Partner Informasi Investasi, Bisnis dan Keuangan
Bitcoin (BTC)
Rp95.947.618
-0.21%
Ethereum (ETH)
Rp3.414.789
-2.74%
Litecoin (LTC)
Rp846.026
-3.88%
DigitalCash (DASH)
Rp2.858.040
-2.77%
Monero (XMR)
Rp1.709.807
-2.48%
Nxt (NXT)
Rp1.036
-1.81%
Ethereum Classic (ETC)
Rp159.595
+0.68%
Dogecoin (DOGE)
Rp84
-1.87%
ZCash (ZEC)
Rp1.837.174
-1.89%
Bitshares (BTS)
Rp1.707
-4.48%
DigiByte (DGB)
Rp364
-7.02%
Ripple (XRP)
Rp7.729
0%
BitcoinDark (BTCD)
Rp290.436
-2.85%
PeerCoin (PPC)
Rp16.307
+3.76%
CraigsCoin (CRAIG)
Rp18
+0.38%

Cara Mengidentifikasi Penipuan Cryptocurrency dan ICO

0 200

Dalam beberapa tahun terakhir, ruang cryptocurrency telah mendominasi siklus berita investasi. Terlepas dari apa yang mungkin dipikirkan oleh analis atau investor tertentu tentang tren baru, hype tidak dapat disangkal. Puluhan cryptocurrency baru diluncurkan setiap bulan, dan bersama token serta koin baru ini muncul serangkaian penawaran koin awal (ICO). Sebagai antisipasi hype tersebut, kita perlu waspada. Berikut cara mengidentifikasi penipuan cryptocurrency dan ICO.

Nafsu mencari keuntungan di kalangan investor untuk peluang terus berkembang pesat, meskipun fakta menyebutkan bahwa cryptocurrency telah mengalami kuartal pertama yang mengecewakan pada tahun 2018. Semua faktor ini bergabung untuk menarik para scammers (penipu).

Terlebih lagi, para investor telah membuktikan bahwa mereka bersedia membuang uang ke mata uang digital yang sangat spekulatif, tampaknya juga berinvestasi dalam token atau ICO scam (penipuan).

Untuk investor cryptocurrency yang ingin memanfaatkan peluang investasi baru dengan tetap aman dari penipuan cryptocurrency, ICO dan token, prospek bisa menjadi sesuatu yang membingungkan.

Teknologi blockchain dan cryptocurrency berkembang dengan sangat cepat, dan bahkan investor yang berpengalaman mungkin merasa sulit untuk mengikuti setiap teknologinya.

Meskipun tidak ada jaminan bahwa setiap cryptocurrency atau startup yang terkait dengan blockchain akan sah atau berhasil, langkah-langkah yang diuraikan di bawah ini dapat membantu Anda terjebak dari penipuan cryptocurrency atau penawaran koin perdana (ICO).

Berikut beberapa faktor yang perlu diidentifikasi untuk menghindari penipuan cryptocurrency dan ICO:

  • Ketahui dengan baik tim / manajemen di belakangnya

Salah satu faktor sukses yang terpenting untuk ICO atau cryptocurrency adalah pengembang dan tim administratif di belakang proyek tersebut. Ruang cryptocurrency didominasi oleh nama-nama besar, dengan pengembang superstar seperti pendiri Ethereum, Vitalik Buterin, yang mampu membuat proyek baru hanya dengan mencantumkan nama mereka di tim pengembangan.

Untuk alasan tersebut, semakin sering penipu menggunakan profil / biografi palsu di tim pengembang untuk proyek-proyeknya.

Perlindungan terbaik terhadap taktik penipuan ini adalah dengan meneliti secara menyeluruh anggota tim individu dari sebuah proyek sebelum Anda berinvestasi. Ini pertanda buruk, misalnya, jika Anda tidak dapat menemukan informasi apa pun tentang pengembang atau pendiri tertentu di LinkedIn atau jaringan media sosial lainnya.

Bahkan, jika profil memang ada, periksa dengan cermat aktivitas mereka seiring dengan jumlah pengikut dan suka yang dikumpulkan. Individu yang jarang terlibat dengan pengikutnya dan memiliki ribuan penggemar mungkin tidak nyata.

Selain menentukan apakah tim pengembangan itu nyata, penting untuk berusaha untuk melihat apakah kualifikasi mereka memenuhi syarat. Apakah para pendiri memiliki pengalaman yang sebenarnya di bidang tersebut? Apakah pengalamannya relevan dengan proyek saat ini?

  • Periksa dokumennya (whitepaper)

Sebuah whitepaper cryptocurrency atau ICO adalah dokumen dasar untuk proyek tersebut. Whitepaper harus terdapat latar belakang, tujuan, strategi, fokus, dan waktu untuk implementasi untuk setiap proyek yang terkait dengan blockchain.

Whitepaper harus mengungkapkan bahwa perusahaan yang memiliki website terlalu ‘sempurna’, dapat berarti tidak memiliki konsep yang kuat secara mendasar. Di sisi lain, perusahaan dengan website yang mengandung kesalahan ejaan mungkin memiliki whitepaper yang menunjukkan konsep kuat dan rencana implementasi yang disusun dengan hati-hati.

Langkah pertama untuk menganalisis whitepaper adalah membacanya dengan sangat teliti. Periksa dengan cermat apakah whitepaper memiliki sumber daya pelengkap juga, termasuk model keuangan, masalah hukum, analisis SWOT, dan roadmaps untuk implementasi.

Perusahaan yang tidak menawarkan whitepaper harus dihindari dengan segala cara. Tetap saja, ada kemungkinan perusahaan hoax yang memiliki whitepaper meyakinkan, seperti halnya dengan PlexCoin. Perusahaan ini berhasil mengumpulkan lebih dari $ 15 juta sebelum Securities and Exchange Commission (SEC) Amerika Serikat turun tangan untuk menutupnya.

Whitepaper harus menjawab semua pertanyaan yang mungkin dimiliki oleh investor potensial tentang apa yang membedakan proyek khusus ini dari para pesaingnya. Bagaimana proyek tersebut memiliki rencana menjadi sukses, dan langkah-langkah yang diperlukan untuk mencapai tujuannya.

  • Cermati Penjualan Token

ICO apa pun akan bergantung pada sistem token atau mata uang untuk memfasilitasi proses crowdfunding. Perusahaan yang sah berusaha membuat sistem yang transparan dan progress penjualan token mudah bagi calon investor untuk dilihat.

Cari angka penjualan token saat ICO sedang berlangsung. Lebih baik lagi, perhatikan penjualan token dari waktu ke waktu untuk melihat kemajuannya.

Jika sebuah perusahaan menyulitkan siapa pun untuk mencatat perkembangan ICO-nya, ini tanda peringatan bagi Anda. Beberapa penipuan cryptocurrency dan ICO akan menyembunyikan kemajuan penjualan token mereka melalui alamat kontribusi palsu.

Kondisi ini mencegah calon investor melihat dengan tepat berapa banyak dana yang didapatkan dan berapa banyak waktu yang tersisa dalam penjualan. Dalam beberapa kasus, ini mungkin merupakan upaya untuk membangkitkan rasa urgensi di antara calon investor, bahkan jika tidak ada bukti penjualan yang sukses terjadi pada saat yang sama.

  • Seberapa Layakkah Proyek ICO?

Meskipun tampak jelas, ICO dan cryptocurrency dengan peluang terbesar untuk sukses adalah mereka yang memiliki struktur fundamental untuk hidup lebih lama dari pesaing mereka.

Banyak ICO yang diluncurkan, bahkan yang sangat dipublikasikan, telah menguap begitu saja setelah minat awal memudar. Kesempatan terbaik Anda untuk investasi yang sukses bergantung pada perusahaan yang memiliki serangkaian tujuan yang dapat dicapai dan layak.

Perusahaan harus memiliki konsep yang menarik untuk saat ini, tetapi juga harus dapat membawa konsep tersebut ke dalam eksekusi dalam jangka pendek maupun panjang.

Mengikuti pertanyaan tentang kelayakan adalah masalah transparansi. Perusahaan yang memiliki konsep dan model yang luar biasa selalu ingin menjadi transparan dengan komunitas yang lebih luas.

Carilah perusahaan yang bertujuan untuk menjaga investor potensial tetap up to date dengan laporan kemajuan yang teratur dan terperinci di website perusahaan atau di media sosial. Hal ini juga berguna untuk melihat apakah suatu perusahaan memiliki garis waktu untuk apa yang telah terjadi dalam proses pengembangan proyeknya.

Loading...

Sumber www.investopedia.com
Berlangganan Newsletter!
Berlangganan Newsletter!
Daftarkan email Anda disini dan dapatkan informasi terbaru dari kami langsung ke email Anda.
Anda dapat membatalkan langganan kapanpun.

Website ini menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman Anda. Klik "Terima" untuk menyetujui kebijakan ini. Terima Baca Detail