Partner Informasi Investasi, Bisnis dan Keuangan
Rp14.197
-0.14%
Rp15.691
-0.67%
Rp18.236
-1.85%
Rp131
+0.05%
Rp9.556
+0.05%
Rp3.786
-0.17%
Rp2.000
+0.08%
Rp10.347
-0.1%
Rp10.739
-0.24%
Rp14.250
-0.4%
Rp8.873
+0.02%

Empat Tips Investasi untuk Pemula, Apa Saja ya?

0 105

Investasi merupakan salah satu tipe berbisnis yang sangat diminati akhir ini. Dan ini berlaku di berbagai kalangan, termasuk anak muda atau pemula sekalipun. Apa saja tips investasi untuk pemula? Simak berikut ini.

Beberapa orang memanfaatkan berbagai macam tipe investasi seperti investasi dalam hal tanah, pendidikan, saham atau bahkan investasi dalam mata uang asing.

Tujuan dari setiap orang dalam berinvestasi beragam tergantung dari investor itu sendiri. Salah satu tujuan dari berinvestasi ialah sebagai bentuk dari tabungan yang bersifat jangka panjang untuk masa depan.

Namun, seiring berkembangnya zaman menunjukkan bahwa yang sudah mulai terlibat untuk menjadi seorang investor tidak terkecuali anak muda yang berusia 20-an.

Mereka memulai investasi dengan hal yang paling sederhana atau dengan kata lain yang tidak memerlukan modal yang besar.

Bagi kamu anak muda yang ingin memulai investasi, sebaiknya kamu simak empat tips investasi untuk pemula di bawah ini. Check this out!

1. Memiliki Tujuan dalam berinvestasi

Untuk seorang pemula, langkah pertama yang harus dilakukan adalah memikirkan secara matang tujuan investasi yang akan dilakukan.

Apakah tujuan tersebut bersifat tetap atau hanya sementara dengan kata lain tujuan investasi tersebut hanya karena mengikuti orang lain.

Tujuan dalam berinvestasi dapat menentukan pencapaian yang nanti akan didapatkan. Sehingga tujuan dari sebuah investasi harus disusun secara jelas dan terperinci.

2. Menghindari Sikap Terburu-Buru

Langkah kedua yang perlu dilakukan oleh seorang investor pemula adalah sabar dalam berinvestasi.

Hal tersebut dikarenakan investasi bukanlah sebuah bisnis yang dapat dilihat secara cepat hasil yang akan diperolehnya.

Namun, hasil dari sebuah investasi dapat kamu lihat dalam jangka waktu yang relatif lama. Maka, untuk seorang investor pemula sangat diharapkan dapat menikmati proses yang akan dilalui selama berinvestasi.

3. Memilih Produk Investasi Yang Jelas

Kejelasan dari sebuah produk investasi merupakan hal penting yang harus dipikirkan. Sebuah investasi berhubungan erat dengan saham.

Dalam berinvestasi kejelasan mengenai asal usul saham yang kamu miliki harus menjadi hal utama yang perlu kamu cari tahu.

Ketika memilih saham kamu harus dapat memilih saham yang memiliki fundamental yang jelas dan baik.

Selain itu, kamu harus dapat menghindari saham yang bersifat instan dan menawarkan keuntungan yang melimpah.

Empat tips investasi untuk pemula yang patut dipertimbangkan.
Empat tips investasi untuk pemula yang patut dipertimbangkan.

4. Jangan Memiliki Lebih Dari Satu Investasi

Berfokus terhadap satu jenis investasi untuk investor pemula merupakan sebuah langkah yang tepat. Hal tersebut bertujuan untuk mengurangi resiko dari sebuah kerugian.

Jika seorang investor pemula memiliki lebih dari satu jenis investasi sangat dikahawatirkan tujuan yang ingin dicapai tidak terwujud.

Apakah kamu punya tips investasi untuk pemula lainnya? Jika ya, berbagi dengan calon investor lainnya yuk.

Artikel ini ditulis oleh halomoney.co.id

Loading...