Peluang Bisnis Rental Sound System Lapangan

0 2.406

Dalam sebulan selalu ada acara panggung, maupun pesta. Para panitia maupun orang yang mengadakan pesta tentu tidak mempunyai sound system lapangan sendiri, karena mereka hanya membutuhkan sound system lapangan pada saat itu saja. Disini kita bisa memanfaatkan itu dengan mendirikan rental sound system lapangan. Selain mudah pengelolahannya, juga hampir setiap minggu selalu ada pesta atau acara yang membutuhkan sound system. Jika bisa memanfaatkan momen-momen tersebut, kita bisa meraih omset sampai dengan puluhan juta setiap bulannya.

Mungkin sebaiknya kita terlibat langsung dengan bisnis rental sound system lapangan ini, karena menyangkut alat-alat yang harganya sampai jutaan. Tetapi acara-acara pesta dan sebagainya biasanya di adakan di akhir pekan dan hari libur, sehingga kita tetap bisa melakukan bisnis ini tanpa mengganggu pekerjaan kita yang sesungguhnya.

Target Pelanggan

Penyelenggara acara dan orang yang mengadakan pesta seperti pernikahan, khitanan, syukuran dan lain sebagainya.

Bagaimana Memulai Bisnis Rental Sound System Lapangan?

Sebaiknya sebelum membeli peralatan sound system lapangan, kita bisa survei dulu ke toko elektronik atau majalah yang membahas tentang sound system. Yang perlu kita ketahui adalah harga dan kualitasnya. Kualitas perlu kita survei agar pelanggan kita puas dan menggunakan jasa kita lagi atau bahkan memberitahukan ke teman-temannya yang lain.  Dan tentang harga, karena kita harus menyesuaikan kondisi keuangan kita.

Hambatan & Tantangan

Membutuhkan keahlian dalam hal elektronik dalam bisnis ini. Selain itu kita harus bisa memenangkan persaingan, karena di setiap kota dan daerah pasti mempunyai lebih dari satu yang menyediakan jasa rental sound system lapangan.

Kunci Sukses Bisnis Rental Sound System Lapangan

Rental Sound System Lapangan
Rental Sound System Lapangan

Untuk memulai pemasarannya kita bisa bekerjasama dengan wedding organizer dan event organizer, hal ini akan sangat menguntungkan bagi kedua belah pihak.

Dalam bisnis ini juga berlaku semakin baik kualitas peralatan kita, akan semakin dicari pelanggan, sehingga kita harus pintar-pintar memilih barang.

Kalaupun kita tidak mempunyai uang yang cukup untuk membeli peralatan yang berkualitas baik, kita bisa menggunakan sistem kredit.  Kelemahannya pendapatan kita akan berkurang tiap bulan untuk membayar cicilan pokok dan bunga kredit.

Apabila kita sudah cukup banyak pelanggan, kita bisa menyisihkan sebagian keuntungan untuk kemudian membeli peralatan baru yang lebih baik. Contoh yang telah sukses bisnis ini.

Analisis Usaha

Investasi Awal* 
Peralatan (Cash)Rp 50.000.000,-
Biaya Operasional
Gaji 2 pegawaiRp 1.000.000,-
TransportasiRp 500.000,-
Listrik & TeleponRp 300.000,-
TOTALRp 1.800.000,-
Omzet per bulan**Rp 3.000.000,-
Laba per bulanRp 1.200.000,-
Analisis BEP> 1 tahun

* Tergantung kualitas alat

** Omzet tergantung musim dan jumlah pesta

Loading...