Partner Informasi Investasi, Bisnis dan Keuangan
Rp14.165
+0.07%
Rp16.083
+0.11%
Rp18.640
+0.96%
Rp127
+0.14%
Rp10.052
+0.19%
Rp3.776
+0.17%
Rp2.116
-0.19%
Rp10.488
+0.06%
Rp10.633
+0.54%
Rp14.185
-0.03%
Rp9.708
+0.3%

Tips Mudah Memulai Bisnis Kecil Bagi Pemula

0 509

Usaha kecil memiliki banyak tantangan untuk tetap bertahan. Banyak pengusaha pemula berpikir bahwa yang mereka butuhkan hanyalah sebuah ide atau produk, nama untuk bisnis kecil mereka, sedikit pekerjaan dan produk yang akan dijual maka dengan sendirinya uang akan masuk. Bagaimana tips memulainya?

Jika Anda pernah menjalankan bisnis kecil – bahkan bisnis rumahan – Anda akan mengetahui bahwa lebih dari hal itu untuk memulai usaha kecil.

Apa yang perlu dilakukan untuk memulai bisnis kecil / usaha kecil?

Hal pertama yang perlu dilakukan sebagai pemilik usaha kecil adalah melakukan riset pasar terlebih dahulu. Kemudian, lakukan penelitian pesaing Anda. Selain itu, carilah pasokan untuk produk atau layanan Anda, dan temukan posisi penjualan unik Anda.

Untuk melakukan beberapa hal tersebut saja bisa memakan waktu berminggu-minggu sering berbulan-bulan.

Setelah melakukan riset dan menemukan bahwa ada pasar untuk produk atau layanan Anda maka Anda perlu memilah rencana bisnis dan proyeksi arus kas Anda.

Usaha kecil mungkin terlihat tidak membutuhkan modal besar, tetapi sebenarnya membutuhkan dana yang lumayan banyak sebelum menghasilkan keuntungan.

Jadi apa yang perlu dipikirkan? Kecuali jika Anda sangat beruntung, Anda harus memikirkan bagaimana membiayai bisnis kecil Anda. Ada banyak cara untuk membiayai usaha kecil.

Apakah Anda menggadaikan rumah / kendaraan untuk mendapatkan modal? Mencari mitra investasi? Meminjam dari teman atau keluarga? Atau mencoba untuk menghubungi bank? Apapun yang dipilih, Anda perlu meyakinkan orang lain bahwa bisnis kecil tersebut akan menguntungkan dan mereka akan mendapatkan pengembalian uang mereka.

Begitu modal didapatkan, maka kerja keras dimulai. Anda mungkin memiliki tempat bisnis Anda tersebut dalam rangka memilah pemasok (supplier), staf untuk merekrut dan manajemen, produk untuk didesain, dan lain sebagainya.

Jika Anda memutuskan untuk memulai bisnis online, maka mungkin bisa menggunakan rumah sebagai kantor untuk usaha Anda tersebut.

Sedangkan, jika memulai bisnis offline, maka Anda harus mengiklankan tempat bisnis kecil Anda. Dan tentu ini membutuhkan biaya promosi. Hal ini yang juga perlu dipertimbangkan dalam aspek finansial usaha Anda.

tips memulai bisnis kecil bagi pemula
Tips memulai bisnis kecil bagi pemula

Siapa yang membayar semuanya? Secara sederhana Anda, dan teman, investor, dan / atau bank yang akan membayar, sampai Anda menjual produk atau layanan yang cukup untuk menutupi biayanya. Biasanya berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun.

Usaha kecil baru jarang dapat mengembalikan modal dari keuntungan di tahun pertama dan seringkali juga tidak terjadi di tahun kedua atau ketiga. Pastikan Anda bisa membiayainya dengan benar.

Pertanyaannya sekarang, apakah layak memulai usaha kecil kita sendiri?

Itu keputusan Anda. Tetapi setiap tahun puluhan ribu orang memulai bisnis mereka sendiri dan banyak yang sukses dan mendapatkan imbalan dari semua kerja kerasnya. Tetapi banyak juga yang gagal, dan alasan yang paling sering karena kurangnya persiapan.

Jika Anda hendak memulai usaha bisnis baru, maka siapkan segala sesuatunya dengan baik. Dengan perencanaan yang baik, ketekunan dan kerja keras Anda pun bisa membangun usaha kecil yang menguntungkan.

Loading...

Berlangganan Newsletter!
Berlangganan Newsletter!
Daftarkan email Anda disini dan dapatkan informasi terbaru dari kami langsung ke email Anda.
Anda dapat membatalkan langganan kapanpun.

Website ini menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman Anda. Klik "Terima" untuk menyetujui kebijakan ini. Terima Baca Detail