Tips Investasi Untuk Karyawan agar Tidak Hanya Mengandalkan Gaji

0 570

Anda seorang karyawan yang selama ini hanya mengandalkan pemasukan dari gaji saja? Ingin hidup Anda berubah menjadi lebih baik secara finansial? Ada beberapa tips investasi untuk karyawan yang bisa Anda terapkan mulai saat ini!

Sebenarnya, menjadi seorang karyawan / pekerja merupakan salah satu keuntungan tersendiri. Karena Anda mendapatkan penghasilan tetap setiap bulannya.

Penghasilan ini akan bisa memberikan kesempatan bagi Anda untuk bisa belajar banyak tentang perencanaan keuangan, investasi, dan masih banyak lagi lainnya.

Jika selama ini penghasilan tetap dari gaji yang didapatkan tak bisa mengubah hidup Anda secara finansial, berarti ada yang salah dalam mengatur keuangan. Disarankan bagi Anda untuk mulai menata pengelolaan finansial pribadi tersebut.

Tetapi, jika Anda selama ini sudah memiliki uang simpanan / tabungan dengan jumlah yang lumayan, berarti ada satu langkah maju terhadap pengelolaan keuangan Anda.

Jika Anda sudah memiliki simpanan atau tabungan yang cukup lumayan, maka tak ada salahnya untuk mulai memikirkan investasi agar mendapatkan nilai lebih daripada sekedar menabung.

Berinvestasi akan jauh lebih baik dibandingkan dibiarkan mengendap begitu saja dari tabungan dan tak memberikan pemasukan tambahan.

Dengan hanya mengandalkan gaji dan tabungan, maka tak ada pemasukan tambahan yang bisa diandalkan nantinya di masa depan. Bahkan, bisa jadi uang yang Anda miliki saat ini akan terus tergerus inflasi dari tahun ke tahun ataupun habis dibelanjakan.

Sebelum Anda memutuskan untuk mulai berinvestasi dan memilih produk-produk investasi yang cocok, ada baiknya memahami beberapa tips investasi untuk karyawan agar keputusan yang Anda buat bermanfaat dan menguntungkan.

Berikut ini, ada tips investasi untuk karyawan dari hal-hal yang paling mendasar:

  1. Pahami dengan baik dahulu cara pengelolaan keuangan pribadi sebelum memutuskan untuk mulai berinvestasi. Ini merupakan pondasi awal, agar investasi yang dilakukan benar-benar tepat untuk Anda.
  2. Siapkan mental Anda, bahwa berinvestasi itu memiliki risiko yang biasanya sepadan dengan return yang akan didapatkan.
  3. Jika gaji merupakan sumber utama dari pendanaan investasi Anda, maka perlu pertimbangkan bahwa dana tersebut benar-benar dana bebas (sudah dipisahkan dari dana utama). Bukan dana utama yang diperuntukkan untuk keperluan sehari-hari.
  4. Persiapkan dari awal apakah investasi ini untuk jangka pendek, menengah atau jangka panjang. Karena akan terkait dengan opsi produk investasi yang akan dipilih nantinya.
  5. Carilah mentor perencanaan keuangan yang memang kredibel untuk mendampingi Anda dalam merencanakan investasi

Itu setidaknya 5 poin tips investasi untuk karyawan yang perlu dipahami terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk berinvestasi.

Yang terpenting sebenarnya adalah Anda memahami dengan baik faktor risiko dan keamanan investasi yang nantinya dilakukan. Ini perlu dicermati dengan baik agar tak menyesal di kemudian hari.

Jika sudah memahami dengan baik tips investasi untuk karyawan di atas, maka saatnya memilih beberapa produk investasi yang mungkin salah satunya cocok bagi Anda.

1. Investasi emas atau logam mulia

Ini salah satu bentuk investasi yang tetap menjadi primadona sampai kapanpun. Berinvestasi emas bisa digolongkan sebagai investasi dengan risiko rendah dan aman.

Berinvestasi emas akan jauh lebih menguntungkan jika direncanakan untuk jangka menengah dan panjang. Ini bisa menjadi pilihan uama bagi Anda karena harganya cenderung stabil dan nilainya mengalami kenaikan signifikan tiap tahunnya.

Anda bisa mulai menyisihkan sebagian dari gaji Anda untuk berinvestasi emas, baik yang melalui Pegadaian, membeli emas perhiasan, atau membeli emas batangan Antam. Setiap pilihan investasi emas ada plus minusnya sendiri.

Pembelian tak harus dimulai dengan nominal besar. Anda bisa mulai menyisihkan gaji dan membeli emas dari unit yang terkecil dahulu, misalkan 1 gram. Yang penting rutin setiap bulan. Ini dilakukan agar nilai investasi terus membesar dan alokasi dana maksimal.

Untuk informasi lebih lanjut tentang investasi emas, cek disini.

2. Berinvestasi di Properti

Tips investasi untuk karyawan selanjutnya adalah memilih properti sebagai bentuk investasinya. Apakah karyawan bisa berinvestasi di properti? BISA.

Pilihlah investasi properti dari skala kecil terlebih dahulu, misalkan dengan membeli counter dan disewakan. Atau investasi rumah kontrakan / kos layak dipertimbangkan. Jika ingin skala investasi lebih besar, bisa memilih apartemen, ruko, dan lain sebagainya.

Berinvestasi di properti salah satu yang menguntungkan untuk jangka pendek, menengah, dan panjang. Harga properti akan selalu naik setiap tahunnya.

Jika Anda tak memiliki banyak waktu karena kesibukan di kantor, maka properti bisa jadi alternatif yang bagus. Terlebih jika disewakan, maka akan mendapatkan penghasilan tambahan diluar gaji utama.

Yang terpenting dari properti ini adalah lokasi yang strategis sehingga berpotensi menguntungkan. Kalaupun tidak mendapatkan lokasi di pusat kota, bisa mempertimbangkan di pinggiran kota karena di masa depan akan tetap menguntungkan.

Untuk informasi tambahan tentang berinvestasi properti, cek disini.

3. Berinvestasi di Reksadana

Ada opsi menarik lainnya bagi karyawan dalam berinvestasi, salah satunya adalah reksadana. Bagi karyawan yang tak banyak memiliki waktu, reksadana merupakan pilihan yang tepat.

Produk reksadana akan dikelola oleh manajer investasi, oleh karena itu pertimbangkan untuk memilih partner yang tepat dan bisa dipercaya. Ini agar investasi yang dilakukan bisa aman dan menguntungkan.

Memulai berinvestasi di produk reksadana pun terbilang sangat mudah dan tak membutuhkan modal yang besar. Anda bisa menyisihkan sebagian gaji untuk memulainya.

Informasi lebih lengkap tentang reksadana, bisa dicek disini.

beberapa tips investasi untuk karyawan
Tips investasi untuk karyawan agar sukses

4. Berinvestasi di Usaha / Bisnis Orang Lain

Tips investasi untuk karyawan lainnya yang juga bisa menjadi opsi adalah berinvestasi di bisnis / usaha yang dikelola orang lain.

Anda bisa memilih bisnis waralaba / franchise yang telah terbukti secara sistem dan produknya menguntungkan. Dalam memilih bisnis waralaba pun, telah tersedia paket-paket yang bisa disesuaikan dengan besaran modal Anda.

Bisnis yang proven akan menghasilkan keuntungan stabil bagi Anda. Anda tak perlu memulainya dari nol dan mengkorbankan profesi Anda saat ini.

5. Investasi Saham

Karyawan juga tak ada salahnya untuk memilih berinvestasi di bursa saham. Memulainya pun sekarang tidak membutuhkan modal yang besar.

Untuk memulai berinvestasi di saham, pelajari terlebih dahulu disini.

Itulah tips investasi untuk karyawan yang bisa dimulai dari sekarang. Jadi, pemasukan tak hanya dari gaji saja bukan?

Loading...