Partner Informasi Investasi, Bisnis dan Keuangan
Rp14.149
-0.13%
Rp15.784
-0.04%
Rp18.384
-0.19%
Rp130
-0%
Rp9.728
-0.43%
Rp3.772
-0.13%
Rp2.000
-0.24%
Rp10.400
-0.39%
Rp10.794
-0.28%
Rp14.362
+0.03%
Rp9.067
-0.49%

Growth Rate (Tingkat Pertumbuhan) Suatu Investasi

0 4.985

Berinvestasi perlu mempertimbangkan beberapa aspek, termasuk salah satunya adalah tentang tingkat pertumbuhan (growth rate) suatu produk investasi. Bagaimana penjelasan lebih detail tentang ini?

Growth rate atau disebut juga tingkat pertumbuhan adalah persentase perubahan dalam pendapatan per lembar saham (earning per share, EPS), dividen per lembar saham, penjualan, harga pasar saham, atau aset total. Ini dibandingkan dengan jumlahnya pada tahun dasar (base-year).

Tingkat pertumbuhan juga merupakan tingkat pengembalian tahunan majemuk (compound annual rate) yang meningkatkan nilai sebuah sekuritas.

Dalam ekonomi, tingkat pertumbuhan adalah tingkat pertumbuhan tahunan dalam produk nasional bruto (gross national product, GNP) dari sebuah perekonomian. Ini dinyatakan sebagai persentase dari tahun sebelumnya.

Tingkat pertumbuhan umumnya menunjukkan apakah sebuah perekonomian dalam keadaan berlimpah ruah (properity), resesi atau stabil.

Bagaimana menghitung growth rate (tingkat pertumbuhan) ini?

Tingkat pertumbuhan tahunan majemuk (compound annual rate of growth) dapat dihitung sebagai berikut:

Fn = P x FVIF (i,n)

dengan:

Fn = nilai berjangka (future value) pada periode n
P = jumlah uang saat ini atau nilai pada tahun dasar (base-period value)
FVIF(i,n) = faktor future value pada suatu tingkat bunga tertentu dan jumlah periode waktu tertentu.

FVIF(i,n) = Fn : P

Contoh. Asumsikan bahwa suatu perusahaan memiliki pendapatan per lembar saham sebesar $2,50 di tahun 19X1 dan 10 tahun kemudian, pendapatan per lembar sahamnya meningkat menjadi $3,70.

Tingkat pertumbuhan tahunan majemuk dalam pendapatan per lembar sahamnya dihitung sebagai berikut.

F10 = $3,70 dan P = $2,50
Maka,
FVIF(i,10) = $3,70 : $2,50 = 1,48

Bagaimana menerapkan dan menggunakan growth rate (tingkat pertumbuhan) ini?

Tingkat pertumbuhan digunakan untuk berbagai keperluan. Penerapannya meliputi beberapa aspek dalam investasi berikut:

  • Tingkat pertumbuhan dalam pendapatan atau dividen yang dibutuhkan untuk model pertumbuhan dividen Gordon (Gordon’s dividend growth model)
    P0 = D1 : (r-g)
    dengan:
    P0 = harga sekarang dari suatu sekuritas
    D1 = dividen yang diharapkan pada akhir tahun pertama
    r = tingkat hasil yang diinginkan investor
  • Danareksa (mutual fund), yang sering diberikan peringkat berdasarkan pengembalian tahunan majemuk (compound annual return) dalam 5 atau 10 tahun.
  • Tingkat pertumbuhan dalam GNP digunakan untuk menunjukkan apakah perekonomian dalam kondisi resesi atau telah mencapai kemakmuran.

Dapatkan komputer membantu perhitungan ini?

Program Microsoft Excel memiliki modul untuk melakukan perhitungan pertumbuhan ini. Lebih jauh, terdapat banyak kalkulator keuangan yang rumusnya telah diprogram sebelumnya dan dapat menghitung nilai sekarang (present value) dan nilai berjangka (future value).

Siapa yang menggunakan growth rate dan kapan digunakan?

Investor dan Analis Sekuritas. Investor dan analis perlu mengetahui tingkat pertumbuhan dalam pendapatan dan dividen untuk menentukan nilai teoritis dari suatu saham.

Manajer Investasi (Fund Manager). Manajer investasi seringkali menggunakan tingkat pertumbuhan (growth rate), karena kinerja mereka seringkali dinilai dalam tingkat pertumbuhan 5 hingga 10 tahun.

Ahli ekonomi dan Pembuat Perkiraan Bisnis. Sangat penting bagi pembuat perkiraan (forecaster) penjualan untuk tetap mengikuti perkembangan terakhir keadaan perekonomian suatu negara.

Oleh karena itu, pakar ekonomi dan pengamat ekonomi menggunakan perhitungan growth rate dalam kebanyakan analisis mereka.

Loading...