Partner Informasi Investasi, Bisnis dan Keuangan

Rumus Future Value dan Perhitungannya

0 3.426

Dalam berinvestasi, kita perlu mempertimbangkan apa yang disebut sebagai future value. Apa sebenarnya future value (juga disebut sebagai compounding)? Dan bagaimana rumus future value tersebut?

Future value adalah nilai dari suatu investasi pada suatu waktu di masa mendatang berdasarkan pada suatu tingkat bunga yang dibayarkan pada interval waktu yang telah disebutkan.

Setelah sebelumnya dibahas tentang present value, kini kita mencoba memahami tentang rumus future value dan pengertiannya dalam arti yang lebih luas.

Future value memasukkan tidak saja tingkat bunga yang diperoleh, tetapi juga efek compounding (pemajemukan, bunga berbunga) dari bunga yang diperoleh sebelumnya.

Bunga dapat dimajemukkan pada interval yang berbeda, misalnya secara harian. Semakin sering dilakukan compounding, semakin tinggi nilai berjangkanya.

Bagaimana Menghitung Rumus Future Value?

Kalkulator keuangan yang telah dipasarkan oleh beberapa perusahaan memiliki fungsi “future (compound) value”. Future value juga dimasukkan sebagai suatu fungsi dalam program Microsoft Excel.

1. Rumus future value untuk satu tahun adalah:

FV1 = P (1+i)

i = tingkat bunga, per periode waktu
P = jumlah pokok pada waktu 0 atau nilai sekarang
FV1 = future (compound) value pada akhir tahun 1

2. Future value pada akhir tahun n untuk jumlah berapa pun yang dimajemukkan (compounded) pada tingkat bunga i adalah:

FVn = P (1+i)^n

dimana n = jumlah tahun

3. Future value interest factor (FVIF) menyederhanakan perhitungan future value untuk beberapa tahun dengan memberikan suatu tabel future value. Ini dengan FVIF untuk $1 pada tingkat bunga i selama n tahun. Rumus perhitungan ini adalah:

FVn = P x FVIF (i,n)

dengan FVIF = Future value interest factor

Contoh. Florence menabung sebesar $1.000 dengan bunga majemuk sebesar 8% per tahun. Pada akhir tahun ke-1, uang Florence akan berjumlah sebagai berikut:

{FV}_{1} = P (1+i)

= $1.000 (1+0,08)
= $1.080

Di akhir tahun ke-5, tabungan Florence yang awalnya $1.000 akan menjadi:

{FV}_{1}P (1+i)^n

= $1.000 (1 + 0,08)^5

= $1.469,32

Cara lain untuk menghitungnya yaitu dengan menggunakan compound value interest factor. Dengan menggunakan FVIF pada tingkat bunga 8% untuk 5 tahun:

{FV}_{n} = P x FVIF (i,n)

= $1.000(1,469)
= $1.469

Bagaimana Menggunakan Rumus Future Value dan Menerapkannya?

Perhitungan future value secara luas digunakan untuk menentukan berapa nilai sejumlah uang yang diinvestasikan pada tingkat bunga i pada tahun ke n.

Perhitungan future value juga dapat digunakan untuk menentukan tingkat pertumbuhan, berapa tahun yang diperlukan untuk mencapai tujuan keuangan tertentu. Dan berapa tingkat bunga yang dibebankan pada suatu pinjaman.

Siapa yang menggunakan rumus future value dan kapan digunakan?

Manajer dan Analis Keuangan. Perhitungan future value digunakan untuk membantu memutuskan kemana uang akan diinvestasikan.

Perhitungan ini digunakan setiap kali keputusan investasi jangka panjang diambil, apakah investasi dalam obligasi pemerintah (goverment bond), tabungan atau instrumen keuangan lain yang menghasilkan bunga.

Perorangan. Rumus future value digunakan ketika memutuskan sarana investasi yang optimal, misalnya bank dibandingkan dengan reksadana atau membeli saham atau membeli obligasi.

Perhitungan future value juga sangat penting ketika menentukan berapa jumlah yang akan diakumulasikan dari dana pensiun dalam suatu periode waktu tertentu pada tingkat bunga tertentu dan pada interval compounding tertentu.

Loading...

Berlangganan Newsletter!
Berlangganan Newsletter!
Daftarkan email Anda disini dan dapatkan informasi terbaru dari kami langsung ke email Anda.
Anda dapat membatalkan langganan kapanpun.

Website ini menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman Anda. Klik "Terima" untuk menyetujui kebijakan ini. Terima Baca Detail