Partner Informasi Investasi, Bisnis dan Keuangan

Nilai Waktu Uang (Time Value of Money). Apa itu?

0 126

Salah satu konsep dasar dalam keuangan dan investasi adalah nilai waktu uang atau Time Value of Money (TVM). Apakah yang dimaksud dengan konsep tersebut? Berikut penjelasannya.

Apa itu Nilai Waktu Uang (Time Value of Money)

Nilai Waktu dari Uang atau Time Value of Money (TVM) merupakan konsep tentang uang yang tersedia saat ini bernilai lebih dari jumlah yang sama di masa depan, karena potensi kapasitas penghasilannya.

Konsep dasar finansial ini menyatakan bahwa uang tersedia yang dapat menghasilkan bunga, jumlah berapa pun uangnya akan bernilai lebih tinggi, segera ketika diterima.

Konsep Time Value of Money terkadang disebut juga sebagai Present Discounted Value atau nilai diskonto saat ini.

Penjelasan Lanjut tentang Nilai Waktu Uang

Nilai waktu dari uang diambil dari gagasan bahwa investor rasional lebih menyukai menerima uang hari ini daripada jumlah uang yang sama di masa depan. Hal ini disebabkan karena potensi uang untuk tumbuh nilainya selama periode waktu tertentu.

Sebagai contoh, uang yang disetorkan ke dalam rekening tabungan menghasilkan tingkat bunga tertentu. Oleh karena itu, dikatakan nilainya bertambah.

Lebih lanjut, hal ini menggambarkan preferensi investor rasional. Anggap saja Anda sebagai investor memiliki opsi untuk memilih antara menerima 100 juta saat ini versus 100 juta dalam dua tahun ke depan.

Sangat masuk akal jika kebanyakan investor akan memilih opsi pertama. Terlepas apakah nilainya sama pada saat pencairan, maka menerima 100 juta hari ini akan memiliki nilai lebih dan utilitas bagi penerimanya, daripada menerima di masa depan. Hal ini karena biaya peluang yang terkait dengan masa penantian.

Biaya peluang tersebut dapat mencakup potensi keuntungan dari bunga uang yang diterima hari ini dan disimpan dalam rekening tabungan selama dua tahun.

Formula / Rumus Nilai Waktu Uang yang Mendasar

Formulasi time value of money tergantung pada situasinya sehingga dapat sedikit berubah. Sebagai contoh kasus, dalam pembayaran anuitas maka formula umumnya memiliki faktor tambahan atau justru sebaliknya.

Akan tetapi, secara umum rumus Time Value of Money yang mendasar memperhitungkan variabel berikut:

  •     FV = (Future Value) Nilai uang masa depan
  •     PV = (Present Value) Nilai sekarang dari uang
  •     i = suku bunga
  •     n = jumlah periode compunding per tahun
  •     t = jumlah tahun

Berdasarkan variabel tersebut, rumus Nilai Waktu Uang adalah:

FV = PV x [1 + (i / n)] (n x t)

Contoh Kasus Nilai Waktu Uang

Anggap sejumlah $ 10.000 diinvestasikan selama satu tahun dengan bunga 10%. Nilai masa depan dari uang itu adalah:

FV = $ 10.000 x (1 + (10% / 1) ^ (1 x 1) = $ 11.000

Rumusannya juga dapat diatur ulang untuk menemukan nilai dari jumlah masa depan dalam dolar hari ini. Misalnya, nilai $ 5.000 satu tahun dari hari ini, ditambah bunga 7%, adalah:

PV = $ 5.000 / (1 + (7% / 1) ^ (1 x 1) = $ 4,673

Pengaruh Periode Compounding pada Nilai Masa Depan

Jumlah periode compounding dapat memiliki efek drastis pada perhitungan Time Value of Money. Dengan contoh kasus $ 10.000 di atas, jika jumlah periode compounding ditingkatkan menjadi triwulanan, bulanan atau harian, kalkulasi nilai masa depan yang berakhir adalah:

  • Compounding Triwulan: FV = $ 10.000 x (1 + (10% / 4) ^ (4 x 1) = $ 11.038
  • Compounding Bulanan: FV = $ 10.000 x (1 + (10% / 12) ^ (12 x 1) = $ 11.047
  • Compounding Harian: FV = $ 10.000 x (1 + (10% / 365) ^ (365 x 1) = $ 11.052

Ini menunjukkan bahwa Nilai Waktu dari Uang tidak hanya bergantung pada tingkat bunga dan horizon waktu, tetapi juga pada berapa kali kalkulasi compounding dihitung setiap tahunnya.

Loading...

Sumber www.investopedia.com
Berlangganan Newsletter!
Berlangganan Newsletter!
Daftarkan email Anda disini dan dapatkan informasi terbaru dari kami langsung ke email Anda.
Anda dapat membatalkan langganan kapanpun.