PortalInvestasi.com
Partner Informasi Investasi, Bisnis dan Keuangan

9 Tips Sebelum Memilih Investasi Saham Online & Sekuritas Lainnya

0 48

Internet adalah alat yang hebat untuk semua orang, termasuk investor karena kecepatan respon, dan jumlah informasi yang dipertukarkan. Internet juga digunakan oleh broker saham dan sekuritas lainnya untuk memperdagangkan secara online. Berikut tips sebelum memilih investasi saham online dan berbagai sekuritas lainnya.

Keunggulan melakukan perdagangan secara online adalah transaksi dijalankan dengan sangat cepat, dengan satu klik tombol. Tetapi, perlu diperhatikan bahwa internet juga merupakan jalan lain untuk penipuan. Investor harus berhati-hati dan akal sehat tetap harus digunakan saat menggunakan internet untuk kegiatan sekuritas.

Fakta bahwa informasi yang muncul di internet tidak memberikan kredibilitas tambahan terhadap informasi tersebut. Waspadalah terutama jika identitas sumber tidak teridentifikasi.

Melalui internet, investor bisa membeli sekuritas suatu perusahaan secara langsung dari perusahaan. Perlakukan transaksi investasi saham online seperti Anda melakukan investasi reguler, dan pastikan bahwa sekuritas terdaftar dalam lembaga resmi negara.

Sebagai alternatif, investor dapat melakukan perdagangan sekuritas melalui broker saham online. Pelajari dan pahami persyaratan, kondisi dan biaya melakukan layanan ini, sebelum Anda menggunakannya. Pialang / broker saham / sekuritas harus memiliki lisensi, dan harus terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Berhati-hatilah dengan informasi yang dikumpulkan dari “ruang obrolan.” Di dalam “ruang obrolan” inilah orang-orang yang berperan sebagai sumber yang dapat dipercaya mengirimkan informasi untuk “memompa” harga sebuah saham. Begitu harga saham ini meningkat, mereka “membuang”, atau menjual saham mereka dengan keuntungan besar. Ini disebut “skema pompa dan pembuangan.”

Langkah-langkah berikut ​​dapat membantu Anda tetap waspada saat melakukan investasi saham online dan sekuritas lainnya.

  • Jangan bermimpi langsung cepat kaya

Saat mengevaluasi investasi yang telah dipelajari secara online, buang impian cepat kaya tersebut. Lakukan analisis secara hati-hati dan lakukan pertimbangan yang sama dengan yang Anda berikan pada peluang investasi yang tidak biasa.

Aturan lama “Jika kedengarannya terlalu bagus untuk menjadi kenyataan, mungkin itu memang berpotensi penipuan” berlaku sama dengan penawaran yang dibuat di dunia maya seperti yang dilakukan melalui media lain.

  • Unduh dan cetak salinan dokumen tawaran investasi saham online yang sedang dipertimbangkan

Dokumen ini mungkin berguna jika masalah berkembang kemudian. Pastikan untuk mencatat alamat websitenya, tanggal, dan waktu penawaran.

  • Jangan berasumsi terlalu tinggi

Ingat juga bahwa setiap orang dapat membuat website atau mengiklankan secara online, biasanya tanpa ada pengecekan tentang legitimasi klaim mereka. Jangan memiliki asumsi yang terlalu tinggi tentang penawaran investasi online.

  • Jangan pernah berinvestasi pada perdagangan saham online yang sedang hype dengan info minimal

Saham bervolume rendah adalah yang paling rentan terhadap manipulasi karena harganya dapat dipindahkan melalui perdagangan strategis yang relatif kecil.

Bahkan jika saham hype tersebut mulai bergerak ke atas, lanjutkan dengan hati-hati. Ini mungkin hanya bagian dari keseluruhan skema manipulasi.

  • Berhati-hatilah untuk bertindak atas saran individu yang menyembunyikan identitas mereka

Penggunaan alias di papan buletin komputer dimaksudkan untuk melindungi privasi, tetapi para penipu juga dapat memanfaatkannya. Orang online mungkin bukan orang yang mereka klaim.

Apa yang mungkin tampak sebagai dua atau lebih orang yang berbeda dalam membicarakan sebuah saham sebenarnya adalah satu individu dengan kepentingan pribadi menaikkan harga melalui informasi palsu atau spekulasi tak berdasar. Selain itu, website yang tampak mengesankan dapat menjadi produk komputer laptop di sisi lain dunia, jauh dari yurisdiksi penegakan hukum negara.

  • Jangan terpengaruh oleh klaim “informasi orang dalam”

Seperti siaran berita yang tertunda, pengumuman kontrak, dan produk baru yang inovatif. Di dunia maya, hampir semua orang dapat mengatakan apapun.

Terlepas dari banyaknya “berita hangat” yang dikotori di papan buletin dan kelompok diskusi, sangat tidak mungkin informasi orang dalam yang asli akan disiarkan di papan pengumuman investasi.

  • Jadilah skeptis tentang klaim bahwa seseorang telah memeriksa sebuah investasi saham online

Salah satu taktik pengelola investasi yang mapan adalah untuk membicarakan perusahaan, operasi penambangan, dan pabrik di berbagai lokasi. Hal itu, tidak mungkin dilakukan bagi investor rata-rata untuk melakukan investigasi atau kunjungan secara langsung.

  • Luangkan waktu untuk menyelidiki sumber informasi dari luar mengenai investasi online apa pun yang Anda pelajari

Cari second opinion tentang investasi saham online (dan investasi apapun) yang sedang Anda pelajari. Tanyakan kepada penasihat keuangan tepercaya dan selalu dapatkan informasi keuangan tertulis, seperti prospektus, laporan tahunan, dan laporan keuangan.

Tanyakan promotor online tempat perusahaan didirikan, dan hubungi Bursa Efek atau lembaga OJK untuk memverifikasi informasi tersebut. Juga, pastikan bahwa peluang investasi dan orang yang mempromosikannya terdaftar dengan benar di agen sekuritas wilayah Anda.

  • Jika sekiranya Anda telah ditipu, jangan enggan untuk melaporkannya

Tindakan awal untuk meningkatkan peluang untuk mendapatkan uang Anda kembali dan dapat mencegah orang lain kehilangan uang yang sama. Jika Anda melihat kecurangan investasi online yang potensial, laporkan kepada pihak terkait seperti Waspada Investasi OJK.

Itulah beberapa tips sebelum melakukan investasi saham online dan juga investasi lainnya. Semoga bermanfaat.

Loading...
Berlangganan Newsletter!
Berlangganan Newsletter!
Daftarkan email Anda disini dan dapatkan informasi terbaru dari kami langsung ke email Anda.
Anda dapat membatalkan langganan kapanpun.
Loading...