Tingkatkan Kewaspadaan terhadap HYIP

1 136

Dalam postingan sebelumnya, Waspada HYIP, kami telah memberikan gambaran program investasi yang disebut HYIP ini. Sebagai investor yang bijak, Anda harus tetap mempertimbangkan beberapa kemungkinan ketika memutuskan untuk berkecimpung di program HYIP. Jangan terpengaruh oleh emosi sesaat yang menawarkan profit menggiurkan tetapi buntung belakangan. Setelah mempelajari sekilas tentang HYIP, jika Anda memutuskan untuk ikut program HYIP, maka ada beberapa tips memilih HYIP yang cukup layak untuk Anda investasikan. Kemungkinan Anda bisa profit atau setidaknya tidak rugi banyak kalau berinvestasi.

Program HYIP yang Anda pilih setidaknya harus memenuhi kriteria di bawah ini:

  1. Program HYIP harus sudah beroperasi setidaknya lebih 6 bulan. Jangan pernah investasikan uang Anda ke HYIP yang berumur jagung (kurang dari 6 bulan). Program tersebut belum teruji apakah bisa bertahan atau tidak.
  2. Profit yg ditawarkan harus logis secara akal sehat maupun finansial. Profit 1% – 4% atau di bawah 5 persen per hari, itu adalah batas maksimum dalam memperoleh profit. Jika ada program HYIP yang menawarkan profit lebih dari 4 persen per hari, maka dapat dipastikan bahwa program HYIP tersebut hanya menawarkan janji surga (baca: menipu).
  3. Kredibilitas program HYIP harus baik di mata investor. Program HYIP harus membayar investornya tepat waktu, tidak ada alasan untuk menunda-nunda pembayaran. Kredibilitas tersebut bisa Anda cek dan investigasi di blog atau forum-forum yang mengulas tentang HYIP.
  4. Paket investasi tidak berubah seperti penambahan paket baru dalam jangka waktu kurang dari setahun. Pada umumnya, HYIP yang menawarkan program baru dengan profit makin tinggi dari sebelumnya, dapat dikatakan bahwa program HYIP ini di ujung tanduk menuju kebangkrutannya (scam). Jika ada yang menawarkan penurunan profit, berarti program HYIP tersebut sedang kesulitan dana.
  5. Secara teknis, situs program jarang bermasalah (down). Jika, situs sering bermasalah, tentu akan sulit bagi investor untuk menarik uangnya apabila sistem pembayaran profit HYIP dilakukan secara manual atau instant.
  6. Situs HYIP sebaiknya mempunyai keamanan situs seperti DDOS protection, SSL 128 bit, dan lain sebagainya. Program HYIP yang mempunyai keamanan situs, lebih aman dari serangan para hacker. Hal ini juga mengindikasikan bahwa pemilik program serius mengelola situs mereka karena mengeluarkan modal besar untuk membeli program proteksi tersebut.
  7. Situsnya tidak dibuat memakai script pasaran yang banyak dijual oleh penjual script. Anda pasti bisa membedakan kalau sering berkecimpung di HYIP.
  8. Paket investasi minimal sekurang-kurangnya $5. Secara logika, investasi di bawah $5 tidak layak disebut sebagai investasi.
  9. Situs sebaiknya memiliki akses database dalam arti Anda bisa registrasi, login, dan mengecek hasil investasi Anda. Banyak HYIP Indonesia yang menawarkan investasi lewat SMS yang ternyata 100 persen menipu. Kalau di luar negeri banyak juga HYIP yang situsnya hanya untuk akses menyetor uang ke rekening mereka tanpa mempunyai fitur database untuk mengecek status investasi.
  10. Pilih HYIP yang banyak memasang iklan di situs lain. Program HYIP yang sering berpromosi di situs-situs lain, menunjukkan bahwa program HYIP ini memang serius menggarap marketing program.

Aturan main yang harus diikuti dalam HYIP

Supaya Anda bisa profit atau meminimalisasi resiko kerugian berinvestasi di HYIP, ada aturan main yang harus diikuti , antara lain:

1. Sebelum Anda mencapai Break Even Point (BEP) atau balik modal, sangat disarankan untuk tidak terus menambah dana investasi dari kantong Anda. Pasang target Anda, yakni berapa yang harus Anda investasikan, setelah itu stop, dan nikmati profit. Dari profit yang ada, setelah balik modal, menjadi pilihan bagi Anda untuk diinvestasikan kembali, digunakan hasil keuntungannya, atau berinvestasi di program HYIP lainnya.

2. Jangan pernah melakukan compounding atau memakai fasilitas bunga berbunga (bunga majemuk) yang ada pada program HYIP, kecuali sudah balik modal. Kami tidak menyarankan Anda menginvestasikan kembali profit yang Anda dapatkan, kalau bisa tarik terlebih dahulu jika telah memperoleh profit.

3. Sama seperti aturan umum dalam berinvestasi, Anda harus tetap bijak dalam berinvestasi. Setiap program investasi pasti memiliki resiko, demikian juga dengan program HYIP. Investasikan uang Anda yang memang diperuntukkan bagi anggaran investasi atau uang yang tidak terpakai atau uang yang Anda relakan hilang. Program HYIP memang tergolong produk investasi yang HIGH PROFIT dan HIGH RISK. Profit sangat tinggi, sepadan dengan resiko kehilangan yang sangat besar pula.

4. Pasang target perolehan Anda dan jangan serakah. Memang banyak HYIP yang menawarkan profit yang menggiurkan. Sekali lagi, kami ingatkan bahwa HYIP beresiko tinggi. Pasang target investasi Anda. Misalkan, Anda investasi maksimal 10 juta di sejumlah HYIP dan kalau balik modal, dari profitnya baru diinvestasikan lagi. Jika rugi, Anda wajib berhenti.

5. Aturan umum berinvestasi lainnya adalah diversifikasi atau pengalihan investasi ke beberapa program investasi bagi investor pemula. Diversifikasi ini dikenal dengan istilah: jangan menaruh telur dalam satu keranjang. Semua di dunia ini tidak ada yang abadi, apalagi program investasi seperti HYIP yang bisnisnya dilandaskan atas kepercayaan. Anda percaya, Anda berinvestasi, kalau ragu-ragu sebaiknya jangan berinvestasi.

Semua orang yang profit di HYIP dan hidup dari investasi HYIP pasti mengikuti langkah-langkah di atas. Hal ini sudah aturan baku yang harus diikuti.

(CAA)

Sumber Referensi: sumberduitonline.com

Loading...