Investasi Tanah? Ini Strategi Raih Untung Maksimal

0 234

Anda memiliki dana investasi? Salah satu opsi menarik dan menguntungkan adalah dengan melakukan investasi tanah.

Kenapa harus tanah?

Alasan utama yang mendasarinya karena tanah tak akan pernah bisa bertambah menyaingi pesatnya perkembangan manusia.

Tanah merupakan investasi terbatas, tetapi jumlah permintaan yang unlimited. Ini menjadikan investasi tanah akan selalu menjadi opsi terbaik karena akan selalu mengalami kenaikan dan mendapatkan keuntungan.

Boleh dikatakan, di jangka panjang, investasi tanah dikategorikan sebagai salah satu opsi yang paling bersinar dibandingkan dengan investasi di logam mulia, deposito, ataupun saham.

Nilai pengembalian akan jauh lebih tinggi dibandingkan beberapa investasi lainnya, terlebih lagi jika digabungkan dengan investasi rumah (properti).

Investasi properti dan tanah merupakan salah satu investasi yang menyasar kebutuhan primer bagi setiap individu, sehingga nilainya akan naik secara signifikan dari tahun ke tahun.

Sebagai kebutuhan primer, tanah dan properti akan selalu dibutuhkan sampai kapanpun juga. Oleh karena itu, banyak sekali investor yang berburu mencari tanah atau rumah di beberapa kawasan yang strategis.

Investasi tanah terbukti memang paling menguntungkan, tidak jauh berbeda dengan emas, dan yang jelas tanah anti terhadap inflasi.

Investasi jenis ini juga telah dianjurkan oleh para orang tua dari jaman dahulu. Dan yang pasti, tanah tak membutuhkan biaya perawatan, hanya pembayaran pajak.

Jika ada di lokasi yang strategis, maka kenaikannya bisa berkali-kali lipat dari waktu ke waktu.

Oleh karena itu, investasi tanah merupakan pilihan strategis bagi para investor yang mencari keuntungan dari produk-produk investasi.

Walaupun menguntungkan, mungkin bagi beberapa orang investasi tanah termasuk dalam golongan investasi yang juga memiliki kekurangan.

Berikut beberapa plus dan minus dalam melakukan investasi tanah, yaitu:

Kelebihan Berinvestasi Tanah:

1. Mendapatkan Capital Gain

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, harga tanah tak akan pernah turun. Dari masa ke masa akan selalu mengalami kenaikan, dan minimal kenaikannya dari 20% hingga 25% setiap tahun.

Ini salah satu kelebihan / keuntungan primer dari investasi jenis ini.

Bahkan, ada beberapa investor yang bisa mencapai keuntungan hingga 200% dalam melakukan investasi ke tanah, dengan berbagai trik dan strategi.

2. Minim Biaya Perawatan

Dibandingkan dengan investasi properti, seperti apartemen, rumah, maka tanah minim biaya perawatan dan bahkan tak ada sama sekali. Kalaupun ada, biayanya tak terlalu besar.

Ini salah satu kelebihan lain dalam berinvestasi tanah.

Jika di properti, rumah atau apartemen, biaya yang dikeluarkan seperti perawatan, perbaikan, dan lain-lain.

Tak berlaku untuk tanah. Sebagai investor, Anda cukup mencari tanah berlokasi strategis, dan biarkan saja. Ini sudah lebih dari cukup.

3. Mudah dalam Mengurusnya

Terkait dengan poin no.2, tanah tak perlu perawatan yang berlebihan. Anda tak perlu terbebani dengan pikiran tentang bagaimana mengurusnya.

Tentu saja, itu sangat membantu agar Anda tetap fokus dalam pengembangan investasi tersebut, dan energi tak terbuang.

Terlebih lagi jika Anda memiliki pekerjaan lainnya, ini sangat membantu dalam mengurangi beban pikiran tentang perawatan tanah.

Beberapa kekurangan dalam investasi tanah:

1. Membutuhkan modal yang lumayan besar

Terkecuali Anda memiliki modal yang lumayan besar, maka bagi investor dengan modal pas-pasan, maka modal menjadi salah satu hambatan dalam investasi tanah.

Memang, dibandingkan dengan rumah atau apartemen, berinvestasi tanah jauh lebih murah. Tetapi, jika membeli tanah di kawasan yang strategis, terbilang cukup mahal dan butuh modal besar.

Pembelian tanah pun pada umumnya harus dengan tunai, jarang yang menerima kredit / cicilan. Terkecuali, jika Anda membeli dengan bentuk kavling, bisa dilakukan dengan tempo sehingga jauh lebih ringan.

2. Minus Pendapatan Rutin

Salah satu kekurangan dalam investasi ini adalah minimnya pendapatan rutin (pendapatan pasif) darinya. Yang diharapkan dari investasi ini adalah capital gain, atau naiknya harga tanah dari masa ke masa.

Terkecuali, jika Anda berinvestasi tanah hanya sebagai lompatan untuk berinvestasi properti, dengan membangun rumah kontrakan, atau kos-kosan.

Tentunya, Anda akan menghasilkan pendapatan rutin dari investasi properti tersebut.

Raih keuntungan maksimal dalam investasi tanah.
Raih keuntungan maksimal dalam investasi tanah.

3. Investasi Tanah Kurang Liquid

Sebagian besar investor berpendapat bahwa investasi jenis ini termasuk dalam kategori investasi yang kurang liquid. Jauh berbeda jika dibandingkan dengan investasi emas.

Begitu kita terdesak dan membutuhkan dana secepatnya, kita tak bisa menjual tanah dengan cepat, berbeda dengan emas.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dalam investasi tanah yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk terjun ke dalamnya.

Ada beberapa tips yang bisa membantu Anda sukses dalam investasi tanah, yaitu:

  • Sebelum benar-benar berinvestasi, akan jauh lebih bijak jika Anda berinvestasi dalam ilmu tentang properti dan tanah. Banyak seminar yang menawarkan investasi jenis ini. Ini bertujuan agar Anda memiliki pengetahuan, strategi, trik yang memadai.
  • Pertimbangkan dengan baik anggaran pribadi investasi yang Anda rencanakan untuk pembelian tanah. Ingat, ini adalah jenis investasi jangka panjang yang membutuhkan waktu. Jangan sampai mengganggu manajemen finansial pribadi ataupun keluarga.
  • Salah satu faktor penting investasi jenis ini adalah faktor lokasi. Ini sangat terkait dengan tingkat liquiditas dan kenaikan harga tanah yang Anda beli.
  • Faktor lain yang tak kalah penting adalah kecermatan dan kejelian Anda dalam melihat rencana tata kota, tempat dimana Anda membeli tanah, di masa depan. Ini sangat mempengaruhi tingkat perkembangan harga tanah dari waktu ke waktu.
  • Pelajari juga dengan baik berbagai aturan hukum yang terkait dengan tanah dan properti. Sangat membantu jika ada masalah hukum dalam investasi Anda.
  • Cari informasi sebanyak-banyaknya tentang tanah yang dijual. Informasi bisa didapatkan dari keluarga, teman, komunitas, website, dan lain-lain. Bertindak cepat dan sigap apabilan menemukan lokasi tanah yang dijual di kawasan strategis tetapi dengan harga yang relatif murah.
  • Ada banyak tanah-tanah yang dijual oleh pemiliknya karena sedang butuh uang. Dan ini peluang bagi Anda untuk mendapatkannya dengan harga relatif lebih murah. Apalagi, tanah yang dijual berada di kawasan yang cukup strategis.
  • Jalin komunikasi dan kerjasama dengan pengembang / developer properti, untuk memudahkan Anda nantinya dalam berbisnis dan investasi tanah.

Referensi:

www.microgist.com

Loading...