Partner Informasi Investasi, Bisnis dan Keuangan

Pengertian Opsi Mata Uang & Ulasan Lengkapnya

0 206

Dalam perdagangan valuta asing, terdapat istilah-istilah yang perlu dipahami bagi trader / investor. Salah satu yang perlu dipahami adalah pengertian opsi mata uang asing (currency option). Berikut ulasan mengenai hal tersebut.

Pengertian Opsi Mata Uang

Apakah yang dimaksud dengan currency option? Secara sederhana, pengertian opsi mata uang adalah kontrak perjanjian yang diberikan kepada pembeli, hak (bukan kewajiban) untuk membeli atau menjual mata uang tertentu. Jual / beli mata uang tersebut dengan nilai tukar tertentu dan sebelum tanggal yang ditentukan.

Karena hak tersebut, premi dibayarkan kepada penjual yang jumlahnya beragam tergantung dari jumlah kontrak, jika opsi dibeli di bursa. Atau, sejumlah nominal opsi jika dilakukan di pasar sekunder.

Opsi mata uang ini adalah salah satu metode paling umum bagi individu, perusahaan, lembaga keuangan dalam rangka melakukan lindung nilai terhadap pergerakan yang berpotensi merugikan dalam nilai tukar.

Penjelasan Lebih Rinci Tentang Opsi Mata Uang

Setelah mengetahui tentang pengertian opsi mata uang tersebut, tentu kita perlu memahami aspek-aspek yang berkaitan tentangnya. Seorang investor dapat melakukan proteksi nilai terhadap risiko mata uang asing dengan melakukan currency call / put.

Ada 2 jenis opsi utama, put dan call, yaitu:

Call Option, yaitu memberikan pemegang hak (bukan kewajiban) dalam membeli aset underlying di harga tertentu (harga strike), untuk jangka waktu tertentu. Jika saham gagal dipenuhi di harga strike tersebut sebelum tanggal kadaluarsanya, opsi menjadi kadaluarsa dan tidak berharga.

Investor membeli call ini di saat mereka berpikir bahwa harga saham underlying akan naik atau menjual call jika harga berpotensi akan jatuh. Menjual opsi disebut juga sebagai “menulis” opsi.

Put Option, yaitu memberikan pemegang hak untuk menjual aset underlying dengan harga yang ditentukan (harga strike). Penjual (atau penulis) dari put option ini memiliki kewajiban untuk membeli saham pada harga strike.

Put option dapat dilakukan kapan pun sebelum opsinya berakhir. Investor melakukan put jika mereka berpikir bahwa harga saham dari sekuritas underlying akan jatuh, atau menjualnya jika mereka berpikir harga akan naik.

Pembeli put option – mereka yang melakukan “long” – adalah pembeli spekulatif yang mencari leverage atau asuransi dalam rangka melindungi posisi buy-nya di saham untuk jangka waktu yang dicakup oleh opsi.

Sebaliknya, penjual put option mengharapkan pasar untuk bergerak ke atas (setidaknya tetap stabil). Skenario terburuk bagi penjual put option adalah perputaran pasar ke bawah.

Keuntungan maksimal dibatasi oleh put premium yang diterima dan tercapai ketika harga underlying berada di harga strike atau di atasnya saat opsi kadaluarsa. Kerugian maksimal tidak terbatas bagi penjual opsi put.

Dasar Pengertian Opsi Mata Uang

Opsi harga memiliki beberapa komponen. Harga strike adalah tingkatan saat pemilik opsi dapat membeli mata uang jika investor melakukan pembelian call, atau menjualnya jika investor membeli put.

Di tanggal berakhirnya opsi, atau yang disebut sebagai tanggal jatuh tempo, harga strike dibandingkan dengan kurs mata uang saat itu. Bergantung pada jenis opsinya dan dimana kurs tersebut diperdagangkan, terkait dengan strike, opsi bisa dilakukan atau berakhir tidak berguna.

Jika opsi kadaluarsa pada uang, opsi mata uang merupakan pembayaran tunai. Jika opsi kadaluarsa habis, uang tersebut akan berakhir sia-sia.

Contoh Kasus Opsi Mata Uang

Misalkan, seorang investor berpandangan bullish terhadap Euro dan percaya bahwa mata uang tersebut akan meningkat terhadap dolar AS. Investor membeli opsi call mata uang Euro di harga strike $115, karena harga mata uang dikutip 100 kali nilai tukarnya.

Saat investor membeli kontrak, kurs spot Euro setera dengan $110. Asumsikan harga spot Euro pada tanggal kadaluarsa adalah $118. Akibatnya, opsi mata uang disebut telah habis masa berlakunya. Oleh karena itu, profit investor sebesar $300 (100 x ($ 118 – $ 115), dikurangi premi yang dibebankan untuk opsi mata uang.

Baca Juga: Kenali dan Pahami Opsi Saham di Pasar Modal

Loading...

Sumber www.investopedia.com
Berlangganan Newsletter!
Berlangganan Newsletter!
Daftarkan email Anda disini dan dapatkan informasi terbaru dari kami langsung ke email Anda.
Anda dapat membatalkan langganan kapanpun.

Website ini menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman Anda. Klik "Terima" untuk menyetujui kebijakan ini. Terima Baca Detail