Partner Informasi Investasi, Bisnis dan Keuangan
Bitcoin (BTC)
Rp50.212.000
-4.14%
Ethereum (ETH)
Rp1.313.546
Litecoin (LTC)
Rp354.246
DigitalCash (DASH)
Rp989.176
Monero (XMR)
Rp640.705
Nxt (NXT)
Rp406
Ethereum Classic (ETC)
Rp56.388
Dogecoin (DOGE)
Rp30
ZCash (ZEC)
Rp809.417
Bitshares (BTS)
Rp530
DigiByte (DGB)
Rp133
Ripple (XRP)
Rp4.384
0%
BitcoinDark (BTCD)
Rp126.134
PeerCoin (PPC)
Rp8.034
CraigsCoin (CRAIG)
Rp10

Apa itu Saham? Berikut Penjelasan Tentang Saham

Terdiri dari saham preferen dan saham biasa.

0 170

Salah satu jenis investasi yang direkomendasikan adalah saham. Tetapi, apa itu saham sebenarnya? Berikut pengertian secara mendasar.

Apa itu Saham

Saham adalah unit kepemilikan pada perusahaan atau aset keuangan yang memberikan pemerataan dalam setiap keuntungan, jika ada yang dinyatakan, dalam bentuk dividen.

Dua jenis saham utama adalah saham biasa dan saham preferen. Sertifikat saham berbentuk fisik (kertas) telah diganti dengan pencatatan saham elektronik, seperti halnya saham reksadana yang tercatat secara elektronik. (Baca Lebih Lanjut: Memahami Pasar Saham Lebih Baik)

Penjelasan lebih lanjut tentang Saham

Saat mendirikan perusahaan, pemilik dapat memilih untuk menerbitkan saham biasa atau saham preferen. Sebagian besar perusahaan menerbitkan saham biasa.

Saham biasa dapat menguntungkan bagi para pemegang saham melalui apresiasi dan dividen, membuat saham tersebut lebih berisiko daripada saham preferen. Saham biasa juga dilengkapi dengan hak suara, memberi pemegang saham lebih banyak kendali atas bisnis perusahaan tersebut.

Selain itu, saham biasa tertentu dilengkapi hak pre-emptive, memastikan pemegang saham dapat membeli saham baru dan mempertahankan persentase kepemilikannya ketika perusahaan menerbitkan saham baru.

Sebaliknya, saham preferen biasanya tidak menawarkan penghargaan atas nilai atau hak suara di perusahaan. Namun, saham jenis ini biasanya menetapkan kriteria pembayaran; sebuah dividen yang dibayarkan secara teratur, membuat saham tersebut kurang berisiko daripada saham biasa.

Selain itu, saham preferen seringkali dapat ditukarkan dengan harga yang lebih menguntungkan daripada saham biasa. Karena saham preferen lebih diprioritaskan daripada saham biasa, jika bisnis perusahaan menjelang kebangkrutan dan harus membayar krediturnya, pemegang saham preferen biasanya menerima pembayaran sebelum pemegang saham biasa.

Saham yang Diotorisasi dan Saham yang Diterbitkan

Saham resmi terdiri dari jumlah saham yang dapat dikeluarkan dewan direksi perusahaan. Saham yang diterbitkan terdiri dari jumlah saham yang diberikan kepada pemegang saham dan dihitung untuk tujuan kepemilikan.

Karena kepemilikan pemegang saham dipengaruhi oleh jumlah saham yang diotorisasi, pemegang saham dapat membatasi jumlah tersebut sesuai keinginan mereka. Ketika pemegang saham ingin meningkatkan jumlah saham yang diotorisasi, mereka melakukan pertemuan untuk membahas masalah tersebut dan membuat kesepakatan.

Ketika pemegang saham setuju untuk meningkatkan jumlah saham yang diotorisasi, permintaan formal diajukan ke institusi terkait melalui pengajuan pokok-pokok perubahan.

Contoh Saham

Pada saat pasar bullish yang dimulai pada tahun 2008, saham perusahaan terus mencapai tingkat tertinggi baru sampai 2017. Saham teknologi yang termasuk dalam FANG (Facebook, Apple, Netflix dan Google) memimpin rally pasar, karena harga saham mereka melonjak dua digit pada 2017 karena hasil pendapatan yang tinggi.

Meningkatnya harga berarti investor bersedia membayar lebih untuk memiliki saham perusahaan tersebut. Semua mengatakan, saham perusahaan di S&P 500 Technology Select Sector diperdagangkan naik sekitar 34,57% di tahun 2017. Pada 2018, saham perusahaan di pasar saham mulai mengalami volatilitas karena ketidakpastian ekonomi dan politik.

Artikel ‘Apa itu Saham’ diterjemahkan dari artikel asli di www.investopedia.com.

Loading...

Berlangganan Newsletter!
Berlangganan Newsletter!
Daftarkan email Anda disini dan dapatkan informasi terbaru dari kami langsung ke email Anda.
Anda dapat membatalkan langganan kapanpun.

Website ini menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman Anda. Klik "Terima" untuk menyetujui kebijakan ini. Terima Baca Detail