Partner Informasi Investasi, Bisnis dan Keuangan
Bitcoin (BTC)
Rp65.738.000
-12.93%
Ethereum (ETH)
Rp1.957.678
-30.08%
Litecoin (LTC)
Rp483.503
DigitalCash (DASH)
Rp1.519.863
Monero (XMR)
Rp976.209
Nxt (NXT)
Rp537
Ethereum Classic (ETC)
Rp82.961
Dogecoin (DOGE)
Rp32
ZCash (ZEC)
Rp1.248.365
Bitshares (BTS)
Rp763
DigiByte (DGB)
Rp183
Ripple (XRP)
Rp6.295
0%
BitcoinDark (BTCD)
Rp165.136
PeerCoin (PPC)
Rp11.669
CraigsCoin (CRAIG)
Rp12

3 Top Cara Mengatur Uang Agar Tidak Boros

0 131

Menjaga kehidupan finansial Anda membutuhkan waktu dan perencanaan, tetapi ada beberapa ide dan aturan yang dapat diikuti siapa pun untuk membantu memastikan berada di jalur yang benar. Khususnya bagi Anda yang merasa uang yang masuk tidak pernah cukup, ada beberapa cara mengatur uang agar tidak boros.

Berikut adalah tiga cara mengatur uang agar tidak boros yang dapat dijalankan oleh setiap orang untuk memastikan keuangan pribadinya tertata.

#1 Identifikasi, Hitung, dan Prioritaskan Tujuan Anda

Menetapkan tujuan sangat penting untuk perencanaan keuangan pribadi Anda. Mulailah dengan melakukan percakapan jujur ​​dengan diri sendiri. Apa hal-hal hebat dalam hidup yang Anda inginkan? Identifikasi tujuan tersebut, kemudian ukur dan prioritaskan.

Bersikaplah realistis dan spesifik tentang apa yang diinginkan. Sangat penting untuk menyadari tujuan sehingga Anda dapat merencanakan keuangan sejak dini agar mencapai tujuan tersebut. Dengan menetapkan anggaran keuangan, potensi untuk melakukan pemborosan dapat diminimalkan.

#2 Memahami Arus Kas Pribadi

Arus kas adalah fondasi untuk setiap bidang keuangan pribadi lainnya. Ini penting sebagai salah satu cara mengatur uang agar tidak boros.

Anda tidak dapat mengetahui berapa banyak yang dapat dihemat tanpa mengetahui seperti apa anggaran keuangan pribadi. Anda dapat mencoba, tetapi pada akhirnya sesuatu tidak akan berjalan seperti yang dipikirkan.

Cari tahu berapa banyak uang yang masuk dibandingkan berapa banyak uang yang akan keluar. Ada banyak alat / software / aplikasi, baik online maupun offline untuk membantu ini, seperti Mint dan Quicken, atau menggunakan spreadsheet Excel.

Tidak masalah alat apa pun yang digunakan, cukup habiskan waktu untuk memahami anggaran keuangan pribadi Anda dan dapatkan pegangan tentang arus kas.

#3 Menghemat Lebih Banyak

Jika memiliki pegangan pada tujuan dan arus kas, Anda harus tahu berapa yang dapat disimpan / dihemat setiap bulan untuk mencapai tujuan tersebut. Namun, menghemat uang sejumlah yang diinginkan mungkin lebih mudah diucapkan daripada dilakukan.

Berikut ini beberapa cara kreatif yang dapat dilakukan untuk menghemat lebih banyak agar tercapai tujuan keuangan Anda.

  • Buatlah ‘permainan’ dalam menghemat

Tentukan dalam jangka waktu enam bulan dan lihat bagaimana setiap anggota keluarga dapat menabung. Pemenangnya dapat memilih hadiah seperti memutuskan di mana liburan keluarga berikutnya.

  • Otomatiskan tabungan Anda

Buat akun / rekening khusus untuk tabungan, dan buat pemasukan dari gaji terpisah ke rekening tabungan.

  • Menabung di awal bulan

Sangat mudah untuk mengatakan “Mari menghemat di akhir bulan,” tetapi kehidupan menghalangi Anda. Otomatiskan pemasukan untuk dihemat / ditabung sebagian di awal bulan. Uang itu dianggap sudah hilang dan Anda tidak dapat membelanjakannya.

  • Setiap kali Anda mendapat kenaikan gaji, hemat setengahnya

Sadarilah biaya meningkat ketika penghasilan Anda naik. Ini disebut jebakan gaya hidup. Jangan sampai mindset meningkatkan pengeluaran Anda dengan setiap kali ada kenaikan penghasilan.

Jika Anda melakukannya, Anda akan terseok-seok selamanya. Sebaliknya, cobalah untuk menjaga pengeluaran tetap sama dan menyimpan uang ekstra untuk ditabung.

  • Cari penghasilan tambahan

Mencari cara untuk mendapatkan penghasilan di luar pekerjaan rutin Anda, bisa sangat berharga. Ada banyak cara untuk mendapatkan uang tambahan. Jadilah kreatif dan temukan cara untuk memonetisasi sesuatu yang Anda gemari.

  • Membawa bekal makan siang

Cara mengatur uang agar tidak boros bisa dilakukan dengan cara ini. Membawa bekal makanan sendiri daripada membelinya dapat menghemat sejumlah dana sepanjang tahun.

  • Menyadari biaya-biaya yang muncul

Pahami apa yang Anda bayar untuk investasi, tabungan, dll. Pengetahuan adalah kekuatan.

Ide-ide dasar ini dapat menjadi cara mengatur uang agar tidak boros di awal bagi siapa pun yang ingin mendapatkan keuangan pribadinya secara teratur. Sangat penting untuk menyadari pendapatan, pengeluaran, dan tabungan untuk menjamin uang Anda digunakan dengan tepat.

Loading...

Sumber www.investopedia.com
Berlangganan Newsletter!
Berlangganan Newsletter!
Daftarkan email Anda disini dan dapatkan informasi terbaru dari kami langsung ke email Anda.
Anda dapat membatalkan langganan kapanpun.

Website ini menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman Anda. Klik "Terima" untuk menyetujui kebijakan ini. Terima Baca Detail