Partner Informasi Investasi, Bisnis dan Keuangan
Rp14.052
-0.62%
Rp15.474
+0.69%
Rp17.481
-0.09%
Rp130
-0.74%
Rp9.636
-0.33%
Rp3.745
-0.59%
Rp1.988
-0.77%
Rp10.217
-0.48%
Rp10.596
-0.86%
Rp14.137
-0.22%
Rp8.931
-0.3%

Aplikasi Chart Saham Terpopuler dan Terbaik

0 5.608

Bagi para trader saham, pemilihan aplikasi trading saham / charting tools merupakan faktor penting dalam kesuksesan bermain saham. Charting tools berperan sebagai pemandu dalam menjual dan membeli saham lebih baik lagi. Apa saja aplikasi chart saham yang direkomendasikan oleh investor / trader saham? Berikut beberapa diantaranya.

Beragam aplikasi untuk memantau pergerakan harga saham berbasiskan mobile, khususnya Android, saat ini memang bertebaran. Pergerakan harga saham dapat dipantau setiap detiknya dengan kecanggihan teknologi mobile melalui aplikasi tersebut.

Memang, bagi trader saham tidak ada keharusan untuk menggunakan aplikasi chart saham dalam bermain saham. Trader saham bisa menggunakan analisis fundamental dalam jual beli saham. Akan tetapi, bagi trader yang memiliki strategi analisis teknikal, charting tools sangat krusial perannya.

Aplikasi chart saham dapat mempermudah bagi trader dalam memperdalam analisis teknikal dengan menampilkan grafik pergerakan harga saham dibantu indikator-indikator teknikal.

Jika Googling mencari aplikasi chart saham, maka Anda bisa menemukan banyak sekali aplikasi / charting tools tersebut. Ada kesamaan benefit dari masing-masing tools bagi para trader.

Setidaknya berikut manfaat aplikasi chart saham bagi investor / trader saham:

  • Membantu dalam membuat sistem dan perencanaan trading saham, yaitu sinyal beli dan jual sehingga bermain saham lebih terarah
  • Dapat meningkatkan probabilitas profit atau menambah win rate untuk perdagangan saham
  • Dapat membantu pengambilan keputusan perdagangan saham dan penerapan strategi trading
  • Membantu perencanaan ofensif / defensif di saham yang berbeda
  • Mendukung riset untuk pola-pola saham yang tepat
  • dan masih banyak lagi benefit lainnya…

Berikut ini beberapa aplikasi chart saham yang terpopuler di kalangan para trader saham dan dapat dikatakan terbaik.

#1 Aplikasi IDX Mobile

Aplikasi ini dapat menyediakan informasi seputar saham secara real time, seperti running trade, stock watch, booking order, sampai stock quotes. Untuk dapat menggunakan aplikasi ini, pengguna harus mendaftar terlebih dahulu via email. Jika sudah terdaftar maka bisa langsung digunakan.

Pengguna disuguhi dengan banyak menu yang memiliki fungsi untuk mempermudah penggunanya. Menu tersebut diantaranya berita saham, stock, index, portofolio, trading virtual, pesan, pengaturan, pemberitahuan, dan menu keluar.

Apa yang menarik dari aplikasi chart saham IDX Mobile yang berbasiskan Android ini? Anda dapat memantau indeks harga saham yang memuat pergerakan secara real time. Data pergerakan tersebut terkoneksi langsung dengan server Bursa Efek Indonesia (BEI).

#2 Aplikasi Info Saham Bursa Efek

Jika menggunakan aplikasi Info Saham Bursa Efek, Anda dapat dengan mudah memperoleh informasi tentang pergerakan harga saham terupdate sesuai kebutuhan. Dengan menggunakannya, Anda dapat terkoneksi secara otomatis dengan Bursa Efek Indonesia (BEI), dan tidak diharuskan untuk melakukan pendaftaran.

Anda cukup memasang aplikasi ini di smartphone dan kemudian menjalankannya. Terdapat menu utama di aplikasi ini yaitu news, regional, dan global. Untuk news, berisi kumpulan berita terbaru tentang saham dan relevansinya.

Saat memilih menu regional, terdapat submenu tentang indeks saham regional dan pergerakan saham paling populer / aktif. Untuk menu global, disajikan pergerakan indeks harga saham secara global dalam bentuk tabel.

Data yang tersaji di aplikasi ini dikumpulkan dari berbagai referensi / sumber sehingga kontennya bersifat dinamis dan selalu up-to-date. Anda tidak perlu khawatir akan ketinggalan informasi berharga mengenai bursa saham dan yang terkait dengannya.

#3 Aplikasi Poems

Aplikasi chart saham populer dan terbaik lainnya bernama Poems. Aplikasi ini menggunakan sistem online trading sehingga menjadi populer di kalangan investor dan trader saham dalam memantau pergerakan harga saham real time.

Untuk menggunakan aplikasi ini, tidak sembarang orang yang bisa. Anda diharuskan untuk menjadi nasabah Poems terlebih dahulu. Dengan didukung beragam fitur yang selalu update dengan teknologi terbaru, maka investasi untuk dapat menggunakan aplikasi ini sungguh direkomendasikan.

4. Aplikasi MetaTrader 4

Sedikit berbeda dengan aplikasi chart saham sebelumnya, aplikasi MetaTrader 4 dapat mendukung pemantauan pergerakan kurs untuk setiap detik. Aplikasi ini dapat menampilkan grafik pergerakan kurs real time.

Tidak hanya stock, aplikasi ini memang memiliki benefit utama lainnya yaitu mendukung forex trading yang selalu update dengan jual beli mata uang per detiknya. Desain aplikasi ini sangat menarik dan user-friendly serta powerful karena terkoneksi dengan ribuan server broker / pialang yang menggunakan platform MetaTrader 4.

Itulah beberapa aplikasi yang bisa dipilih dalam membantu Anda melakukan trading saham. Selain aplikasi, ada banyak software trading saham yang digunakan di komputer dalam membantu perdagangan saham.

Beberapa software trading saham yang populer di kalangan investor / trader saham di Indonesia seperti Chartnexus, Amibroker, dan MetaStock. Setiap software perdagangan saham tersebut memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing. Bahkan, ada beberapa software trading saham yang menawarkan perdagangan secara otomatis. (Baca lebih lanjut: Kelebihan dan Kekurangan Sistem Trading Otomatis)

Apapun aplikasi chart saham yang akan Anda gunakan, itu hanya tools yang membantu Anda menentukan keputusan. Pembuat keputusan kembali pada trader / investor saham itu sendiri. Maka, seorang trader / investor juga butuh pembekalan pengetahuan tentang perdagangan saham secara komprehensif.

Kesuksesan dalam perdagangan saham didukung juga oleh banyak faktor seperti faktor wawasan, psikologis, pengalaman, jam terbang trader saham itu sendiri. Tak kalah pentingnya, riset dan saling sharing diantara komunitas trader saham dapat membantu meningkatkan kemampuan Anda dalam melakukan perdagangan saham.

Loading...
Berlangganan Newsletter!
Berlangganan Newsletter!
Daftarkan email Anda disini dan dapatkan informasi terbaru dari kami langsung ke email Anda.
Anda dapat membatalkan langganan kapanpun.