliki passion kuat untuk menulis.

Apapun itu, tidak perlu dipikirkan apakah tulisan anda akan diterima atau tidak oleh penerbit. Menulis saja tentang apa yang anda minati dan ketahui, lama kelamaan kemampuan pasti akan terasah jika anda pantang menyerah.

Tantangan & Hambatan

Salah satu hambatan terbesar menjadi seorang penulis buku adalah diri kita sendiri. Yaitu ketakutan ditolak oleh penerbit, kemauan yang setengah-setengah, merasa kurang PD, dan menyerah begitu saja jika tulisan pertama anda ditolak oleh penerbit.

Itu salah satu tantangan yang harus anda atasi, dari dalam diri sendiri. Hambatan lain yang mungkin muncul adalah persaingan antar sesama penulis, walaupun memang, setiap segmen tulisan, memiliki pembacanya masing-masing.

Menjadi penulis buku, salah satu cara ampuh jika anda sedang cari duit tambahan.
Menjadi penulis buku, salah satu cara ampuh jika anda sedang cari duit tambahan.

Kunci Sukses Cari Duit Tambahan dari Menulis

Tidak banyak kunci sukses yang bisa menjadi patokan seorang penulis sukses. Beberapa diantara kunci sukses, bisa mencontoh kiat sukses Ernest Hemingway. Penulis yang telah meraih Nobel penghargaan tingkat dunia.

Menurut Helvi Tiana Rosa, rahasia mudah menjadi penulis buku sukses adalah dengan “menulis, menulis, dan menulis”. Dan satu lagi, yaitu membaca. Karena dengan membaca, maka akan semakin bertambah wawasan anda sebagai bahan tulisan.

Selain itu, mencari penerbit memang gampang-gampang susah. Tergantung usaha keras anda dalam mencarinya. Anda harus sabar dan pantang menyerah, jika ditolak oleh salah satu penerbit. Cari penerbit lainnya.

Analisis BEP

Investasi Awal 
Komputer harga sedangRp 3.000.000,-
PrinterRp 500.000,-
TOTALRp 3.500.000,-
Biaya Operasional
Pembelian buku (bahan tulisan)Rp 200.000,-
Tinta & KertasRp 100.000,-
Lain2 (internet,dll)Rp 100.000,-
TOTALRp 350.000,-
Pendapatan per buku*Rp 1.500.000,-
Analisis BEP3 naskah buku

* Asumsi sistem jual putus, yaitu dibayar per buku. Ada juga sistem royalti yaitu antara 7,5% hingga 12,5%. Masing-masing penerbit buku memiliki kebijakan yang berbeda.

Loading...
Berlangganan Newsletter!
Berlangganan Newsletter!
Daftarkan email Anda disini dan dapatkan informasi terbaru dari kami langsung ke email Anda.
Anda dapat membatalkan langganan kapanpun.

Website ini menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman Anda. Klik "Terima" untuk menyetujui kebijakan ini. TerimaBaca Detail