Cara Mengelola Keuangan Rumah Tangga Pasangan Baru Menikah

0 224

Sebagian besar pasangan yang baru menikah biasanya mengalami kesulitan dalam menyesuaikan diri dengan cara hidup yang berbeda, terlebih lagi masalah keuangan. Bagaimana cara mengelola keuangan rumah tangga pasangan muda ini?

Sebenarnya, ada beberapa cara mengelola keuangan rumah tangga pasangan muda / baru menikah yang bisa dilakukan. Pada dasarnya, sebelum menikah yang merupakan individu yang terpisah, kebiasaan mengelola uang, belanja, penghematan uang tentu berbeda.

Inilah sebabnya, mengapa Anda dan pasangan perlu melakukan beberapa penyesuaian tertentu untuk menggabungkan anggaran rumah tangga.

Berikut ini, beberapa cara mengelola keuangan rumah tangga bagi pasangan yang baru menikah agar tetap harmonis dan terorganisir dengan baik.

1. Memahami cara Anda berdua melihat uang

Jika Anda dan pasangan memiliki prinsip, sudut pandang yang berbeda dalam konteks pengelolaan uang, maka duduk dan diskusikan hal ini.

Kuncinya disini adalah masing-masing individu dapat saling berkompromi dan mendapatkan kesepakatan bersama.

Bagi sebagian orang, uang merupakan tolak ukur “keamanan” dalam kehidupan. Sedangkan, bagi orang lain mereka bisa menghabiskan banyak uang sebagai salah satu cara untuk menghargai diri mereka sendiri dan pekerjaan mereka.

Di sisi lain, ada orang-orang yang sangat hemat, bahkan hampir tidak pernah menghabiskan beberapa rupiah untuk hal-hal yang tidak penting.

Memahami cara Anda dan pasangan mengelola keuangan dan cara menghabiskan uang itu berasal dari pendidikan finansial yang diberikan oleh orangtua.

Pikirkan dengan baik-baik untuk Anda dan pasangan, serta diskusikan tentang bagaimana cara mengelola keuangan rumah tangga Anda.

Jika memungkinkan, tetapkan aturan yang harus dipatuhi bersama tentang bagaimana cara menghabiskan penghasilan gabungan suami dan istri pada pos-pos anggaran seperti konsumsi, rekening listrik, perawatan kendaraan, cicilan, dan lain-lain.

2. Tetapkan tujuan keuangan bersama di masa depan

Jika Anda dan pasangan merupakan pengantin baru dan sedang merencanakan untuk memiliki bayi segera, pertimbangkan dengan baik pengelolaan keuangan Anda.

Cara mengelola keuangan rumah tangga bagi pasangan yang baru menikah
Cara mengelola keuangan rumah tangga bagi pasangan yang baru menikah

Sejak dini, Anda dan pasangan harus sudah bisa membuat rencana keuangan di masa depan. Pengaturan jangka pendek dan jangka panjang akan sangat membantu dalam menyelesaikan rencana keuangan Anda.

3. Bagi keterampilan penghematan Anda kepada pasangan

Jika Anda memiliki latar belakang keluarga yang berbeda, maka Anda memiliki sesuatu terhadap kontribusi pengelolaan aset finansial bersama.

Buatlah satu dengan lainnya saling menyadari tentang pengelolaan finansial, kemudian pikirkan tentang bagaimana cara meningkatkan taktik pengelolaan uang kalian.

Dengan mengikuti beberapa tips / cara mengelola keuangan rumah tangga bagi pasangan baru menikah ini, semoga keuangan bersama dapat terorganisir dengan baik dan menjadikan rumah tangga lebih nyaman dan harmonis.

Referensi Tambahan:

www.ayahbunda.co.id

Loading...
Tinggalkan komentar