Partner Informasi Investasi, Bisnis dan Keuangan
Rp14.177
-0.35%
Rp15.585
-0.07%
Rp17.898
-0.54%
Rp131
-0.24%
Rp9.560
-0.16%
Rp3.780
-0.34%
Rp2.002
-0.13%
Rp10.337
-0.17%
Rp10.713
-0.31%
Rp14.192
-0.06%
Rp8.875
+0.01%

5 Tips Mengelola Anggaran Pribadi untuk Hidup Lebih Mudah

0 110

Saat memiliki anggaran yang berfungsi dengan baik, Anda memiliki kendali lebih besar atas keuangan. Anggaran adalah salah satu alat terbaik yang dimiliki untuk mengendalikan keuangan dan mengubah situasi. Berikut 5 tips mengelola anggaran pribadi untuk menjalani hidup yang lebih mudah.

Banyak orang mengeluh bahwa anggaran tidak berfungsi atau terlalu sulit untuk menganggarkan karena membutuhkan begitu banyak waktu atau mereka terus membuat kesalahan penganggaran yang sama. Ada banyak kesalahpahaman tentang penganggaran dan uang.

Memang harus berfungsi, terutama beberapa bulan pertama dalam proses anggaran karena ada periode penyesuaian. Namun, Anda dapat menggunakan ide-ide ini untuk membuat anggaran menjadi lebih mudah. Sebelumnya, kami telah ulas beberapa tips mengelola keuangan pribadi yang juga perlu Anda ketahui.

Apa saja idenya? Berikut lima tips mengelola anggaran pribadi agar hidup Anda jauh lebih mudah.

#1 Menggunakan Uang Tunai untuk Kategori “Masalah”

Jika Anda benci melacak anggaran setiap hari, satu opsi yang mungkin ingin bisa dipertimbangkan adalah beralih ke uang tunai untuk kategori pos anggaran yang tidak tahu kemana perginya uang tersebut. Beberapa area umum adalah belanjaan sehari-hari, biaya hiburan, dan pakaian.

Ambil uang dari bank pada awal bulan dan bagikan ke dalam amplop. Ketika uang itu habis, Anda tahu bahwa harus berhenti belanja. Jika ingin melihat bagaimana Anda menghabiskan uang tersebut, cek setiap tanda terimanya (struk belanja).

Untuk hal-hal seperti belanjaan, Anda mungkin ingin membaginya lebih detail dan memiliki amplop untuk setiap minggu. Dengan cara ini, Anda tidak akan kehabisan uang pada minggu terakhir setiap bulan.

#2 Menggunakan Aplikasi Budget di Smartphone

Tips mengelola anggaran pribadi yang satu ini juga penting. Perangkat lunak budget yang terpasang di smartphone, akan membuat anggaran menjadi lebih mudah. Ada banyak aplikasi yang menyediakan layanan ini. Yang perlu dilakukan adalah menetapkan kategori ketika Anda memasukkan dalam transaksi.

Smartphone dengan aplikasi penganggaran membawa proses ini ke tingkat yang baru dan mudah. Kebanyakan aplikasi kini hadir dengan fitur yang akan melakukan sinkronisasi dengan program komputer.

Anda dapat memasukkan item-item dalam transaksi saat pergi dan dengan cepat memeriksa berapa banyak yang tersisa di setiap kategorinya.

Hal ini dapat menghentikan dari membuat kesalahan dan begitu penting jika Anda sudah menikah. Anda benar-benar dapat mengurangi jumlah waktu yang diperlukan untuk melakukan penganggaran dengan memasukkan dalam transaksi saat melakukannya.

#3 Pembahasan Anggaran Keuangan

Rapat anggaran adalah cara terbaik untuk membuat anggaran berfungsi. Terlebih lagi, jika Anda sudah menikah merupakan suatu keharusan. Rapat anggaran berarti Anda memeriksa pengeluaran secara rutin sehingga dapat melakukan perubahan seperlunya.

Jika masih lajang, Anda dapat melakukannya setiap pagi atau setiap malam dan hanya membutuhkan beberapa menit. Jika sudah menikah, Anda harus menjadwalkannya setiap malam di awal-awal dan kemudian bisa menjadi pertemuan mingguan.

Beberapa bulan pertama, Anda mungkin merasa rapat seperti ini menghabiskan banyak waktu. Namun, waktu sangat berharga. Ketika Anda menjadi lebih baik dalam rapat anggaran, maka akan memakan waktu lebih sedikit. Penting bagi Anda untuk mengetahui ke mana perginya uang-uang dan berapa banyak yang tersisa setiap bulannya.

#4 Memotong Tagihan Rutin

Memotong tagihan bulanan akan membuatnya lebih mudah agar tetap konsisten dengan budget yang sudah ditetapkan. Jika Anda berjuang dengan kategori yang berbeda, penting untuk menyadari bahwa menemukan ruang gerak ekstra dalam anggaran dapat membuat perbedaan besar.

Merencanakan kembali paket telepon atau penyedia internet yang lebih hemat, misalnya, dapat membantu Anda untuk lebih berhemat. Ada banyak item tagihan yang sebenarnya bisa Anda hemat. Langkah-langkah ini akan membuat Anda lebih mudah menyesuaikan anggaran.

#5 Menghemat Bahan Makanan

Bagi banyak orang area masalah adalah belanja mkanan sehari-hari. Makanan cepat saji adalah kenyamanan yang dapat meningkatkan budget karena harga terus naik.

Ketika Anda mempertimbangkan berapa biaya untuk mengolah makanan sendiri, pastinya akan memilih memasak. Namun, masih sulit untuk menghemat anggaran konsumsi. Menggunakan layanan perencanaan menu makanan, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk benar-benar menghemat tagihan bahan makanan.

Layanan ini mengumpulkan daftar dan menyediakan resep baru untuk dimasak setiap minggu. Hal ini dapat membantu Anda berhenti makan di luar dan itu memastikan makanan tidak sia-sia.

Itulah beberapa tips mengelola anggaran pribadi yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari agar hidup Anda jauh lebih mudah, terlebih menyangkut masalah uang.

Referensi Artikel: 5 Budget Hacks to Make Your Life Easier

Loading...
Sumber www.thebalance.com