Partner Informasi Investasi, Bisnis dan Keuangan
Bitcoin (BTC)
Rp95.947.618
-0.21%
Ethereum (ETH)
Rp3.414.789
-2.74%
Litecoin (LTC)
Rp846.026
-3.88%
DigitalCash (DASH)
Rp2.858.040
-2.77%
Monero (XMR)
Rp1.709.807
-2.48%
Nxt (NXT)
Rp1.036
-1.81%
Ethereum Classic (ETC)
Rp159.595
+0.68%
Dogecoin (DOGE)
Rp84
-1.87%
ZCash (ZEC)
Rp1.837.174
-1.89%
Bitshares (BTS)
Rp1.707
-4.48%
DigiByte (DGB)
Rp364
-7.02%
Ripple (XRP)
Rp7.729
0%
BitcoinDark (BTCD)
Rp290.436
-2.85%
PeerCoin (PPC)
Rp16.307
+3.76%
CraigsCoin (CRAIG)
Rp18
+0.38%

4 Langkah Mencapai Kebebasan Finansial di Usia Muda

0 50

Bebas finansial memiliki perbedaan arti bagi setiap orang. Jika Anda bertanya tentang apa itu kebebasan finansial kepada 100 orang, maka Anda bisa mendapatkan 100 jawaban yang berbeda. Setiap orang memiliki strategi tersendiri untuk mencapai financial freedom, termasuk di usia muda. Langkah apa yang direkomendasikan untuk dapat mencapai kebebasan finansial di usia muda?

Terlepas apa definisi bebas secara finansial yang Anda inginkan, hal tersebut dapat dicapai oleh siapa pun, bahkan sejak usia muda. Banyak sosok yang dapat dijadikan contoh yang dapat meraih kebebasan finansial di usia muda, sebut saja Mark Zuckerberg pendiri Facebook.

Bagaimana sosok-sosok tersebut dapat meraih kebebasan finansial di usia muda? Tentunya, mereka memiliki perencanaan yang mencakup penetapan sasaran dan pengembangan strategi dalam mencapai tujuan tersebut.

Berikut ini 4 langkah yang dapat diikuti dalam membantu Anda mencapai kebebasan finansial di usia muda.

1. Menentukan Makna Kebebasan Finansial Bagi Diri Anda

Mandiri atau bebas secara finansial akan tampak berbeda bagi setiap orang. Hal ini mengingat kondisi keuangan dari setiap orang juga berbeda. Sebelum Anda ingin mencapai kebebasan finansial tersebut, tentukan apa makna bebas finansial bagi Anda sendiri.

Anda dapat melakukannya dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan kepada diri sendiri dalam rangka menentukan apa saja yang ingin dicapai.

Sebagai contoh, apakah bebas finansial berarti Anda tidak perlu bekerja untuk menyambung hidup? Apakah itu berarti Anda tidak perlu bekerja sama sekali? Apakah bebas finansial berarti terbebas dari utang? Atau, ingin mencapai masa pensiun di usia tertentu? Apa minat, tujuan, dan nilai Anda?

Ajukan pertanyaan-pertanyaan tersebut sejak dini pada diri Anda. Dasar pemikirannya adalah tidak harus spesifik ketika membeli barang tertentu pada tanggal tertentu. Akan tetapi, Anda harus tahu apa yang dapat memotivasi diri Anda sendiri.

Misalkan, ada sebagian orang yang ingin mencapai tujuan kebebasan finansial di usia muda dengan konsep: FIRE (financial independence, retire early). Orang-orang ini ingin mencapai kemandirian finansial dan pensiun dini. Bagi pengusung FIRE, ada definisi matematis untuk mencapai bebas finansial, yaitu kekayaan bersih mencapai 25 kali lipat dari pengeluaran tahunan. Jika Anda mencapai angka tersebut, maka Anda sudah terbebas / mandiri secara finansial.

Bagi orang lain, mungkin hal tersebut tampak seperti tidak masuk akal, tidak dapat dicapai. Maka, tentukan titik tujuan mandiri finansial bagi diri Anda sendiri. Anda perlu membangun dan bekerja dalam mencapai kebebasan finansial versi Anda.

2. Menciptakan Strategi dalam Mencapai Tujuan Finansial Anda

Jika Anda sudah memiliki dan memahami definisi kebebasan finansial pribadi Anda, sekarang saatnya untuk menyusun strategi dalam mencapai kebebasan finansial tersebut. Apapun makna mandiri finansial versi Anda, yang pasti dibutuhkan disiplin untuk itu.

Dalam membuat strategi, arus kas keuangan adalah hal penting. Bersikap sadar tentang bagaimana Anda membelanjakan uang dan jujur pada diri sendiri sehingga Anda dapat menghemat pengeluaran. Konsep ini yang dikenal sebagai arus kas positif.

Setelah mencapai arus kas positif, Anda dapat menabung uang tambahan dan mulai menyusun strategi tentang bagaimana mengalokasikannya untuk menuju bebas finansial di usia muda versi Anda.

Kebiasaan menabung sejak muda harus sudah berakar dengan disiplin dan realistis sehingga dapat mendanai sendiri tujuan dan kewajiban-kewajiban Anda.

3. Menetapkan Ekspektasi yang Wajar

Langkah berikutnya dalam mencapai bebas finansial di usia muda adalah menetapkan ekspektasi gaya hidup yang wajar. Tentunya, Anda ingin tabungan tumbuh lebih cepat dari pengeluaran, bukan? Maka, jalani gaya hidup dengan sewajarnya.

Konsep ini, sekali lagi, pasti berbeda pada setiap orang dan keluarga. Bagi beberapa orang, hidup wajar mungkin mengurangi makan di restoran, menggunakan transportasi publik, dll. Sementara itu, bagi orang lain hidup wajar bisa jadi menukar mobil mahal dengan lebih murah atau memilih rumah sederhana.

Jika visi mandiri finansial tidak berfungsi, Anda harus tetap berada di jalur tepat dengan alasan bahwa ingin memastikan dapat memenuhi semua kewajiban keuangan dan menggunakan kombinasi tabungan serta investasi.

4. Mengelola Emosi dengan Baik

Masa muda, masa yang berapi-api. Itu wajar. Tetapi, penting untuk memperhitungkan emosi Anda jika ingin mencapai kebebasan finansial. Emosi dapat membantu atau sebaliknya menghambat Anda dalam mencapai tujuan finansial.

Contohnya, apabila Anda ingin kebebasan finansial hanya karena benci pekerjaan saat ini, maka Anda tidak dapat mencapai tujuan finansial jangka panjang. Anda perlu bekerja untuk mencapai tujuan tertentu dan mengetahui apa yang ingin dilakukan dengan waktu saat pensiun. Jangan biarkan emosi mengendalikan keinginan Anda dalam mencapai kebebasan finansial.

Tentukan mengapa hasilnya begitu penting bagi Anda. Hal ini mengharuskan seseorang untuk merenung ke dalam dirinya dan memanfaat emosi untuk terus memotivasi diri sendiri.

Bersiaplah untuk Tantangan

Mencapai kebebasan finansial di usia muda memang tidak mudah bagi sebagian besar orang. Pastinya, ada banyak hambatan yang menghadang dan menggoda Anda untuk menyerah begitu saja.

Pada akhirnya, kebebasan finansial memberikan Anda kebebasan dalam membuat pilihan yang tidak sepenuhnya bergantung pada uang. Jika ingin mencapainya, tetapkan tujuan keuangan pribadi, atur strategi untuk mencapainya, dan berpegang teguh / disiplin dengan rencana yang dibuat. Hal tersebut akan menuntun diri Anda menuju tujuan akhir yang diimpikan.

Loading...

Sumber www.investopedia.com
Berlangganan Newsletter!
Berlangganan Newsletter!
Daftarkan email Anda disini dan dapatkan informasi terbaru dari kami langsung ke email Anda.
Anda dapat membatalkan langganan kapanpun.

Website ini menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman Anda. Klik "Terima" untuk menyetujui kebijakan ini. Terima Baca Detail