Partner Informasi Investasi, Bisnis dan Keuangan
Rp14.067
+0.15%
Rp15.551
-0.05%
Rp17.553
-0.16%
Rp130
+0.12%
Rp9.620
+0.23%
Rp3.749
+0.17%
Rp1.984
+0.07%
Rp10.237
+0.04%
Rp10.610
-0.04%
Rp14.134
+0.1%
Rp8.906
+0.24%

10 Alasan Kenapa Perlu Membuat Kartu Kredit

0 151

Salah satu fasilitas yang disediakan perbankan kepada nasabahnya adalah kartu kredit. Apakah kartu kredit ini perlu untuk dibuat? Jika Anda mempertimbangkan kartu jenis ini, berikut 10 alasan kenapa perlu membuat kartu kredit untuk Anda.

Banyak pakar keuangan merekomendasikan kepada kita untuk sebaiknya tidak menggunakan kartu kredit, dan tentunya mereka memiliki alasan untuk itu. Salah satunya adalah Anda bisa terjebak dalam hutang berkepanjangan maupun riba.

Tetapi, ada sebagian besar pakar yang juga menyarankan untuk membuat kartu kredit dan menggunakannya secara bertanggung jawab. Anda bisa membuat kartu kredit dengan cara apply online maupun offline melalui marketing bank.

Dan, memang kartu kredit memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan kartu debit.

Bagi Anda yang ingin mengetahui apa saja keunggulan kartu kredit dibandingkan dengan kartu debit, beberapa poin berikut dapat menjadi pertimbangan bagi Anda.

10 Alasan Mengapa Anda Perlu Membuat Kartu Kredit, antara lain:

#1 Mendapatkan Bonus Pendaftaran

Setiap kartu kredit dari tiap bank memiliki keistimewaannya masing-masing. Kartu debit standar menawarkan hadiah nol atau hadiah yang sangat kecil.

Tetapi, ada juga kartu kredit, yang menawarkan reward jika digunakan secara bertanggung jawab.

Misalnya, pemohon kredit yang bagus bisa mendapatkan kartu kredit yang disetujui dan mendapatkan bonus pendaftaran. Kartu lain menawarkan sejumlah besar poin yang bisa ditukar untuk hadiah seperti kartu hadiah atau perjalanan udara.

#2 Mendapatkan Cash Back

Jika Anda membuat kartu kredit yang tepat, Anda akan memperoleh keuntungan berupa cash back 1% sampai 5% dari setiap transaksi pembelian yang dilakukan.

#3 Reward Investasi

Beberapa kartu kredit menawarkan tingkat pengembalian uang yang lebih tinggi jika untuk investasi. Sebagai gantinya Anda harus menyetor uang Anda kembali secara langsung ke rekening investasi.

#4 Potongan Penerbangan

Ada banyak maskapai penerbangan yang bekerjasama dengan pihak perbankan dan menerbitkan kartu kredit khusus untuk maskapai mereka.

Jika Anda membuat kartu kredit yang bekerjasama dengan maskapai tersebut, maka bisa mendapatkan berbagai diskon dan promo penerbangan.

#5 Mendapatkan Poin

Banyak penerbit kartu kredit yang memberikan reward berupa poin dari setiap transaksi yang dilakukan oleh penggunanya.

Jika poin mencapai nominal tertentu, Anda dapat menukarkan poin tersebut untuk kartu hadiah di beberapa toko / swalayan / minimarket. Anda juga bisa menggunakan kartu hadiah sebagai hadiah, melakukan liburan dan belanja lebih murah.

#6 Faktor Keamanan

Membayar dengan kartu kredit memudahkan untuk menghindari kerugian akibat kecurangan. Bila kartu debet Anda digunakan oleh orang lain tanpa sepengetahuan Anda, uang tersebut hilang dari rekening seketika.

Sebaliknya, bila kartu kredit Anda digunakan dengan curang, uang Anda tidak hilang. Anda akan mendapatkan pemberitahuan dari penerbit kartu kredit tentang penipuan tersebut.

Dan tidak membayar untuk transaksi yang tidak dilakukan sementara perusahaan kartu kredit menyelesaikan masalah tersebut.

#7 Grace Period

Jika Anda melakukan transaksi menggunakan kartu debit, uang Anda hilang seketika. Saat melakukan pembelian menggunakan kartu kredit, uang Anda tetap ada di rekening sampai beberapa minggu kemudian saat Anda membayar tagihan kartu kredit.

#8 Asuransi

Sebagian besar kartu kredit otomatis datang dengan sejumlah besar perlindungan konsumen yang bahkan orang tidak sadari.

Ini seperti asuransi mobil sewa, asuransi perjalanan dan garansi produk yang mungkin melebihi garansi pabrik.

#9 Penerimaan Universal

Pembelian tertentu sulit dilakukan dengan kartu debit. Bila Anda ingin menyewa mobil atau menginap di kamar hotel, Anda pasti akan memiliki waktu lebih mudah jika memiliki kartu kredit.

Perusahaan penyewaan mobil dan hotel ingin pelanggan membayar dengan kartu kredit karena dapat lebih mudah menagih pelanggan atas kerusakan.

Jadi jika Anda ingin membayar salah satu dari barang-barang ini dengan kartu debit, perusahaan mungkin akan meminta jaminan deposit.

Selain itu, saat Anda bepergian ke luar negeri, pedagang tidak akan selalu menerima kartu debit Anda sebagai pembayaran, meskipun saat itu memiliki logo bank besar di dalamnya.

#10 Membangun Skor Kredit

Jika Anda tidak memiliki kredit atau mencoba memperbaiki nilai kredit Anda, dengan menggunakan kartu kredit secara bertanggung jawab akan membantu nilai /skor kredit Anda.

Hal ini karena perusahaan kartu kredit akan melaporkan aktivitas pembayaran Anda ke biro kredit. Penggunaan kartu debit tidak muncul di manapun dalam laporan kredit Anda, namun tidak dapat membantu membangun atau memperbaiki kredit.

Kapan Sebaiknya Anda Tidak Menggunakan Kartu Kredit?

Meskipun ada beberapa keunggulan kartu kredit dibandingkan kartu debit, bagi sebagian orang masih lebih baik menggunakan debit. Menggunakan kartu kredit mungkin tidak tepat untuk Anda dalam situasi berikut:

  • Anda tidak dapat membayar saldo kartu kredit Anda secara penuh dan tepat waktu.

Jika ini cenderung terjadi pada Anda, tetaplah dengan uang tunai untuk menghindari biaya dan hutang.

  • Anda cenderung menghabiskan lebih dari yang Anda mampu.

Membayar dengan debit akan membatasi Anda untuk mengeluarkan uang yang sudah dihasilkan.

  • Anda hanya bisa mendapatkan kartu kredit dengan batas kredit yang sangat rendah dan Anda memiliki masa sulit tetap di bawah saldo.

Biaya untuk melebihi batas kredit Anda mahal, dan melakukan ini juga bisa memberi nilai kredit Anda.

  • Anda ingin menghindari jebakan hutang dan riba

Kartu kredit sangat berpotensi menjerumuskan Anda jebakan hutang yang tak berujung jika tidak digunakan secara bijak. Ataupun, jika Anda ingin menghindari riba, maka sebaiknya tidak menggunakan kartu kredit.

Banyak manfaat menanti mereka yang memilih untuk menggunakan kredit secara bertanggung jawab. Pilihan tetap ada di tangan Anda.

Referensi: www.investopedia.com

Loading...
Berlangganan Newsletter!
Berlangganan Newsletter!
Daftarkan email Anda disini dan dapatkan informasi terbaru dari kami langsung ke email Anda.
Anda dapat membatalkan langganan kapanpun.