Partner Informasi Investasi, Bisnis dan Keuangan
Rp14.009
+0.14%
Rp15.582
+0.24%
Rp18.054
+0.43%
Rp129
+0.21%
Rp9.593
+0.36%
Rp3.735
+0.13%
Rp1.982
+0.01%
Rp10.279
+0.19%
Rp10.694
+0.06%
Rp14.155
+0.29%
Rp8.989
+0.14%

[REKOMENDASI] 9 Dompet Bitcoin Terbaik

0 106

Bitcoin telah menjadi fenomena abad ini yang menarik banyak perhatian. Bitcoin menawarkan alternatif dibandingkan mata uang fiat yang didukung pemerintah dan digunakan sehari-hari. Semakin masifnya penggunaan bitcoin (BTC) ini, menjadikannya banyak dibutuhkan dalam berbagai transaksi. Oleh karena itu, dompet (wallet) bitcoin yang handal juga dibutuhkan oleh penggunanya. Ini rekomendasi dompet bitcoin terbaik yang bisa Anda pergunakan salah satunya.

Pendukung / pengguna bitcoin berpendapat bahwa mata uang digital jauh lebih mudah dan aman serta menawarkan privasi yang lebih baik daripada mata uang fiat. Nilai / harga BTC pun terusa meroket dibandingkan dengan mata uang fiat seperti dolar AS, rupiah, dll selama beberapa tahun terakhir. Di sebagian besar kalangan investor, BTC ini telah menjadi perhatian utama sebagai peluang investasi.

Sebelum Anda mulai menukarkan mata uang fiat Anda ke Bitcoin atau cryptocurrency lainnya, sangat penting untuk memahami risikonya. Salah satu risiko adalah nilainya yang sangatlah fluktuatif. Bitcoin akan mudah naik nilainya beberapa kali lipat, tetapi juga bisa dengan mudah jatuh harganya. Penting untuk menginvestasikan uang yang memang Anda sanggup / rela kehilangan jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Jika Anda sudah memahami dengan baik risikonya, saatnya bergerak maju. Salah satunya dengan memiliki dompet Bitcoin terbaik untuk menampung atau melakukan transaksi mata uang digital ini.

Berikut ini 9 dompet bitcoin terbaik yang direkomendasikan untuk dimiliki salah satunya.

#1 CoinBase

Bagi pengguna yang ingin melakukan transaksi BTC tidak hanya di domestik saja, direkomendasikan untuk memiliki bitcoin wallet dari CoinBase. Ini merupakan salah satu cara termudah dalam membeli, menjual dan menyimpan mata uang digital Anda.

Menggunakan Coinbase akan terkoneksi dengan kartu kredit atau debit Visa / MasterCard yang Anda miliki sehingga dengan mudah mentransfer uang masuk atau keluar dari dompet. Selain BTC, Coinbase juga memfasilitasi mata uang crypto lain, seperti Bitcoin Cash, Litecoin, Ethereum, dll.

Sisi positif dari dompet bitcoin Coinbase yang menjadikannya terbaik adalah aspek penggunaan dan luasnya jangkauan. Tak hanya tersedia di platform desktop komputer, Coinbase juga tersedia pada aplikasi mobile di Android dan iOS.

Akan tetapi, banyak pengguna juga merasakan kekhawatiran akan keamanan digital wallet ini belajar dari kasus Mt.Gox yang sempat diretas. Coinbase sangat peduli dengan aspek keamanan platform-nya dengan secara rutin memperbarui dan meningkatkan pengalaman penggunanya.

#2 Indodax

Bagi Anda yang ingin menghubungkan rekening bank lokal seperti BCA, Mandiri, BNI, dll, untuk dapat melakukan transaksi Bitcoin, kami merekomendasikan untuk memiliki salah satu dompet bitcoin terbaik dari Indodax. Sebenarnya, Indodax merupakan marketplace digital asset terbesar di Indonesia yang juga menyediakan fasilitas penyimpanan aset digital.

Memiliki akun di Indodax akan memudahkan Anda untuk menyimpan aset digital seperti Bitcoin, Bitcoin Cash, Ethereum, Ripple, dan masih banyak mata uang crypto lainnya. Anda juga bisa jual beli digital asset secara mudah dengan live rate dan dukungan sistem yang handal. Selain tersedia melalui website, ada juga aplikasi mobile melalui Android. Pengguna dari Indodax ini sudah lebih dari 1,7 juta sehingga menjadikannya layak untuk digunakan.

Aspek keamanan sangatlah menjadi perhatian utama dari Indodax. Dibutuhkan verifikasi pengguna agar bisa melakukan transaksi jual beli di marketplace digital ini. Selain itu, aspek keamanan juga berlapis untuk mengurangi risiko celah diretasnya akun pengguna.

#3 Triv.co.id

Selain Indodax, Anda juga bisa memiliki digital wallet Bitcoin di Triv.co.id. Melalui Triv, Anda bisa menyimpan dan jual beli Bitcoin dengan mudah. Tak hanya Bitcoin, tersedia juga dompet untuk Ethereum.

Anda bisa membeli / menjual Bitcoin menggunakan rekening bank lokal atau juga digital payment semacam Paypal, Perfect Money, Skrill, Neteller. Ini yang menjadikannya berbeda dengan wallet lainnya.

#4 Xapo

Jajaran dompet bitcoin terbaik lainnya yaitu Xapo yang layak dicoba. Dengan tagline “Always with you”, Xapo berusaha membuat dompetnya ramah dan dekat dengan penggunanya.

Anda bisa menukarkan mata uang fiat dengan Bitcoin dengan cepat menggunakan Xapo. Dompet digital ini juga memfasilitasi penggunanya dengan kartu Debit Bitcoin yang menjadi terobosan penggunaan yang lebih masif.

Xapo tersedia tidak hanya dalam versi desktopnya, juga ada di PlayStore dan App Store. Aspek keamanan menjadi salah satu yang sangat diperhatikan oleh Xapo. Tersedia fasilitas “cold storage” yang berfungsi sebagai media penyimpanan Bitcoin teraman. Dengan adanya cold storage tersebut, aset Bitcoin Anda akan aman terlindungi dari ancaman peretasan.

#5 Blockchain.info

Teknologi blockchain memfasilitasi bagi Bitcoin dan mata uang crypto lainnya untuk hadir. Ada banyak manfaat dari penggunaan teknologi blockchain melampaui dunia mata uang digital. Terkhusus dompet Blockchain.info, sangat mirip dengan Coinbase sebagai dompet Bitcoin online terbaik.

Akan tetapi, Anda tidak dapat membeli atau menjual langsung BTC melalui Blockchain.info. Ini berarti penyimpanan Bitcoin terpisah dari pasar Bitcoin Anda.

Pemisahan tersebut dianggap lebih aman daripada website seperti Coinbase. Peretas akan berpikir dua kali untuk melakukan peretasan. Apabila Anda awam teknologi, menggunakan website seperti Coinbase akan lebih memudahkan. Pemisahan ini menambah tingkat keamanan, tapi di sisi lain juga menambah tingkat kerumitan bagi penggunaan BTC.

#6 Trezor.io

Trezor bukanlah platform jual beli penuh seperti Coinbase atau Indodax. Sebaliknya, Trezor adalah tempat untuk menyimpan Bitcoin dan mata uang crypto lainnya. Trezor merupakan perangkat fisik yang terkoneksi dengan komputer, tablet, atau ponsel untuk dapat mengakses koin milik Anda.

Dompet digital Trezor bekerja dengan banyak mata uang digital, seperti Ethereum, Ripple, dll. Selain itu, Trezor juga berfungsi sebagai pengelola kata sandi, perangkat otentikasi dua faktor, dan masih banyak fitur bermanfaat lainnya.

Trezor menawarkan beberapa perlindungan terhadap perangkat dan kata sandi yang hilang. Inti dari dompet Bitcoin terbaik yang satu ini adalah mencegah orang lain mencuri koin crypto Anda sehingga proses pemulihan bisa jadi tidak mudah.

#7 Electrum

Electrum merupakan dompet software terbaik. Ini berarti bitcoin Anda akan disimpan dalam satu set file di komputer / laptop Anda. Saat ini, Electrum tersedia untuk multiplatform, seperti Windows, Linux, Mac OS X, dan Android.

Electrum bisa bekerja dengan beberapa dompet fisik serta mempunyai fleksibilitas dibandingkan dompet hardware semacam Trezor. Keunggulan lain dari dompet Electrum yaitu lebih cepat dalam menjalankan dan menyimpan Bitcoin di komputer Anda sendiri.

Kelemahannya, jika komputer Anda rusak, hilang atau risiko lainnya, maka Anda bisa kehilangan koin. Akan tetapi, aplikasi Electrum juga mendukung proses pemulihan dan memungkinkan bagi Anda membuat “cold storage” fisik melalui serangkaian proses.

#8 Mycelium

Mycelium merupakan dompet bitcoin yang diperuntukkan khusus mobile dengan versi Android dan iOS. Penggunaan dompet Mycelium dikenal sedikit lebih rumit dibandingkan dompet digital lainnya. Akan tetapi, pengguna yang berpengalaman mendapatkan pengalaman yang lebih mudah dalam menggunakannya.

Mycelium tidak menyediakan dompet untuk platform desktop karena beranggapan bahwa saat ini lebih banyak pengguna menggunakan smartphone-nya. Dompet ini terbilang aman dan memungkinkan anonimitas bagi penggunanya.

#9 Exodus.io

Dompet bitcoin terbaik yang layak dicoba selanjutnya adalah Exodus. Dompet ini seperti Electrum yaitu dompet software dengan tampilan yang lebih baik dan penggunaan yang lebih mudah.

Exodus juga menawarkan manfaat dari aspek keamanannya. Melalui wallet ini, Anda bisa mengubah mata uang digital menjadi portofolio dengan grafik dan chart. Selain itu, Anda bisa bertukar koin dengan aplikasi ShapeShift yang terintegrasi.

Kesimpulan

Nah, Anda bisa memilih salah satu dompet bitcoin terbaik di atas, ataupun memiliki rekomendasi digital wallet lainnya. Setiap dompet memiliki plus minus yang perlu dipahami dan disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Loading...
Sumber www.thebalance.com