Partner Informasi Investasi, Bisnis dan Keuangan
Bitcoin (BTC)
Rp68.798.827
-12.93%
Ethereum (ETH)
Rp2.204.678
0%
Litecoin (LTC)
Rp538.921
DigitalCash (DASH)
Rp1.607.712
Monero (XMR)
Rp1.080.428
Nxt (NXT)
Rp576
Ethereum Classic (ETC)
Rp90.874
Dogecoin (DOGE)
Rp36
ZCash (ZEC)
Rp1.466.193
Bitshares (BTS)
Rp884
DigiByte (DGB)
Rp195
Ripple (XRP)
Rp7.052
0%
BitcoinDark (BTCD)
Rp180.457
PeerCoin (PPC)
Rp13.218
CraigsCoin (CRAIG)
Rp14

Rumus Present Value dan Perhitungannya

0 26.356

Present value adalah suatu metode untuk menentukan nilai uang saat ini didasarkan pada hasil di masa mendatang (future yield); present value disebut juga discounting. Bagaimana rumus present value dan cara perhitungannya?

Konsep present value mengasumsikan uang yang diterima atau dibayarkan di masa depan nilainya tidak sebanyak nilai uang saat ini.

Menginvestasikan sejumlah uang pasti mengimplikasikan biaya dari kesempatan yang hilang (opportunity cost). Karena itu, jika terdapat sejumlah uang yang memiliki future value (FVn) tertentu, berapa nilainya saat ini atau berapakah present value (PV) dari uang tersebut?

Bagaimana Menghitungnya dengan Rumus Present Value?

Kalkulator finansial yang ditawarkan oleh berbagai produsen dapat menghitung present value. Selain itu, rumus present value sudah secara integral menjadi salah satu fungsi yang disediakan program spreadsheet seperti Microsoft Excel.

1. Rumus Umum. Rumus present value secara umum adalah:

rumus present value

= FV . PFVIF (i,n)

dengan:

  • r = tingkat bunga per periode waktu
  • n = jumlah tahun
  • PV = jumlah pokok pada waktu sekarang (present time)
  • FV = future (compound) value pada akhir tahun ke-n
  • PFIV = present value interest factor

2. Present value interest factor (PVIF). PFIV yang disajikan dalam tabel, menyederhanakan penghitungan present value, karena tidak perlu lagi menghitung reciprocal (kebalikan pembagian) dari future (compound) value interest factor, atau 1/(1+i)n.

Tabel PVIF akan digunakan dalam contoh-contoh berikut ini. Rumus untuk menggunakan PVIF adalah:

PV = FVn x PVIF(i,n)

dengan PVIF = present value interest factor untuk $1 pada tingkat bunga i untuk n tahun.

Contoh 1. Seseorang memiliki peluang untuk menerima $30.000, empat tahun dari sekarang. Tingkat bunga yang berlaku adalah 12%. Jumlah paling banyak yang boleh dibayar untuk investasi ini adalah:

PV = FVn x PVIF(i,n)
= $30.000 x PVIF (12,4)
= $30.000 x 0,6355
= $19.065

Contoh 2. Seseorang meminjam $10.000 dan akan menggantinya sebesar $15.387 dalam 5 tahun. Orang itu ingin mengetahui tingkat bunga yang dibebankan sebelum memutuskan untuk menerima uang tersebut.

PV = FVn x PVIF(i,n)

$10.000 = $15.387 x PVIF(i,5)

$10.000/$15.387 = PVIF(i,5)

0,6499 = PVIF(i,5)

Dengan membaca sepanjang baris 5 tahun, dalam tabel present value interest factor untuk $1, ditemukan 0,6499 dalam kolom 9%. Maka, tingkat bunga efektif (effective interest rate) dari pinjaman tersebut adalah 9% per tahun, yang dimajemukkan (compounded) setiap tahun.

Bagaimana Menggunakan Rumus Present Value dan Menerapkannya?

Penentuan present value dari uang adalah penting dalam menganalisis pilihan dari suatu investasi di masa mendatang.

Present value juga digunakan dalam proses discounting untuk menentukan tingkat bunga aktual yang dibebankan atas pinjaman atau pengaturan pembiayaan (financing arrangement) lainnya.

Jumlah periode yang ada dalam suatu situasi pembiayaan juga dapat dihitung.

Siapa yang menggunakan rumus present value dan kapan digunakan?

Manajer dan Analis Keuangan. Analisis present value digunakan untuk menilai daya tarik keuangan dari suatu investasi.

Teknik yang penting ini digunakan dalam membuat keputusan pembuatan anggaran modal (capital budgeting decision) untuk memilih alternatif peluang investasi jangka panjang yang optimum.

Analisis present value akan membantu mengidentifikasi kemana uang harus ditempatkan, apakah menyewa (leasing) atau membeli merupakan pilihan terbaik. Apakah bisnis sebaiknya dijual atau dipertahankan, meluncurkan produk baru, atau mengganti peralatan baru.

Analisis nilai waktu dari uang (time-value-of-money analysis) membandingkan berbagai proposal dengan basis yang sama yaitu mengubah semua nilai uang ke dalam nilainya pada present value (tahun 0), sehingga proposal yang memberikan present value tertinggi bisa diketahui.

Perorangan. Tabel present value digunakan untuk membuat keputusan pembiayaan bila terdapat beberapa pilihan seperti pekerjaan mana yang akan diterima atau apakah akan melanjutkan ke jenjang pendidikan pascasarjana.

Loading...

Berlangganan Newsletter!
Berlangganan Newsletter!
Daftarkan email Anda disini dan dapatkan informasi terbaru dari kami langsung ke email Anda.
Anda dapat membatalkan langganan kapanpun.

Website ini menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman Anda. Klik "Terima" untuk menyetujui kebijakan ini. Terima Baca Detail