Partner Informasi Investasi, Bisnis dan Keuangan

5 Bisnis Investasi Online Modal Kecil Paling Menguntungkan

0 81

Bagi sebagian orang, sangat merasa riskan jika harus berinvestasi karena banyak ketakutan-ketakutan. Tetapi, hal tersebut dapat diminimalisir dengan memilih investasi dengan modal yang tidak terlalu besar sehingga risiko kehilangan pun dapat diminimalkan. Ada banyak pilihan untuk memulai investasi dengan modal kecil. Berikut daftar bisnis investasi online modal kecil yang paling menguntungkan dan direkomendasikan.

Uang yang hanya disimpan atau ditabung, biasanya cenderung akan habis untuk hal-hal konsumtif. Sangat penting bagi Anda untuk menginvestasikan sebagian uang ke bisnis atau portofolio investasi yang tepat.

Dengan berinvestasi di bisnis atau portofolio investasi, uang Anda pun akan berkembang dan tidak stagnan atau bahkan habis. Diperlukan analisis yang tepat dalam memilih bisnis atau investasi yang tepat agar risiko kehilangan menjadi kecil.

Selain memilih strategi investasi yang mumpuni, mempertimbangkan untuk berinvestasi dengan modal yang tidak terlalu besar di awal bisa dilakukan. Beragam pilihan investasi dengan modal kecil yang tersedia, baik online maupun offline. Terlebih lagi di era digital saat ini, ada banyak kemudahan yang ditawarkan.

Berikut ini 5 daftar bisnis investasi online modal kecil yang paling menguntungkan dan direkomendasikan.

  • Investasi Emas

Daftar pertama dalam memilih bisnis investasi online modal kecil adalah dengan berinvestasi di emas. Jenis investasi ini memang menjadi favorit bagi siapa pun. Selain mudah, berinvestasi di emas juga dianggap paling aman.

Anda bisa berinvestasi emas dengan banyak cara, salah satunya dengan membeli emas perhiasan di toko-toko emas. Untuk berinvestasi emas secara online pun saat ini menjadi opsi yang bisa dilakukan. Modal yang diperlukan pun tidak terlalu besar. Dengan beberapa ratus ribu rupiah saja, Anda sudah dapat berinvestasi emas secara online.

Seperti contoh, Anda dapat berinvestasi emas secara online di marketplace semacam Bukalapak (BukaEmas) atau Tokopedia yang menyediakan pilihan berinvestasi dengan modal minimal. Anda bisa memulainya dengan puluhan hingga ratusan ribu saja. Jika nominal uang yang diinvestasikan sudah mencukupi, Anda bisa menarik dan mendapatkan keping emas yang dikirimkan langsung ke alamat rumah Anda.

Berinvestasi emas secara online juga bisa dilakukan di website-website khusus investasi aset emas. Untuk lebih jelasnya, Anda dapat mempelajarinya disini.

  • Berinvestasi di Reksadana

Reksadana juga salah satu primadona bagi para investor pemula jika hendak berinvestasi. Salah satu alasan utamanya adalah berinvestasi di reksadana tidak membutuhkan modal yang besar. Cukup mulai dengan modal seratus ribu bahkan kurang, Anda pun sudah bisa berinvestasi di reksadana. Bagi Anda yang baru mulai investasi, juga direkomendasikan untuk memilih bisnis investasi online modal kecil ini.

Ada banyak perusahaan manajemen investasi yang menawarkan produk-produk reksadananya. Setiap produk reksadana memiliki ciri khas yang dapat disesuaikan dengan profil dari investor itu sendiri. Perusahaan manajemen investasi pun memanjakan investor dengan berbagai kemudahan, salah satunya dapat berinvestasi di reksadana secara online melalui smartphone.

Anda tidak perlu pusing tentang bagaimana harus berinvestasi di reksadana agar mendapatkan profit. Para manajer investasi akan mengelola uang Anda secara profesional sesuai dengan instrumen investasi yang dipilih.

Produk reksadana ada beragam jenis, seperti reksadana pasar uang, reksadana pasar saham, reksadana obligasi, dan masih banyak lagi. Pilihlah jenis reksadana yang memang sesuai dengan profil Anda.

Bagi investor pemula, bisa memilih produk reksadana dengan risiko yang paling rendah seperti reksadana obligasi. Untuk Anda investor berpengalaman, bisa memilih reksadana dengan risiko yang lebih tinggi seperti reksadana pasar saham.

Agar memahami lebih baik tentang bagaimana berinvestasi di reksadana, berikut artikel yang bisa memperkaya wawasan Anda:

  • Investasi Obligasi

Opsi lainnya dalam bisnis investasi online modal kecil adalah berinvestasi di obligasi. Untuk dapat memulai berinvestasi di obligasi tidak membutuhkan modal yang besar sehingga terjangkau bagi investor pemula sekali pun.

Secara umum, obligasi dapat diartikan sebagai surat utang dari perusahaan atau pemerintah kepada investor. Dapat dikatakan bahwa obligasi terdiri dari 2 jenis yaitu obligasi pemerintah dan obligasi perusahaan.

Salah satu contoh obligasi yang dikeluarkan oleh pemerintah adalah obligasi ritel (ORI). Obligasi ini dikeluarkan oleh pemerintah saat pembangunan infrastruktur memerlukan pendanaan tambahan, sehingga publik pun dapat ikut berinvestasi di dalamnya.

Biasanya, saat obligasi dikeluarkan pemerintah bekerjasama dengan bank-bank untuk menyebarkan obligasi yang dapat dibeli oleh publik. Anda dapat membelinya secara online untuk obligasi tersebut.

Berinvestasi di obligasi memiliki jangka waktu yang sudah ditentukan, misalkan beberapa bulan atau tahun. Selama jangka waktu tersebut, investor akan mendapatkan imbal hasil atas kepemilikan obligasinya. Dana yang diinvestasikan di obligasi terjamin keamanannya dan menguntungkan.

  • Berinvestasi di Pasar Saham

Bagi Anda yang memiliki pengalaman berinvestasi banyak, dapat memulai terjun di pasar modal. Diperlukan wawasan, edukasi, strategi yang tepat sebelum memulai investasi saham. Selama ini, banyak anggapan bahwa investor yang bisa masuk di pasar saham hanyalah investor-investor kelas kakap. Hal ini tidak sepenuhnya benar.

Investor dengan modal terbatas pun dapat memulai untuk berinvestasi di pasar saham karena memang batasan modal untuk memulai rendah. Dengan bermodalkan dana satu juta pun, Anda sudah bisa memulai investasi di pasar modal.

Banyak perusahaan broker saham yang menyediakan fasilitas lengkap bagi para investor yang hendak berinvestasi. Fasilitas tersebut salah satunya aplikasi trading yang dapat dilakukan secara online melalui smartphone atau komputer. Untuk daftar broker saham yang sudah menyediakan aplikasi trading, bisa Anda baca disini.

Sebelum benar-benar terjun ke pasar saham, Anda perlu mengedukasi diri tentang berbagai aspek tentang saham. Hal ini dilakukan untuk meminimalkan kerugian yang Anda alami jika berinvestasi nantinya.

  • Investasi di Cryptocurrency

Sejak fenomena kemunculan Bitcoin beberapa tahun lalu, banyak investor melirik jenis investasi ini, termasuk investor pemula sekali pun. Berinvestasi di mata uang kripto (cryptocurrency) memang saat ini menjadi alternatif bisnis investasi online modal kecil yang menguntungkan.

Ada banyak pilihan mata uang digital untuk Anda investasikan di dalamnya, selain Bitcoin, seperti Ether, Litecoin, Dogecoin, dan masih banyak lainnya.

Untuk dapat berinvestasi di cryptocurrency, tidak dibutuhkan modal besar. Dengan hanya ratusan ribu, Anda sudah dapat membeli mata uang kripto. Anda bisa memulai berinvestasi cryptocurrency di bursa exchange semacam Indodax.com untuk dalam negeri atau Coinbase untuk luar negeri. Platform online yang disediakan pun tidak hanya berbasiskan website, tetapi juga aplikasi yang tersedia di smartphone.

==========

Itulah 5 daftar bisnis investasi online modal kecil yang paling menguntungkan dan direkomendasikan bagi investor pemula maupun berpengalaman. Sebelum berinvestasi, selalu pastikan untuk membekali diri Anda dengan pengetahuan, wawasan, dan strategi yang tepat. Setiap aset portofolio memiliki ciri khas tersendiri yang berbeda, dan Anda harus memahaminya dengan baik.

Walaupun modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar untuk dapat mulai berinvestasi di dalamnya, tetap bijak dalam menggunakan dana investasi Anda. Hindari menggunakan dana investasi yang Anda tidak rela jika harus kehilangan. Sebagus apapun investasinya, pasti ada risiko yang menyertainya.

Loading...
Berlangganan Newsletter!
Berlangganan Newsletter!
Daftarkan email Anda disini dan dapatkan informasi terbaru dari kami langsung ke email Anda.
Anda dapat membatalkan langganan kapanpun.

Website ini menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman Anda. Klik "Terima" untuk menyetujui kebijakan ini. TerimaBaca Detail