Kamus Investasi (V-Z)

0 54

Volatilitas

Fluktuasi yang cepat dan dengan nilai yang relatif tinggi dari harga pasar suatu surat berharga. Dalam pasar saham biasanya diukur dengan menggunakan beta.

Warrant

Surat berharga yang memberi hak kepada pemegangnya untuk membeli saham / surat berharga dari penerbit waran tersebut dengan harga tertentu. Waran biasanya merupakan instrument jangka panjang karena tanggal jatuh tempo umumnya lebih dari setahun. Waran mirip dengan opsi call/beli. Namun, masa berlaku waran biasanya tahunan, sedangkan masa berlaku opsi call biasanya bulanan. Lebih jauh lagi, waran biasanya diterbitkan dan dijamin oleh perusahaan sedangkan opsi adalah instrumen pertukaran dan tidak diterbitkan oleh perusahaan.

Weight Average Cost of Capital

Perhitungan biaya modal perusahaan dengan memberi bobot masing-masing kategori modal (modal pemegang saham, pinjaman bank, obligasi, dll). WACC merupakan rata-rata tingkat hasil yang diharapkan atas investasi suatu perusahaan.

Write Off

Membebankan sejumlah aset untuk biaya-biaya atau kerugian dengan tujuan untuk mengurangi nilai aset tersebut dan mengurangi pendapatan.

XD (Ex-Dividend)

Simbol yang digunakan untuk menandai bahwa saham / surat berharga tersebut diperdagangkan pada ex-dividen. Simbol ini umumnya digunakan di surat kabar.

Yankee Bond

Obligasi asing yang berdenominasi dalam US Dolar dan diterbitkan di negara AS oleh bank-bank asing dan perusahaan-perusahaan asing.

Year to Date

Periode awal tahun (1 Januari) sampai dengan tanggal hari ini.

Yield

Jumlah bunga yang dibayarkan kepada suatu obligasi dibagi dengan harga obligasi tersebut. Dengan kata lain, yield mengukur pendapatan yang dihasilkan oleh suatu obligasi. Yield merupakan tingkat hasil (rate of return) suatu investasi, yang biasanya dikutip adalah persentase per tahun.

Yield Curve

Grafik garis yang memperlihatkan tingkat suku bunga pada titik tertentu untuk seluruh surat berharga dengan tingkat risiko yang sama tetapi jatuh tempo yang berbeda. Surat berharga yang jatuh temponya lebih lama biasanya memiliki yield yang lebih tinggi. Jika, surat berharga jangka pendek menawarkan yield yang lebih tinggi maka kurvanya disebut inverted.

Yield to Maturity

Tingkat hasil (rate of return) suatu obligasi sampai obligasi tersebut jatuh tempo.

Zero Coupon Bond

Surat hutang / obligasi pemerintah atau perusahaan yang diperdagangkan secara diskonto dari nilai nominalnya. Obligasi ini diperdagangkan secara diskonto karena obligasi tersebut tidak memberikan bunga kepada pemegangnya. Keuntungan / laba akan diperoleh oleh pemegang pada saat obligasi tersebut ditebus kembali oleh penerbitnya dengan nilai nominal penuh. Obligasi ini biasanya diterbitkan secara diskonto atau mungkin bisa juga dari kupon yang diambil dari obligasi kemudian diterbitkan sebagai obligasi tanpa bunga.

Zero Sum Game

Situasi dimana keuntungan yang diperoleh oleh satu pihak merupakan kerugian yang sama jumlahnya di pihak lain. Jadi, selisih antara keuntungan di satu pihak dengan kerugian di pihak yang lain adalah 0 (tidak termasuk biaya-biaya).

Loading...