Partner Informasi Investasi, Bisnis dan Keuangan
Rp14.067
+0.15%
Rp15.551
-0.05%
Rp17.553
-0.16%
Rp130
+0.12%
Rp9.620
+0.23%
Rp3.749
+0.17%
Rp1.984
+0.07%
Rp10.237
+0.04%
Rp10.610
-0.04%
Rp14.134
+0.1%
Rp8.906
+0.24%

Cara Membuat Anggaran Keuangan Sederhana Bersama Pasangan

0 182

Kita sering mendengar bahwa kunci pernikahan yang bahagia adalah komunikasi, komunikasi, dan komunikasi yang lebih banyak. Salah satu penyebab utama perceraian adalah kurangnya komunikasi mengenai isu-isu utama seperti mengasuh anak, hubungan dan Anda bisa menebaknya, UANG. Untuk itulah diperlukan strategi / cara membuat anggaran keuangan sederhana bersama pasangan Anda.

Untungnya, ada cara untuk menyederhanakan proses menyakitkan untuk membicarakan uang dengan pasangan Anda yaitu dengan membuat anggaran keuangan.

Setelah anggaran Anda terbangun, langkah selanjutnya adalah melalukan cek dan ricek minimal sekali dalam seminggu. Hal ini untuk memastikan Anda berdua tetap berada di jalur yang benar.

Berikut ini adalah cara membuat anggaran sederhana dan efektif bersama pasangan Anda:

  • Langkah 1: Tentukan Tujuan Anda & Pasangan

Tujuan keuangan jangka pendek dan jangka panjang Anda akan mempengaruhi anggaran keuangan yang hendak dibangun. Jika kalian ingin menabung untuk uang muka di rumah, misalnya, kemungkinan besar Anda akan membuat anggaran keuangan yang lebih ketat sehingga Anda dapat berfokus pada penghematan.

Jika, di sisi lain, Anda sudah memiliki rumah dan mapan dalam karir Anda, pengeluaran Anda mungkin lebih besar. Bersama-sama, putuskan apa tujuan keuangan jangka pendek dan jangka panjang kalian berdua.

Sisa anggaran Anda akan ditetapkan sesuai dengan tujuan tersebut.

  • Langkah 2: Cantumkan Biaya Tetap Bulanan Anda

Ini juga poin penting dalam cara membuat anggaran keuangan keluarga. Biaya tetap adalah biaya yang harus dibayarkan tiap bulan.

Bisa berupa pembayaran hutang tetap, seperti pinjaman pendidikan atau cicilan mobil, atau tagihan bulanan, seperti listrik atau gas.

Pastikan untuk menyertakan tagihan internet, tagihan telepon, asuransi mobil, asuransi kesehatan, uang sewa atau hipotek, pembayaran kartu kredit, dan lainnya.

  • Langkah 3: Tuliskan Penghasilan Anda

Pendapatan kotor Anda adalah jumlah uang yang dimiliki sebelum pajak. Sedangkan penghasilan bersih adalah jumlah uang yang diterima setelah pajak.

Untuk tujuan pembuatan anggaran ini, digunakan pendapatan bersih bulanan berdua. Jika penghasilan kalian berdua bervariasi setiap bulan, Anda harus meninjau kembali bagian ini sebulan sekali dan diskusikan dengan pasangan tentang penghasilan yang diproyeksikan untuk bulan berikutnya.

Jika Anda memiliki pekerjaan yang stabil, bergaji atau per jam, kemungkinan besar penghasilan bersih Anda tidak akan bervariasi dari bulan ke bulan.

  • Langkah 4: Kurangi Biaya Tetap dari Laba Bersih

Sebagai bagian dari cara membuat anggaran sederhana adalah mengurangi biaya tetap. Jika penghasilan bersih gabungan Anda adalah 7 juta setiap bulan dan biaya tetap bulanan adalah 4 juta, Anda memiliki 3 juta yang tersisa setiap bulan untuk penghematan dan pengeluaran tidak terduga.

Anda bisa masukkan juga ke dalam anggaran untuk dana darurat yang juga penting.

  • Langkah 5: Menabung

Mengacu pada langkah pertama, simpan sejumlah uang setiap bulan yang sesuai dengan tujuan jangka pendek dan jangka panjang.

Setelah memasukkan uang ke rekening tabungan, jumlah yang tersisa adalah biaya variabel Anda..

  • Langkah 6: Cantumkan Biaya Variabel Anda

Beberapa biaya variabel diperlukan, seperti bensin untuk mobil dan konsumsi. Sedangkan biaya lain yang lebih mewah, seperti pergi makan, membeli pakaian atau pergi ke konser atau rekreasi.

Cantumkan biaya variabel “ideal” Anda dengan pasangan dan kemudian lihat apakah sesuai dengan parameter anggaran. Jika tidak, Anda berdua harus berkorban untuk membebaskan sejumlah uang tambahan.

Mungkin Anda harus mengkorbankan beberapa kegiatan untuk ditunda dulu. Jadi, tidak ada perasaan sulit dalam hal keuangan, cobalah untuk menjaga hal-hal tetap sama, terlepas dari apakah satu orang menghasilkan lebih banyak uang.

Biaya variabel harus didiskusikan setiap bulan, karena akan berbeda dari satu bulan ke bulan berikutnya tergantung pada apa yang sedang terjadi.

Hal yang perlu diingat untuk disertakan adalah hadiah untuk liburan dan keperluan kamar mandi atau uang ekstra untuk acara lain seperti potong rambut, perawatan mobil, makan di restoran dan kegiatan kantor.

Membahas poin ini dengan pasangan setiap bulannya, tidak hanya akan membawa Anda ke halaman yang sama secara finansial, tetapi juga akan memberi tahu Anda tentang rencana setiap orang untuk bulan tersebut.

  • Langkah 7: Miliki “Money Date”

Untuk menjaga agar keuangan tetap mengalir, jadwalkan “Money Date” seminggu sekali untuk mengecek dan mengevaluasi kembali tujuan Anda.

Berbicara tentang keuangan secara teratur akan membuat Anda dan pasangan memiliki frekuensi yang sama tentang uang dan membuat Anda berdua termotivasi untuk memenuhi tujuan berdua.

Tidak harus menjadi percakapan yang lama, tetapi bisa sebentar saja dan tetap harmonis. Cara untuk menjaga agar “Money Date” menyenangkan adalah dengan mendiskusikan keuangan saat memasak makan malam bersama. Kemudian melakukan aktivitas yang berbeda, seperti bermain game atau menonton film.

=========

Itulah cara membuat anggaran keuangan yang sederhana dan efektif bersama dengan pasangan Anda. Kalian tidak harus canggung atau menimbulkan perkelahian jika terkait dengan uang.

Ingat bahwa Anda berada di tim yang sama dan akhirnya Anda berdua menginginkan hal yang sama di luar kehidupan. Gunakan keuangan dan anggaran Anda sebagai alat untuk mencapai impian kalian berdua.

Artikel Terjemahan dari www.investopedia.com

Loading...
Sumber www.investopedia.com
Berlangganan Newsletter!
Berlangganan Newsletter!
Daftarkan email Anda disini dan dapatkan informasi terbaru dari kami langsung ke email Anda.
Anda dapat membatalkan langganan kapanpun.