Partner Informasi Investasi, Bisnis dan Keuangan

Perbedaan Capital Gains (Keuntungan Modal) VS Pendapatan Investasi

0 824

Ketika berinvestasi, Anda pastinya mengharapkan keuntungan dari investasi tersebut. Sebagai investor, seringkali kita bingung tentang perbedaan diantara keuntungan dalam investasi. Sebagai contoh, capital gains atau keuntungan modal dan juga pendapatan investasi (investment income). Berikut penjelasannya.

Secara definitif yang dimaksud dengan Keuntungan Modal atau capital gain adalah laba / keuntungan yang diperoleh dari sebuah investasi di efek atau surat berharga, seperti obligasi, saham, dan properti. Nilainya melampaui dari harga pembelian awal.

Yang paling mencolok dari perbedaan antara capital gains dan jenis pendapatan investasi lainnya adalah sumber keuntungan dari investasi tersebut.

Keuntungan Modal (Capital Gains) mengacu pada jumlah awal yang diinvestasikan. Keuntungan modal, oleh karena itu, adalah keuntungan yang direalisasikan ketika nilai investasi tersebut meningkat.

Sebagai contoh, asumsikan Anda telah membeli 100 saham di perusahaan ABC seharga $ 10 per saham. Dari kondisi ini, maka dapat dinyatakan sebagai berikut:

Belanja modal adalah $ 10 * 100, atau sama dengan $ 1.000.

Sekarang asumsikan nilai masing-masing saham meningkat menjadi $ 20. Jika Anda menjual dengan harga pasar, total pendapatan Anda adalah $ 20 * 100, atau $ 2.000.

Keuntungan modal (capital gains) atas investasi ini kemudian sama dengan total keuntungan dikurangi modal awal, $ 2.000 – $ 1.000, atau $ 1.000.

Itu contoh kasus perhitungan Keuntungan Modal dalam konteks investasi saham. Tidak jauh berbeda juga dengan konteks portofolio investasi lainnya.

Lalu, bagaimana dengan pendapatan investasi (investment income) ? Dimanakah letak perbedaannya dengan capital gains?

Pendapatan investasi yang tidak terkait dengan capital gain mengacu pada hal-hal seperti bunga yang diterima atau dividen. Berbeda dengan capital gain, jumlah pengembalian investasi ini tidak bergantung pada belanja modal awal.

Dalam contoh di atas, asumsikan perusahaan ABC membayar dividen sebesar $ 2 per saham. Jika dividen dibayarkan sebelum penjualan saham, pendapatan investasi yang dihasilkan adalah $ 2 * 100, atau sama dengan $ 200.

Dengan menggunakan contoh yang berbeda, rekening tabungan sebesar $ 5.000 dengan tingkat bunga 6% per tahun akan menghasilkan pendapatan investasi sebesar $ 5.000 * 6% atau sama dengan $ 300 pada tahun pertama.

Perbedaan utama lainnya antara capital gain dan jenis pendapatan investasi lainnya adalah tingkat dimana keduanya dikenai pajak.

Tarif pajak bervariasi tergantung pada jenis investasi, jumlah keuntungan yang dihasilkan dan lamanya investasi dilakukan.

Referensi: www.investopedia.com

Loading...

Berlangganan Newsletter!
Berlangganan Newsletter!
Daftarkan email Anda disini dan dapatkan informasi terbaru dari kami langsung ke email Anda.
Anda dapat membatalkan langganan kapanpun.

Website ini menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman Anda. Klik "Terima" untuk menyetujui kebijakan ini. Terima Baca Detail