Partner Informasi Investasi, Bisnis dan Keuangan

5 Cara Mendapatkan Uang dari Internet Paling Mudah

0 124

Seiring orang terus berjuang dalam ekonomi yang stagnan, pikiran seringkali terus berpikir tentang bagaimana mendapatkan penghasilan tambahan. Salah satu jalur yang menyediakan adalah melalui internet. Berikut beberapa cara mendapatkan uang dari internet yang termudah dan bisa dilakukan oleh siapapun juga.

Tentu, Anda bisa bekerja lembur atau melakukan pekerjaan sampingan untuk meningkatkan penghasilan bulanan Anda. Namun, formula konvensional “time for money” hanya berlaku sampai sejauh ini, khususnya, jika Anda berpotensi kehilangan tidur nyenyak dan akhir pekan bersama keluarga yang begitu berharga.

Internet lebih dari sekadar sumber gosip berita dan hiburan. Saat ini, transaksi triliunan sedang dipertukarkan melalui banyak kegiatan online yang sah. Semakin banyak orang memulai bisnis mereka sendiri di internet dan menghasilkan uang ekstra secara online. Beberapa orang bahkan mengubah usaha online mereka menjadi bisnis internet penuh waktu.

Ada banyak strategi yang bisa dilakukan untuk menghasilkan uang secara online. Disini, setidaknya ada lima cara mendapatkan uang dari internet yang tidak memerlukan banyak waktu atau memotong rutinitas Anda. Pikirkan pilihan ini sebagai sumber pendapatan tambahan, bahkan jika Anda fokus bisa menjadi sumber utama penghasilan Anda.

Lima cara mendapatkan uang dari internet yang termudah dan paling direkomendasikan, yaitu:

1. Memulai Blog atau Website E-Commerce Anda

Cara pertama adalah salah satu cara yang paling populer; memulai blog / website e-commerce.

Pertimbangkan untuk dapat menghadirkan eksistensi diri Anda secara online dengan membangun website Anda sendiri. Gunakan untuk berbagi hobi, pemikiran, gagasan, dan gairah dengan orang lain dan gunakan website Anda tersebut untuk membuat hubungan nyata dengan orang lain.

cara mendapatkan uang dari internet dengan membuat website
Membangun website / blog merupakan salah satu cara mendapatkan uang dari internet yang menguntungkan untuk jangka panjang. Kredit Gambar: theblogstarter.com

Sebenarnya, membangun website / blog pribadi itu mudah untuk dilakukan jika sudah terbiasa. Tetapi, memang pada awalnya Anda perlu belajar tentang bagaimana membangun website / blog. Ada banyak sumber referensi online yang bisa memberikan wawasan tentang hal tersebut.

Setelah memiliki website / blog, Anda bisa memaksimalkna potensi untuk mendapatkan keuntungan dari pemasangan iklan secara online. Ini dapat dilakukan dengan bekerjasama dengan pihak ketiga sebagai contoh Google Adsense, affiliate marketing, atau membangun list berbasis pelanggan untuk menghasilkan arus pendapatan yang stabil. Ada banyak cara untuk menghasilkan uang dengan blog.

Ini adalah salah satu cara tercepat untuk mendapatkan bagian “properti virtual” Anda sendiri.

2. Affiliate Marketing (Pemasaran Afiliasi)

Jika Anda tak memiliki produk / layanan sendiri untuk dijual, tak perlu khawatir. Alternatif menjalankan affiliate marketing (pemasaran afiliasi) memberikan kesempatan bagi Anda untuk mendapatkan komisi yang tinggi dari kesuksesan menjual produk / layanan.

Penyedia jasa affiliate marketing secara online tersebut akan memberikan website afiliasi ataupun tautan pelacakan afiliasi sederhana serta dukungan pemasaran.

Lalu apa yang harus dilakukan oleh Anda? Mudah saja.

Promosikan perusahaan dengan tautan Anda melalui media sosial, mesin pencari, atau bisa jadi melalui website / blog yang sudah Anda bangun sebelumnya.

cara mendapatkan uang dari internet dari affiliate marketing
Affiliate marketing, banyak orang telah sukses membangun passive income dari affiliate marketing. Kredit Gambar: artamaya.web.id

Hal terbaik yang didapatkan dari pemasaran afiliasi adalah Anda tidak perlu menciptakan produk sendiri, tidak perlu memberikan dukungan pelanggan apa pun, dan tidak perlu membuat materi pemasaran sendiri. Sungguh terlihat mudah bukan?

Yang perlu dilakukan adalah memilih pasar yang menguntungkan (melalui serangkaian riset awal), mempromosikan produk sebagai afiliasi dan mendapatkan komisi kapan pun ketika berhasil terkonversi menjadi penjualan. Afiliasi pemasaran adalah salah satu cara tercepat dan termudah untuk menghasilkan uang secara online.

3. Membuat & Menerbitkan E-book

Apapun pekerjaan atau gaya hidup Anda saat ini, bisa jadi di dalam diri Anda ada “buku” yang hendak keluar. Menjadi seorang penulis ebook memberikan kesempatan bagi Anda untuk mendapatkan penghasilan. Ada banyak platform yang bisa digunakan untuk mendukung penerbitan buku digital ini.

Jika Anda dapat menulis konten / ebook berbahasa Inggris, misalnya, bisa mencoba platform Amazon Kindle Direct Publishing (PPK) Amazon. Dengan platform tersebut, ada ribuan orang yang berkesempatan untuk menjadi penulis yang tulisannya diterbitkan dan mendapatkan uang. Ini juga bisa menjadi cara untuk mendapatkan perhatian dari penerbit agar Anda lebih dikenal.

Anda tidak hanya bisa menjual e-book di platform seperti Amazon.com, tetapi juga bisa menjual ebook langsung dari website yang Anda bangun sebelumnya. Ini memungkinkan bagi Anda untuk menjual e-book dengan harga lebih tinggi dan mendapatkan semua keuntungannya.

cara mendapatkan uang dari internet dengan menerbitkan ebook
Membuat dan menerbitkan ebook merupakan cara mendapatkan uang dari internet yang potensial untuk jangka panjang. Kredit Gambar: www.hyperpublishing.com

Anda juga dapat mengemas ulang beberapa e-book menjadi paket “lebih besar” atau menggunakannya sebagai dasar untuk menjual kursus online dengan harga tiket yang lebih tinggi atau bahkan layanan pembinaan dan konsultasi.

Menerbitkan ebook adalah cara terbaik untuk menghasilkan pendapatan pasif, tumbuh menjadi proyek yang lebih besar, dan menetapkan otoritas diri Anda sebagai pakar di pasar khusus.

4. Survei Online

Survei online adalah salah satu cara mendapatkan uang dari internet yang paling mudah. Ada banyak perusahaan periset pasar / perusahaan dengan merek terkenal ingin memperoleh masukan / pendapat dari orang lain tentang layanan / produk tertentu.

Mereka akan menawarkan komisi / remunerasi yang lumayan sebagai imbal balik kepada orang yang bersedia meluangkan waktunya untuk ikut survei. Tergantung dari tingkat kompleksitas survei, penyedia survei, demografi dll, setiap survei dihargai beragam, bisa ribuan hingga ratusan ribu.

cara mendapatkan uang dari internet dari survei online
Survei online juga opsi untuk mendapatkan penghasilan yang lumayan jika ditekuni. Kredit Gambar: moneymagpie.com

Ada banyak perusahaan survei terkemuka yang dapat dipilih, namun mungkin batasi diri Anda 3-5 perusahaan survei di awal. (Baca Lebih Lanjut: Ingin penghasilan tambahan? Gabung di Survey Online ini!)

Tentunya, perlu kecermatan juga. Anda juga tak ingin terjebak di perusahaan penipu bukan? Karena bidang ini tersebar luas dengan peluang penipuan yang akan menghabiskan banyak waktu Anda dan hanya membayar sedikit uang.

5. Freelance Online

Anda memiliki keahlian tertentu yang spesifik? Seperti memiliki kemampuan menulis, mahir di bidang teknologi informasi / perangkat lunak, menjadi seorang freelancer berpotensi memberikan penghasilan sekunder yang sangat menguntungkan. Bahkan, bisa melampaui penghasilan utama Anda.

Ada banyak perusahaan yang saat ini menerapkan strategi pemasaran konten dan mencari sumber diluar perusahaan untuk mengerjakan tugas tertentu. Jika Anda memiliki skill tertentu dan sudah memiliki portofolio untuk itu, ada banyak pekerjaan yang menunggu Anda.

Bahkan, keterampilan sederhana seperti entri data bisa jadi sesuai dengan keinginan Anda dan berpeluang memberikan penawaran yang lumayan. Setidaknya, sediakan waktu 5-10 jam / minggu untuk mengerjakan entri data tersebut.

cara mendapatkan uang dari internet dengan freelancer
Punya keahlian khusus? Cobalah menjadi seorang freelancer! Kredit Gambar: paid-online-jobs.com

Pastinya yang dibutuhkan adalah komputer dan koneksi internet serta kemampuan untuk membangun relasi yang baik dengan klien. Kesempatan menjadi freelancer akan menjadikan pengalaman dan skill yang berharga sebagai bukti untuk meningkatkan karir / profesionalitas Anda saat ini.

Apabila Anda sudah menulis e-book untuk niche pasar tertentu, tak ada salahnya menawarkan layanan Anda sebagai seorang penulis kepada perusahaan yang membutuhkan bukan? Anda bisa tergabung ke perusahaan freelance seperti Fiverr, Freelancer, Sribulancer, dll.

Mulai Bisnis Online Anda Hari Ini!

Pikirkanlah, menghasilkan uang secara online sangat mudah begitu menetapkan pikiran Anda ke sasaran pendapatan tertentu. Apapun akitvitas yang dipilih, idealnya, pekerjaan tersebut menyenangkan, mengoptimalkan minat dan bakat, menghargai waktu, serta menawarkan kompensasi yang adil.

Dengan perkembangan internet yang pesat, peluang untuk mendapatkan penghasilan tambahan secara online dan penuh waktu juga akan bertumbuh. Perlahan, pekerjaan dari ekonomi yang berbasikan informasi akan terus meningkat dan pekerjaan-pekerjaan konvensional (full-time) akan menghilang.

Akan muncul wirausahawan-wirausahawan baru, jadwal pekerjaan yang lebih fleksibel, perubahan dalam keahlian, dan lain sebagainya. Anda bisa menciptakan peluang karir / bisnis Anda sendiri.

Referensi artikel dari 5 Simple Ways to Make Money Online.

Loading...
Sumber www.thebalance.com
Berlangganan Newsletter!
Berlangganan Newsletter!
Daftarkan email Anda disini dan dapatkan informasi terbaru dari kami langsung ke email Anda.
Anda dapat membatalkan langganan kapanpun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda terjaga kerahasiaannya.

satu × 4 =

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.