Partner Informasi Investasi, Bisnis dan Keuangan
Rp14.099
-0.23%
Rp15.595
-0.28%
Rp17.612
-0.33%
Rp131
-0.4%
Rp9.590
+0.32%
Rp3.759
-0.26%
Rp1.987
-0.14%
Rp10.230
+0.07%
Rp10.630
-0.18%
Rp14.205
-0.5%
Rp8.897
+0.1%

Ini 7 Manfaat Memulai Perencanaan Keuangan Sejak Dini

Daripada menyesal di kemudian hari, mulailah merencanakan keuangan Anda dari sekarang.

0 360

Banyak orang berpikir keliru bahwa perencanaan keuangan adalah sesuatu yang harus dimulai saat mendekati masa pensiun. Namun kenyataannya, semakin dini Anda mulai mengembangkan strategi keuangan untuk masa depan, maka semakin sukses Anda.

Perencanaan keuangan “memaksa” seseorang untuk memeriksa kesehatan keuangannya, baik pribadi maupun keluarga dan kebiasaan belanja mereka sendiri. Selain itu, memeriksa beberapa topik seperti pajak, penganggaran, penghematan, perencanaan keluarga, uang kuliah, pensiun, pembelian rumah, dan lain sebagainya.

Yang menjadi pertanyaan, kapan harus memulai memikirkan tentang Perencanaan Keuangan?

Perencanaan keuangan sejak dini dapat dimulai kapan saja dalam kehidupan seseorang, ketika:

  • Lulus kuliah
  • Membeli rumah
  • Memulai pekerjaan baru
  • Menikah
  • Memiliki anak
  • Mengubah karir

Setiap momen ini membutuhkan kesadaran diri kita untuk lebih memahami tentang bagaimana mengelola keuangan pribadi maupun manajemen keuangan rumah tangga.

Selain itu, dibutuhkan juga penasihat keuangan berpengalaman dan berpengetahuan yang dapat membantu menciptakan sebuah strategi untuk mencapai tujuan jangka panjang.

Dengan demikian, perencanaan keuangan sejak dini memiliki banyak manfaat untuk jangka panjang. Inilah 7 alasan yang mendukung perencanaan keuangan sejak dini.

1. Memulai Sejak Dini Berarti Sedikit Menghemat

Ketika Anda memulai menabung sejak dini, pada akhirnya harus menghemat lebih sedikit karena efek compound dari bunga, sehingga memberi penghasilan lebih banyak dalam jangka panjang.

2. Memulai Lebih Awal Memungkinkan Anda Mengatasi Kesalahan

Pada usia dewasa awal, seringkali menghadirkan banyak keputusan keuangan dan berpotensi mengakibatkan banyak kesalahan finansial. Tanpa pemahaman komprehensif tentang kebutuhan dan kemampuan finansial, Anda bisa membuat kesalahan yang memiliki konsekuensi jangka panjang.

Memulai lebih awal dan menumbuhkan hubungan dengan perencana keuangan yang berkualitas dapat membantu mengurangi potensi kerusakan yang dapat dilakukan keputusan finansial yang kurang tepat.

3. Memulai Lebih Dini Membuka Banyak Pintu

Merencanakan keuangan sejak dini tidak hanya mengurangi tekanan yang terkait dengan penghematan untuk masa pensiun. Namun, juga mempersiapkan ketahanan finansial jika Anda ingin mengubah karir, memulai bisnis sendiri atau membuat rencana masa depan lainnya.

4. Memulai Sejak Dini Membantu Anda Menghindari Hutang yang Tidak Perlu

Sayangnya, banyak orang tidak menyadari batas apa yang mereka mampu beli dan bagaimana membelinya, dan akibatnya, banyak dari mereka hidup di atas kemampuannya.

Praktek mengambil terlalu banyak hutang konsumtif seringkali berakhir dengan terjebak dalam siklus hutang dimana utang menjadi norma. Tanpa rencana keuangan yang konkret, menjadi bebas hutang itu sulit.

5. Membantu Anda Membuat Keputusan yang Lebih Baik Tentang Asuransi dan Manfaatnya

Hampir 20% dari semua pekerja akan mengalami beberapa jenis kecacatan selama masa hidup mereka, dengan proporsi kecelakaan yang tidak terkait dengan pekerjaan, sehingga menghilangkan kemampuan untuk mengumpulkan kompensasi pekerja.

Menurut Biro Statistik Tenaga Kerja (BLS), sekitar 36% pekerja Amerika memiliki asuransi cacat jangka pendek dan 25% memiliki asuransi cacat jangka panjang. Bagi orang-orang ini, mendapatkan tunjangan cacat bukanlah pengganti pendapatan yang memadai.

Oleh karena itu, pekerja yang terluka akhirnya hidup dari tabungannya untuk memberi kompensasi. Memulai perencanaan keuangan di awal sangat penting untuk mengidentifikasi dan memetakan lubang potensial dalam strategi perlindungan finansial Anda.

6. Memulai Lebih Dini Memberikan Contoh Hebat untuk Anak Anda

Anak-anak belajar sebagian besar perilaku, gagasan dan norma mereka dari orang tua mereka, dan jika Anda khawatir, cemas atau ketidakteraturan dalam aspek keuangan, kemungkinan anak menjadi seperti orangtuanya.

Sehingga dengan memiliki rencana keuangan yang konkret dan mengajari anak-anak cara menabung, mengatur keuangan dan mengelola uang secara bertanggung jawab, anak-anak jauh lebih mungkin untuk menjadi aman secara finansial dan percaya diri.

7. Memulai Lebih Awal Memungkinkan Anda untuk Menikmati Waktu Senggang

Waktu luang menjadi semakin sulit dipahami. Mengapa Anda ingin menghabiskan semuanya merencanakan masa depan keuangan Anda?

Dengan memulai proses perencanaan keuangan lebih awal dengan bantuan penasihat keuangan yang berkualitas, Anda akan memiliki kemampuan lebih besar untuk menikmati waktu luang. Baik itu dengan teman maupun keluarga.

Di karir Anda, dengan berlibur, atau dengan menikmati kehidupan lainnya daripada harus berjibaku dengan artikel, statistik, blog, kalkulator, dan pekerjaan lainnya.

Memulai perencanaan keuangan di awal memiliki banyak manfaat yaitu memaksimalkan penghematan hingga menciptakan jaring pengaman, melakukan pembelian besar, dan memastikan masa pensiun yang nyaman.

Referensi: www.investopedia.com

Loading...
Sumber www.investopedia.com
Berlangganan Newsletter!
Berlangganan Newsletter!
Daftarkan email Anda disini dan dapatkan informasi terbaru dari kami langsung ke email Anda.
Anda dapat membatalkan langganan kapanpun.