Partner Informasi Investasi, Bisnis dan Keuangan
Rp13.974
+0.3%
Rp15.539
+0.59%
Rp18.630
+0.27%
Rp128
+0.31%
Rp9.609
+0.49%
Rp3.726
+0.3%
Rp2.004
+0.3%
Rp10.324
+0.32%
Rp10.611
+0.26%
Rp14.199
+0.47%
Rp9.217
+0.37%

Plus Minus Kartu Kredit yang Perlu Anda Tahu

0 51

Dalam transaksi finansial saat ini, kehadiran kartu kredit tak terelakkan. Di satu sisi, ada orang yang suka menggunakan credit card, sementara banyak juga yang tidak tertarik menggunakannya. Setiap pro dan kontra kepemilikan kartu kredit bisa jadi memiliki alasan yang mendasar. Berikut plus minus kartu kredit yang perlu Anda ketahui.

Bagi Anda yang sedang menimbang-nimbang apakah ingin memiliki kartu kredit atau bahkan tidak, dalam artikel sebelumnya kami telah mengulas manfaat kartu kredit dan kekurangannya.

Untuk semakin menguatkan keputusan Anda, berikut beberapa aspek plus minus kartu kredit yang perlu dipahami.

Kelebihan / Plus dari Kartu Kredit

  • Memiliki lebih banyak pilihan transaksi keuangan. Dengan memiliki credit card, Anda bisa melakukan pembelian melalui internet, telepon, atau secara langsung. Jika hanya memiliki uang tunai, pembelian terbatas secara langsung saja.
  • Penggunaan yang lebih cepat. Sekali lagi, jika dibandingkan dengan uang tunai, terutama dengan menulis cek, kartu kredit tentu lebih cepat digunakan. Anda tinggal menggeseknya dan selesai dalam hitungan detik.
  • Opsi membayar dengan cicilan / angsuran. Walaupun yang terbaik adalah membayar saldo kredit Anda full setiap bulannya, tentu alternatif untuk membayar dengan cicilan merupakan keunggulan tersendiri.
  • Peningkatan skor kredit. Apabila digunakan dengan benar (membayar tepat waktu dan menjaga saldo kredit), credit card bisa membangun skor kredit Anda. Hal ini bermanfaat jika Anda ingin mencari pinjaman untuk kredit rumah, kendaraan, dll. (Baca Juga: Cara Meningkatkan Skor Kredit)
  • Pendanaan untuk kondisi darurat. Meskipun ini bukan pilihan terbaik dalam kondisi darurat, memiliki kartu kredit bisa membantu Anda jika ada biaya tak terduga dan Anda sedang tidak memiliki saldo di tabungan.
  • Banyak tawaran rewards. Ya, setiap kartu kredit menawarkan beragam rewards yang bisa digunakan kembali. Semakin sering Anda menggesek kartu kredit, semakin banyak rewards yang didapatkan. Anda bisa menebus rewards tersebut dengan berbagai pilihan, seperti diskon belanja, poin, dll.
  • Tidak perlu membawa uang tunai. Sebagian besar lokasi / tempat menerima transaksi menggunakan credit card. Ini poin penting dalam plus minus kartu kredit sehingga Anda tak perlu bolak-balik ke ATM untuk menarik uang.
  • Tidak kehilangan dana dengan adanya transaksi fraudulent. Dengan kartu kredit jika ada transaksi penipuan (fraudulent), Anda tak kehilangan sumber dana utama. Anda hanya perlu menunggu penerbit kartu membereskan transaksi tersebut. Berbeda halnya jika pencuri mendapatkan akses ke rekening giro / tabungan, yang pastinya Anda akan kehilangan sumber dana utama.
  • Hak menahan pembayaran jika ada kesalahan penagihan. Selama Anda membantah kesalahan pada statement tagihan kartu Anda secara tertulis. Anda berhak untuk membantah kesalahan tersebut ke penerbit kartu.

Selain kelebihan / plus dari kartu kredit yang disebutkan di atas, ada juga minus atau kekurangan kepemilikan kartu yang perlu Anda ketahui juga.

Kekurangan / Minus Kartu Kredit

Dengan semua manfaat yang datang bersama dengan menggunakan kartu kredit, ada beberapa kelemahan yang berpotensi besar membuat kerugian.

  • Godaan untuk pembelian lebih dari kemampuan. Memiliki credit card membuka daya beli tambahan dan memberikan ilusi Anda memiliki lebih banyak uang, yang sebenarnya tidak dimiliki. Penelitian menunjukkan orang akan menghabiskan lebih banyak menggunakan kartu kredit daripada bentuk pembayaran lainnya.
  • Mengurangi penghasilan masa depan Anda. Setiap menggunakan credit card tersebut (atau segala bentuk hutang lainnya), Anda meminjam dari uang yang belum didapatkan. Sebagian penghasilan di masa depan harus digunakan untuk membayar saldo kartu kredit jika ingin melindungi skor kredit Anda.
  • Persyaratan yang membingungkan. Bagi seseorang yang tidak terbiasa membaca perjanjian kartu kredit, pasti akan bingun dengan aturan dan ketentuannya. Memahami setiap detail perjanjian sangat penting agar tidak terjadi kerugian di masa depan.
  • Bunga kredit dan biaya bisa saja mahal. Tergantung dari jenis kartu dan bagaimana nasabah menggunakannya, kredit bisa memiliki biaya yang sangat besar. Oleh karena itu, pahami persyaratan kartu kredit agar terhindar dari biaya-biaya yang tak diinginkan.
  • Potensi penipuan kartu kredit. Memiliki kartu ini dapat membuat Anda berisiko terkena penipuan kartu kredit yang marak. Pencuri tak perlu mengambil kartu fisik untuk mendapatkan informasi Anda. Mereka bisa meretas toko / website tempat Anda biasa berbelanja untuk mendapatkan detail kartu kredit. (Baca Juga: 7 Cara Aman Menggunakan Kartu Kredit)
  • Potensi terjebak hutang. Setiap menggunakan kartu kredit, Anda membuat lubang hutang baru. Anda bisa menjaga agar hutang tidak terus menumpuk dan menjadi masalah di kemudian hari, dengan cara melunasi saldo Anda setiap bulannya. Akan tetapi, jika Anda hanya membayar minimum dan rutin menggeseknya, hutang Anda terus bertambah dan semakin terjebak ke dalamnya. (Baca Juga: Cara Terbebas dari Hutang yang Menumpuk)
  • Penyalahgunaan bisa merusak skor kredit. Gunakanlah kartu kredit dengan bijak karena terkait dengan reputasi / skor kredit Anda. Jika memiliki saldo kredit besar dan pembayaran bermasalah, maka reputasi kredit Anda pun ikut terpengaruh.

Meskipun kartu kredit memiliki beberapa aspek negatif, hal ini dapat diminimalkan selama Anda pintar dengan kartu yang dipilih dan menggunakannya dengan bijaksana.

Loading...
Sumber www.thebalance.com