Tertarik Mendaftar Kartu Kredit? Pertimbangkan 6 Hal ini!

0 145

Mungkin saat ini Anda telah dibanjiri tawaran kartu kredit, bahkan menerima telepon dari sales kartu kredit. Walaupun Anda tergoda untuk mendaftar kartu kredit yang ditawarkan, pertimbangkan beberapa hal berikut sebelum pengajuan kartu kredit.

Lakukan riset terlebih dahulu terhadap perusahaan penerbit credit card tersebut. Cermati fitur, manfaat, dan biaya yang ada pada kartu. Tak kalah penting, pastikan juga bahwa Anda telah siap secara finansial untuk bertanggung jawab memiliki kartu kredit. (Baca Juga: 10 Alasan Kenapa Perlu Membuat Kartu Kredit)

Kartu kredit dapat menjadi alat atau fasilitas keuangan yang bermanfaat jika ditangani dengan tepat. Akan tetapi, sebagian besar orang membuat kesalahan penggunaan kartu kreditnya dan berakhir dengan jebakan hutang yang menggunung. Jadi, tanyakanlah pada diri Anda sendiri beberapa hal berikut sebelum mendaftar kartu kredit baru. (Baca Juga: Waspadai 6 Kesalahan Pemakaian Kartu Kredit ini!)

6 Poin yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Mendaftar Kartu Kredit

#1 Mengapa Anda Ingin Memiliki Kartu Kredit?

Seharusnya jawaban ideal untuk pertanyaan kenapa mempertimbangkan mendaftar kartu kredit adalah untuk membangun riwayat kredit. Jika ini alasan utamanya, pastikan untuk bertindak secara bertanggung jawab dengan kartu tersebut.

Lunasi saldo kredit secara penuh setiap bulannya dan pastikan jangan gunakan kartu untuk hal-hal yang tidak Anda sanggup membayarnya.

Hal ini berarti Anda perlu mencermati anggaran keuangan pribadi atau rumah tangga. Ingat, mungkin mudah menggesek kartu untuk membeli barang baru, tetapi akhirnya Anda harus membayar uang itu kembali ditambah bunga atau biaya lain.

Tips:

  • Batasi jumlah kartu kredit yang dimiliki.
  • Jika Anda ingin mendapatkan kartu baru karena kartu yang ada sudah maksimal penggunaannya, sebaiknya tunda mengajukan kartu baru tersebut. Aturlah anggaran keuangan Anda dan berusaha lunasi hutang kredit.

#2 Pertimbangkan Suku Bunga Kredit

Banyak kartu menawarkan suku bunga kredit pengantar satu hingga nol persen. Walaupun ini tampaknya memikat, pastikan Anda dapat melunasi saldo kredit selama periode promosi. Jika tidak, Anda akan terpaksa membayar kredit dengan tingkat bunga baru yang lebih tinggi.

Teliti dengan baik dan jangan terjebak di masa promosi saja. Pastikan cermati tingkat bunga setelah periode promosi berakhir. Cari pertimbangan tawaran dari penerbit kartu lainnya untuk mendapatkan tingkat bunga terendah. Ini akan membantu Anda berhemat untuk jangka panjang.

Tips:

  • Selain tingkat bunga pengantar, pastikan juga APR yang harus dibayar setelah masa promosi berakhir.
  • Cara terbaik untuk memenuhi syarat mendapatkan rate yang lebih rendah adalah memiliki skor kredit yang lebih tinggi. Ini berarti hindari menggunakan banyak kartu dan lakukan pembayaran tepat waktu.

#3 Carilah Kartu Kredit yang Gratis Biaya Tahunan (Free Annual Fee)

Ada begitu banyak kartu kredit yang menawarkan gratis biaya tahunan selamanya atau dalam beberapa tahun. Sebagai contoh, kartu kredit BRI Touch, Cimb Niaga Mastercard, Cimb Niaga Gold Syariah, UOB Yolo, dan masih banyak lagi lainnya.

Banyak kartu yang mencoba menawarkan cashback atau reward lainnya selama membayar biaya tahunan dengan kartu tersebut. Akan tetapi, jangan tertipu. Ada kartu rewards yang tidak membebankan biaya tahunan, jadi teruslah mencari.

Tips:

  • Lakukan riset dan temukan kartu yang menawarkan free annual fee. Langkah pertama untuk memulainya adalah bank yang Anda gunakan saat ini. Lakukan juga riset online.

#4 Pertimbangkan Rewards yang Ditawarkan

Jika Anda berencana untuk membayar secara penuh saldo kredit setiap bulannya, cermati rewards apa yang bisa didapatkan dengan menggunakan kartu tersebut. Secara umum, penawaran terbaik untuk ini adalah kartu kredit cashback.

Kartu-kartu tersebut akan mengembalikan persentase pengeluaran kepada Anda. Mungkin saja Anda bisa menguangkan rewards tersebut dengan jumlah yang lebih tinggi pada gift card.

Kartu kredit rewards travel merupakan opsi terbaik lainnya. Kartu-kartu ini menwarkan poin atau miles setiap bulan yang dapat digunakan saat Anda melakukan perjalanan. Tentunya, dapat menghemat anggaran keuangan.

Tips:

  • Luangkan waktu untuk membaca ulasan tentang beragam program rewards yang ditawarkan. Terkadang, ada syarat dan ketentuan yang memberikan batasan rewards untuk digunakan.
  • Gunakan kartu rewards / cashback jika Anda berencana melunasi saldo kredit secara penuh setiap bulannya.

#5 Pertimbangkan juga Penaltinya

Tak hanya melihat rewards-nya, teliti dan pahami juga penalti atau biaya-biaya yang terkait dengan kartu kredit yang ditawarkan. Sebagai contoh, perusahaan penerbit kartu dapat menaikkan suku bunga untuk satu kali keterlambatan pembayaran. Selain itu, ada juga tambahan biaya keterlambatan (late fee).

Membayar melebihi saldo kartu Anda juga bisa menyebabkan kenaikan suku bunga kredit.

Tips:

  • Memahami cara kerja kartu merupakan cara terbaik untuk memaksimalkan kartu Anda agar terhindar dari penalti atau bunga tambahan.
  • Apabila salah satu kartu memiliki penalti atau bunga tinggi, sebaiknya pilihlah kartu lainnya.

#6 Membatasi Jumlah Kartu yang Dimiliki

Idealnya, Anda sebaiknya memiliki satu atau dua kartu kredit saja. Hindari memiliki credit card lebih dari ini. Anda akan semakin mudah terjebak dalam hutang kredit jika memiliki lebih dari satu kartu.

Praktik teraman adalah memiliki satu kartu kredit saja yang dibayar penuh setiap bulannya, terutama bagi Anda yang baru memulai menggunakan kartu.

Jika Anda merasa ingin memiliki kartu tambahan, pertimbangkan untuk menggunakan kartu kredit prabayar yang tidak ada biaya bulanan atau kadaluarsa.

Tips:

  • Pilih hanya satu atau dua kartu kredit yang akan digunakan. Hal ini akan melindungi diri Anda dari risiko jebakan hutang kredit yang bermasalah.
Loading...
Sumber www.thebalance.com