Partner Informasi Investasi, Bisnis dan Keuangan
Rp14.121
-0.45%
Rp15.551
-0.43%
Rp18.110
-0.3%
Rp130
-0.82%
Rp9.643
-0.31%
Rp3.765
-0.45%
Rp2.011
-0.23%
Rp10.360
-0.35%
Rp10.659
-0.3%
Rp14.263
-0.92%
Rp9.038
-1.54%

7 Cara Meningkatkan Skor Kredit Paling Jitu

0 46

Mempunyai skor kredit yang buruk akan mempersulit Anda jika ingin mencicil rumah / kendaraan, membiayai pendidikan, atau aspek yang terkait kredit lainnya. Inilah pentingnya untuk membangun skor kredit yang baik sedini mungkin. Panduan 7 cara meningkatkan skor kredit ini bisa diterapkan.

Hal ini bisa dimulai dari kartu kredit pertama Anda. Semua yang dilakukan melibatkan kredit menjadi bagian dari riwayat kredit Anda. Menggunakan kredit yang diberikan secara bertanggungjawab merupakan suatu keharusan jika ingin membangun dan mempertahankan riwayat kredit yang baik.

Setidaknya ini 7 cara meningkatkan skor kredit yang bisa Anda lakukan.

#1 Pinjamlah yang Sanggup Anda Bayar

Kartu kredit bukanlah surat izin untuk membeli barang-barang yang tidak sanggup Anda beli atau bayar kemudian hari. Menggunakan credit card adalah cara tercepat untuk memasuki masalah hutang.

Cara terbaik untuk meningkatkan skor kredit atau membangun kredit yang baik adalah dengan menciptakan kebiasaan dengan meminjam hanya yang Anda mampu. Kebiasaan ini akan membuat pemberi pinjaman (kreditor) mengetahui di masa depan bahwa Anda merupakan peminjam yang bertanggung jawab.

Skor kredit yang bagus akan memudahkan Anda meminjam uang dan mendapatkan kredit yang baru, ketika riwayat pembayaran bagus. Tidak hanya itu, kebiasaan meminjam hal yang Anda sanggup bayar akan membantu terhindar dari hutang yang berlebihan.

Aturan yang sama berlaku untuk loan (pinjaman). Terlepas dari persyaratan kredit, sebaiknya pinjamlah sejumlah uang yang dapat dibayar kembali. Sebelum mengajukan pinjaman, tinjau terlebih dahulu anggaran keuangan pribadi Anda apakah masih mampu untuk membayarnya. Pastikan bahwa pembayaran pinjaman tidak melampaui jumlah yang sanggup Anda bayar.

#2 Menggunakan Sebagian Kecil Kredit yang Dimiliki

Memaksimalkan penggunaan limit kredit Anda atau sampai mendekati limit adalah tindakan kurang bertanggung jawab, terlebih jika tidak berencana melunasinya seluruh saldo dalam sebulan. (Baca Juga: 7 Alasan Memaksimalkan Penggunaan Limit Kartu Kredit itu Buruk)

Pemberi pinjaman mengetahui bahwa pemilik kartu yang memaksimalkan penggunaan limit kartunya, sering kali mengalami kesulitan bayar. Skor kredit akan tercederai jika Anda memiliki saldo kredit besar yang tidak terbayar.

Menjaga saldo Anda di bawah 30% dari batas kredit adalah yang terbaik untuk membangun kredit yang baik.

#3 Memulai dari Satu Kartu Kredit

Banyak pengguna kartu kredit kali pertama mengoleksi kartunya dalam beberapa tahun pertama menggunakan kredit. Sebaiknya tidak membuat kesalahan dengan terlalu banyak memiliki kartu kredit di awal. Semakin banyak kartu kredit yang dimiliki, semakin berpotensi menggunakan semuanya dan semakin sulit melunasi saldo kredit.

Terlalu banyak masalah pembayaran di kartu kredit Anda akan memengaruhi skor kredit secara negatif. Permintaan kredit terhitung 10% dari skor kredit dan membuka kartu baru akan menurunkan usia kredit rata-rata. Luangkan waktu belajar untuk bertanggung jawab dengan kredit saat ini sebelum mengajukan kartu kredit tambahan.

#4 Membayar Saldo Kredit Secara Penuh

Jika Anda hanya ditagih sejumlah yang sanggup dibayar, melunasi saldo kredit secara penuh tiap bulannya bukanlah masalah. Membayar saldo kredit setiap bulan menunjukkan Anda sanggup membayar tagihan. Inilah poin penting yang ingin dilihat oleh kreditor dan pemberi pinjaman.

Sebagian faktor penentu skor kredit yang bagus adalah kemampuan membayar saldo kredit dan ketepatan waktu pembayaran.

#5 Membayar Tepat Waktu

Tidak semua pembayaran bulanan tercantum dalam laporan kredit Anda sehingga tidak memengaruhi kredit selama membayar tepat waktu. Akan tetapi, jika ada tunggakan tagihan maka akan menghasilkan laporan kredit dan akun tersebut akan dikirimkan ke agen penagihan pihak ketiga atau debt collector.

Cegah akun negatif ditambahkan ke laporan kredit Anda untuk mendapatkan skor kredit yang baik. Tunggakan yang tidak dilunasi dan menumpuk akan sulit diatasi di kemudian hari.

#6 Jagalah Saldo Kredit dengan Cara yang Benar

Memiliki saldo kartu kredit tidak selalu buruk selama Anda melakukannya dengan cara yang benar. Membayar lebih dari minimum setiap bulan akan melunasi saldo Anda secepat mungkin.

Hindari telat melakukan pembayaran kartu kredit dan terus jaga saldo Anda pada tingkat yang wajar (di bawah 30% limit kredit yang diberikan). Jika Anda mengikuti prinsip tersebut, saldo kredit tidak berpotensi merusak skor kredit.

#7 Tetap Pertahankan Akun Kredit

Semakin lama Anda memiliki kredit, semakin baik untuk skor kredit. Biarkan akun kredit tetap terbuka karena akan membantu meningkatkan usia kredit dan membangun kredit yang bagus.

Menutup akun kredit tidak akan segera menghapus laporan kredit Anda. Akan tetapi, setelah beberapa tahun akun-akun kredit lama akan dihapus dari laporan kredit.

Loading...
Sumber www.thebalance.com