Partner Informasi Investasi, Bisnis dan Keuangan

Laporan Keuangan: Definisi & Penjelasannya

0 10

Apakah yang dimaksud dengan laporan keuangan atau financial statements? Berikut definisi dan penjelasan tentangnya.

Laporan keuangan adalah catatan tertulis yang menyampaikan kegiatan keuangan dan kondisi bisnis atau entitas yang terdiri dari empat komponen utama.

Laporan keuangan dimaksudkan untuk menyajikan informasi keuangan entitas yang bersangkutan secara jelas dan sesingkat mungkin untuk entitas dan pembaca.

Laporan keuangan untuk bisnis biasanya termasuk laporan laba rugi, neraca keuangan, laporan laba ditahan dan arus kas tetapi mungkin juga membutuhkan pengungkapan detail tambahan tergantung pada kerangka kerja akuntansi yang relevan.

Laporan keuangan sering diaudit oleh instansi pemerintah, akuntan, perusahaan, dll. Untuk memastikan keakuratan dan untuk tujuan pajak, pembiayaan atau investasi.

Penjelasan lebih lanjut tentang Laporan Keuangan

Analis keuangan bergantung pada data untuk menganalisis kinerja, dan membuat prediksi tentang arah masa depan harga saham perusahaan. Salah satu sumber paling penting dari data keuangan yang dapat diandalkan dan diaudit adalah laporan tahunan, yang berisi laporan keuangan perusahaan.

Tiga laporan utama laporan keuangan adalah laporan laba rugi, neraca dan laporan arus kas.

Neraca keuangan (Balance Sheet)

Neraca memberikan gambaran umum tentang aset, kewajiban, dan ekuitas pemegang saham sebagai snapshot pada waktunya. Tanggal di bagian atas neraca memberitahu Anda ketika snapshot diambil, yang umumnya merupakan akhir tahun fiskal.

Persamaan neraca, atau dikenal sebagai persamaan akuntansi, dapat dinyatakan sebagai:

Aset = Kewajiban + Ekuitas Pemegang Saham

Neraca keuangan mengidentifikasi bagaimana aset didanai, baik terkait kewajiban, seperti utang, atau ekuitas, seperti laba ditahan dan tambahan modal disetor. Aset terdaftar di neraca dalam rangka likuiditas.

Kewajiban tercantum dalam urutan waktu akan dibayar. Kewajiban jangka pendek atau liabilitas saat ini diharapkan akan dibayar dalam setahun, sedangkan kewajiban jangka panjang atau tidak lancar adalah utang yang diharapkan akan dibayar dalam lebih dari satu tahun.

Laporan Laba Rugi (Income Statement)

Tidak seperti neraca, laporan laba rugi mencakup rentang waktu, yaitu satu tahun untuk laporan keuangan tahunan dan seperempat untuk laporan keuangan triwulanan.

Laporan laba rugi memberikan gambaran pendapatan, pengeluaran, laba bersih, dan laba per saham. Biasanya menyediakan dua hingga tiga tahun data untuk perbandingan.

Laporan Arus Kas (Cash Flow Statement)

Laporan arus kas menggabungkan neraca dan laporan laba rugi. Karena konvensi akuntansi, laba bersih dapat saja tidak selaras dengan arus kas.

Laporan arus kas merekonsiliasikan laporan laba rugi dengan neraca dalam tiga kegiatan bisnis utama. Kegiatan-kegiatan ini termasuk kegiatan operasi, investasi dan pendanaan.

Aktivitas operasi termasuk arus kas yang dibuat dari operasi bisnis biasa. Aktivitas investasi termasuk arus kas dari akuisisi dan pelepasan aset, seperti real estat dan peralatan. Aktivitas pendanaan termasuk arus kas dari utang dan modal investasi ekuitas.

Loading...
Sumber www.investopedia.com
Berlangganan Newsletter!
Berlangganan Newsletter!
Daftarkan email Anda disini dan dapatkan informasi terbaru dari kami langsung ke email Anda.
Anda dapat membatalkan langganan kapanpun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda terjaga kerahasiaannya.

duapuluh − 6 =

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.