Partner Informasi Investasi, Bisnis dan Keuangan
Bitcoin (BTC)
Rp95.947.618
-0.21%
Ethereum (ETH)
Rp3.414.789
-2.74%
Litecoin (LTC)
Rp846.026
-3.88%
DigitalCash (DASH)
Rp2.858.040
-2.77%
Monero (XMR)
Rp1.709.807
-2.48%
Nxt (NXT)
Rp1.036
-1.81%
Ethereum Classic (ETC)
Rp159.595
+0.68%
Dogecoin (DOGE)
Rp84
-1.87%
ZCash (ZEC)
Rp1.837.174
-1.89%
Bitshares (BTS)
Rp1.707
-4.48%
DigiByte (DGB)
Rp364
-7.02%
Ripple (XRP)
Rp7.729
0%
BitcoinDark (BTCD)
Rp290.436
-2.85%
PeerCoin (PPC)
Rp16.307
+3.76%
CraigsCoin (CRAIG)
Rp18
+0.38%

5 Alasan Anda Harus Meninjau Finansial Pribadi Setiap Tahun

0 39

Seperti halnya kesehatan, setidaknya Anda harus mengunjungi dokter setiap tahun untuk memastikan kesehatan Anda baik. Maka, Anda juga harus meninjau kembali kondisi finansial pribadi dan rumah tangga Anda secara menyeluruh setiap tahun. Mengapa hal tersebut perlu dilakukan?

Peninjauan kondisi finansial pribadi dan rumah tangga setiap tahun dapat memberikan gambaran tentang situasi keuangan Anda saat ini dan sumber daya yang tersedia.

Berikut ini 5 alasan Anda perlu meninjau kesehatan finansial pribadi dan rumah tangga Anda secara menyeluruh setiap tahunnya.

  • Jalur Personal dalam Mencapai Tujuan Kesuksesan Anda

Meskipin tiap orang memiliki tujuan yang sama, maka jalur menuju kesuksesan itu berbeda-beda dan sangatlah personal. Berdasarkan beberapa faktor, diantaranya penentuan prioritas sasaran dan sumber daya yang ada, maka Anda perlu mencari tahu tujuan apa yang ingin dicapai. (Baca Lebih Lanjut: Pentingnya Membuat Rencana Keuangan Setiap Tahun)

Apakah tujuan tersebut seperti berinvestasi dalam rangka keamanan untuk pensiun? Menabung untuk pernikahan? Membeli rumah? Menyiapkan pendidikan anak hingga perguruan tinggi?

Ada banyak tujuan. Berapa biaya yang dibutuhkan mencapai tujuan tersebut? Apa saja rencana Anda untuk mencapainya? Ada banyak tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya, dapat berubah setiap tahun dan tentu saja rencana keuangan Anda juga harus berubah setiap tahunnya dalam rangka mengakomodasi tujuan tersebut.

  • Membuat Lebih Proaktif

Untuk mencapai tujuan apapun itu, Anda harus mengambil tindakan yang tepat agar membuat kemajuan menuju tujuan tersebut. Mengecek kondisi finansial pribadi setiap tahunnya dapat membuat Anda berpikir lebih banyak tentang harapan dan menjadikan lebih proaktif dalam merencanakan masa depan keuangan Anda.

Tindakan apa yang dilakukan hari ini untuk memberikan dampak positif terhadap kondisi keuangan Anda?

Apa yang akan Anda lakukan hari ini untuk memberi dampak positif terhadap situasi keuangan Anda?

  • Membayar hutang
  • Meninjau opsi asuransi
  • Meningkatkan dana darurat

Dengan Anda mengulas rencana keuangan setiap tahunnya, Anda akan jauh lebih proaktif untuk mencapai tujuan keuangan. Anda dipaksa untuk menganalisis tujuan Anda dan memiliki perspektif baru tentang apa yang bisa dilakukan dalam mencapainya.

  • Banyak Hal yang Terjadi dalam Setahun

Luangkan waktu untuk memahami perubahan-perubahan yang terjadi dalam setahun, seperti dinamika dan prioritas keluarga Anda. Hal ini akan membantu Anda dalam membuat penyesuaian terhadap rencana keuangan.

Jika Anda berjalan terlalu jauh tanpa melakukan peninjauan finansial pribadi dan rumah tangga yang dimiliki, maka bisa jadi Anda akan melakukan tindakan yang drastis untuk kembali lagi ke jalur yang benar.

Dengan lebih mengutamakan pendekatan proaktif, bukannya reaktif terhadap keuangan, Anda akan lebih tenang secara finansial daripada hanya bisa terdiam saat hal buruk terjadi pada keuangan Anda.

Melakukan perawatan pencegahan secara rutin terhadap rencana keuangan akan lebih efektif dan mudah daripada melakukan perbaikan besar-besaran saat hal buruk terjadi.

  • Mengubah Informasi Menjadi Pengetahuan

Saat ini, masalah utama bukanlah kekurangan informasi. Tetapi, semakin banyaknya informasi yang berlebihan. Penasihat keuangan tidak perlu lagi memberikan informasi. Mereka hanya perlu memberikan panduan tentang apa yang harus dilakukan dengan informasi tersebut. Sebagai contoh, bagaimana cara mengelola akun-akun investasi beserta ketentuan yang menyertainya.

Melakukan review setiap tahun terhadap kondisi keuangan dapat mengubah informasi menjadi pengetahuan yang memberikan wawasan untuk ditindaklanjuti. Melalui pengetahuan disertai panduan tentang penggunaannya, dapat memberdayakan diri kita dalam membuat keputusan keuangan yang lebih baik.

  • Membangun Relasi dengan Klien / Penasihat lebih Solid

Melakukan tinjauan rutin, setidaknya setahun sekali, memungkinkan penasehat dan klien untuk membangun kepercayaan dan hubungan yang lebih kuat. Ada nilai besar dalam memiliki seorang profesional yang memahami evolusi situasi, tujuan, dan dinamika keluarga Anda.

Dalam rangka membantu klien dengan saran dan bimbingan yang dibutuhkan, maka penasihat keuangan harus benar-benar memahami klien tersebut melalui tinjauan keuangannya. Pengetahuan tersebut akan memastikan bahwa rekomendasi dari penasihat keuangan dapat selaras dengan prioritas dan sasaran dari klien.

Anda akan mendapatkan saran terbaik dari penasihat keuangan apabila secara rutin keuangan Anda di-review dan juga mengembangkan hubungan solid.

========

Apabila Anda memilih sebaliknya, yaitu tidak meninjau kondisi keuangan setiap tahun, berakibat pada pengabaian masalah-masalah yang akan terjadi dengan rencana keuangan Anda.

Mungkin saja Anda tidak mengalokasikan uang dengan tepat, atau tidak menggunakan uang Anda di jalan yang selaras dengan tujuan keuangan. Peninjauan rencana keuangan setiap tahunnya dapat membantu diri sendiri untuk terhindar dari berbagai masalah keuangan dan memaksimalkan potensi keuangan Anda.

Loading...

Sumber www.investopedia.com
Berlangganan Newsletter!
Berlangganan Newsletter!
Daftarkan email Anda disini dan dapatkan informasi terbaru dari kami langsung ke email Anda.
Anda dapat membatalkan langganan kapanpun.

Website ini menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman Anda. Klik "Terima" untuk menyetujui kebijakan ini. Terima Baca Detail