Partner Informasi Investasi, Bisnis dan Keuangan
Rp14.067
+0.15%
Rp15.551
-0.05%
Rp17.553
-0.16%
Rp130
+0.12%
Rp9.620
+0.23%
Rp3.749
+0.17%
Rp1.984
+0.07%
Rp10.237
+0.04%
Rp10.610
-0.04%
Rp14.134
+0.1%
Rp8.906
+0.24%

Siapa itu Trader? Apa Bedanya dengan Investor?

0 240

Dalam pasar keuangan, khususnya saham atau pun forex, kita mengenal istilah trader (pedagang). Siapa itu trader dan apa perbedaan seorang trader dengan investor? Berikut penjelasannya.

Siapa itu Trader

Trader (pedagang) adalah individu yang terlibat dalam pembelian dan penjualan aset keuangan di pasar keuangan apa pun, baik untuk dirinya sendiri atau atas nama orang atau lembaga lain. Perbedaan utama antara pedagang dan investor adalah durasi ketika orang tersebut memegang aset. Investor cenderung memiliki horizon waktu jangka panjang. Sementara itu, seorang pedagang cenderung memegang aset untuk jangka waktu yang lebih pendek untuk memanfaatkan tren jangka pendek.

Penjelasan Lebih Lanjut tentang Trader

Seorang pedagang dapat bekerja untuk lembaga keuangan, dalam hal ini ia berdagang dengan uang dan kredit perusahaan, dan dibayar melalui kombinasi gaji dan bonus.

Sebagai alternatif, seorang trader dapat bekerja untuk dirinya sendiri, yang berarti dia berdagang dengan uang dan kreditnya sendiri dan menyimpan semua keuntungan untuk dirinya sendiri.

Di antara kerugian dari perdagangan jangka pendek adalah biaya komisi dan membayar selisih tawaran / penawaran. Ini disebabkan oleh pedagang yang sering terlibat dalam strategi perdagangan jangka pendek untuk mengejar laba, mereka dapat mengumpulkan biaya komisi yang besar.

Namun, semakin banyak broker diskon yang sangat kompetitif telah membuat biaya tersebut bukan sebuah masalah besar, sementara platform perdagangan elektronik telah memperketat spread di pasar valuta asing. Ada juga perlakuan pajak yang merugikan dari keuntungan modal jangka pendek.

Operasi Trader: Lembaga vs. Rekening Sendiri

Banyak lembaga keuangan besar memiliki kamar dagang tempat para pedagang membeli dan menjual berbagai macam produk atas nama perusahaan. Setiap pedagang diberi batas untuk seberapa besar posisi yang dapat diambil, maksimum posisi dan berapa banyak kerugian mark-to-market yang dapat ia miliki sebelum suatu posisi harus ditutup.

Perusahaan memiliki risiko mendasar dan menyimpan sebagian besar laba, sementara pedagang menerima gaji dan bonus. Kebanyakan orang yang berdagang di akun mereka sendiri bekerja dari rumah atau di kantor kecil, dan memanfaatkan broker diskon dan platform perdagangan elektronik. Batasan mereka tergantung pada uang tunai dan kredit mereka sendiri, tetapi mereka menyimpan semua keuntungan.

Broker Diskon: Sumber Daya Penting untuk Pedagang

Perusahaan pialang diskon membebankan komisi yang lebih rendah secara signifikan per transaksi tetapi memberikan sedikit saran-saran tentang keuangan.

Individu tidak dapat berdagang langsung di bursa saham atau komoditas di akun mereka sendiri, jadi menggunakan broker diskon adalah cara yang hemat biaya untuk mendapatkan akses ke pasar.

Banyak broker diskon menawarkan akun margin, yang memungkinkan pedagang untuk meminjam uang dari broker untuk membeli saham. Ini meningkatkan ukuran posisi yang dapat mereka ambil tetapi juga meningkatkan potensi kerugian.

Platform Perdagangan Valas Elektronik

Platform perdagangan valuta asing mencocokkan pembeli mata uang dan penjual di pasar spot, forward, dan opsi. Mereka dengan tajam meningkatkan jumlah informasi harga yang tersedia untuk pedagang perorangan, dan dengan demikian membatasi spread harga dan mengurangi komisi.

Modal Jangka Pendek Keuntungan Pajak

Kerugian dari keuntungan perdagangan jangka pendek adalah mereka biasanya dikenakan pajak pada tarif pajak penghasilan biasa seorang pedagang. Keuntungan modal jangka panjang dikenakan pajak sebesar 20% tetapi membutuhkan instrumen yang mendasari selama minimal satu tahun.

Referensi: www.investopedia.com

Loading...
Sumber www.investopedia.com
Berlangganan Newsletter!
Berlangganan Newsletter!
Daftarkan email Anda disini dan dapatkan informasi terbaru dari kami langsung ke email Anda.
Anda dapat membatalkan langganan kapanpun.