Partner Informasi Investasi, Bisnis dan Keuangan
Rp14.067
+0.15%
Rp15.551
-0.05%
Rp17.553
-0.16%
Rp130
+0.12%
Rp9.620
+0.23%
Rp3.749
+0.17%
Rp1.984
+0.07%
Rp10.237
+0.04%
Rp10.610
-0.04%
Rp14.134
+0.1%
Rp8.906
+0.24%

Wirausaha Mainan Edukatif, Mulia Tujuannya & Berkah Profitnya

0 289

Ingin menjalani aktivitas wirausaha yang mulia dan berkah? Coba aja dengan berbisnis mainan edukatif. Mulai terbukanya pandangan orang tua tentang pendidikan anak-anaknya sejak dini adalah mungkin peluang usaha yang sangat bagus sebagai produsen mainan edukatif. Cukup dibutuhkan kreativitas, bahan yang mudah didapat dan mudah dalam segi pengelolaan menjadikan bisnis ini menjadi alternatif yang bagus bagi para karyawan yang ingin memulai wirausaha. Keuntungan yang cukup lumayan juga menarik mata para pebisnis untuk menjalankan usaha ini.

Yang terpenting, visi menjalankan wirausaha ini sungguh mulia, yaitu membantu mencerdaskan pendidikan anak-anak, sehingga jika dijalankan dengan benar dan baik, maka pendapatan dari bisnis ini pun menjadi berkah.

Jika anda sudah memiliki pekerjaan tetap sebelumnya, maka dibutuhkan tenaga-tenaga SDM yang terampil dan kreatif untuk membuat produk-produk mainan edukatif. Maka, anda bisa mengatasinya dengan mempekerjakan beberapa pegawai (minimal 2 orang).

Target Konsumen

Konsumen anda adalah anak-anak, guru TK dan SD, pengelola play group dan TK. Untuk memudahkan pemasaran, anda bisa menyalurkan produk ke toko-toko mainan.

Bagaimana Memulai Wirausaha Mainan Edukatif ini?

Wirausaha mainan edukatif
Wirausaha mainan edukatif

Usaha ini membutuhkan tempat untuk mengerjakan produk. Anda bisa memanfaatkan halaman rumah atau garasi. Setelah itu, anda perlu membeli peralatan yang diperlukan dan bahan-bahan seperti gergaji, kayu, lem, cat, amplas, dan lain sebagainya.

Untuk membuat mainan edukatif ini, diusahakan untuk tidak menggunakan paku dan hasilnya pun harus sehalus mungkin agar tidak melukai anak-anak. Sebagai ide, anda bisa membuat potongan kayu yang bisa disusun sebagai rumah atau benteng, kotak untuk huruf (hijaiyah & latin), puzzle, boneka tangan bercerita, dan lain-lain.

Sebagai gambaran, untuk harga jual produk kepada toko bisa dipatok dengan harga antara 5 ribu rupiah hingga 100 ribu rupiah per item. Yang harus anda perhitungkan dalam menentukan harga ini adalah besar kecilnya dan kerumitan dalam proses pembuatan mainan edukatif tersebut.

Tantangan & Hambatan

Apapun aktivitas wirausaha yang anda jalankan, pasti memiliki hambatan dan tantangan, termasuk yang satu ini. Banyaknya mainan impor yang menarik akan menjadi pesaing utama dalam bisnis ini. Kualitas dan bahan yang mereka gunakan juga lebih bagus dan murah. Dibutuhkan kreativitas anda untuk mendesain mainan yang menarik. Tetapi, anda memiliki kelebihan dibandingkan mainan-mainan impor tersebut, yaitu ada unsur edukasi dalam mainan yang diproduksi.

Kunci Sukses Menjadi Wirausaha Mainan Edukatif

Untuk pemasaran, selain menyalurkan ke toko-toko mainan, anda bisa menggunakan jasa agen di setiap kota dengan memberikan diskon sekitar 30% untuk setiap agen. Cara lain untuk melejitkan penjualan produk adalah anda bisa mengikuti pameran-pameran baik mainan atau buku di kota-kota terdekat.

Ada baiknya jika produk anda ditawarkan secara door-to-door kepada TK dan Playgroup untuk menggunakan produk anda ketika proses belajar mengajar. Sebagai pemancing untuk menarik perhatian mereka, anda bisa memberikan diskon beberapa persen untuk instansi yang mau menggunakan produk anda.

Selain itu, anda bisa meningkatkan penjualan dengan cara berpromosi secara online. Bisa menggunakan website toko online mainan atau berjualan di marketplace online semacam Bukalapak, Tokopedia, Elevania, dan lain sebagainya.

Analisis Usaha

Investasi Awal 
Peralatan (gergaji, amplas, dll)Rp 1.000.000,-
Bahan (kayu, cat, lem, dll)Rp 3.000.000,-
TOTALRp 4.000.000,-
Biaya Operasional
BahanRp 3.000.000,-
Gaji Pegawai (2 orang)Rp 1.600.000,-
Transportasi, telepon, listrikRp 900.000,-
TOTALRp 5.500.000,-
Omzet per bulanRp 8.000.000,-
Laba per bulanRp 2.500.000,-
Analisis BEP3 bulan

Loading...
Berlangganan Newsletter!
Berlangganan Newsletter!
Daftarkan email Anda disini dan dapatkan informasi terbaru dari kami langsung ke email Anda.
Anda dapat membatalkan langganan kapanpun.