Partner Informasi Investasi, Bisnis dan Keuangan
Rp14.223
-0%
Rp15.780
+0.01%
Rp17.282
-0.01%
Rp134
-0%
Rp9.643
0%
Rp3.792
-0.01%
Rp2.019
0%
Rp10.273
-0%
Rp10.714
-0%
Rp14.538
0%
Rp9.144
0%

10 Hal yang Harus Disiapkan Pemilik Bisnis Online Rumahan agar Sukses

1 1.240

Dengan berbagai kekurangan dan kelebihan dari melakukan bisnis di rumah, memang berbisnis cara ini menjadi top akhir-akhir ini. Terutama, melakukan bisnis online yang dilakukan sepenuhnya dari rumah kita.

Ketika keputusan tentang berhenti dari pekerjaan anda saat ini telah dibuat, dan memulai bisnis online Anda, maka banyak hal yang harus dipersiapkan.

Sebelum melakukan apapun yang lebih besar, sebaiknya menyiapkan 10 poin penting untuk memastikan bahwa bisnis online rumahan anda telah siap.

1. Passion & Sikap

Salah satu faktor yang sangat penting dalam menjalankan bisnis adalah sikap Anda ke arah itu. Anda harus memperlakukan bisnis Anda seperti sebuah bisnis, bukan lagi hanya sekedar kerja.

Perlakukan bisnis online berbasis rumahan tersebut dengan penuh passion. Sebagai sebuah visi hidup yang hendak dicapai.

Jangan setengah-setengah dalam melakukannya. All out haruslah menjadi keseharian dalam mengerjakan bisnis online rumahan tersebut.

2. Menciptakan Suasana Rumah yang Mendukung Bisnis Online Anda

Ini juga salah satu faktor penting bagi keberhasilan bisnis online yang anda kerjakan di rumah. Sediakan ruang khusus bagi anda untuk mengerjakan bisnis tersebut dengan penuh fokus dan konsentrasi.

Ruang ini haruslah bebas dari gangguan. Komunikasikan baik-baik hal ini dengan seluruh anggota keluarga di rumah. Bahwa ruang tersebut memang dikhususkan untuk menjalankan bisnis.

Tak kalah pentingnya, adalah mengatur interior rumah yang business-friendly. Gunakan kursi kantor yang nyaman dan tertata dengan baik, meja kantor yang terorganisir.

Beberapa hal yang dianggap sepele, tetapi sangat penting, yaitu menyediakan perlengkapan alat tulis kantor, seperti pulpen, highlighter, Punch Hole, Stapler, Selotip, buku catatan, dll.

Bisnis online sangat dipengaruhi oleh koneksi internet yang stabil dan cepat. Pertimbangkan untuk memilih provider internet yang memang menyediakan koneksi stabil dan cepat. Itu adalah salah aset berharga. Waktu akan terbuang sia-sia hanya karena akses internet yang tidak memenuhi standar.

3. Manajemen Pribadi, Bisnis & Keluarga yang Seimbang

Mengerjakan bisnis online di rumah, secara tidak langsung berarti ada beberapa hal yang harus anda kompromikan. Terutama membagi waktu luang antara bisnis, pribadi, keluarga, atau orang terdekat. Ini harus direncanakan dengan baik, agar tidak ada yang dikorbankan.

Sama seperti jam kantor saat bekerja, ketika Anda mengalokasikan waktu untuk bekerja, pastikan memang anda bekerja. Demikian juga dalam mengerjakan bisnis di rumah. Harus fokus waktu tersebut untuk mengerjakan bisnis anda.

Meluangkan waktu dengan keluarga, berolahraga, pendidikan, dan waktu senggang merupakan faktor-faktor yang sama pentingnya dalam hidup Anda.

Perlu diingat bahwa bisnis online yang dikerjakan di rumah, satu-satunya “bos” yang dimiliki adalah diri Anda dan jadwal Anda.

Misalkan, Anda bekerja selama waktu kerja yang telah dialokasikan, dan tiba-tiba memiliki pengunjung yang tak terduga, atau orang-orang menelepon Anda.

Anda harus membuat pilihan; Anda benar-benar berkomitmen untuk menjalankan bisnis Anda sendiri? Apakah Anda berkomitmen untuk kesuksesan bisnis?

Pilihan Anda dalam setiap situasi akan menentukan apakah anda memiliki “sikap bisnis”, atau hanya sekedar “sikap hobi ala kadarnya”.

Namun, Anda mungkin perlu menyesuaikan cara dalam menentukan pilihan. Hal ini terutama berlaku dalam lingkungan keluarga. Mungkin perlu untuk membicarakan dengan pasangan Anda atau anak-anak tentang periode waktu yang disepakati sebagai waktu untuk mengerjakan bisnis online, yang Anda tidak akan terganggu.

Solusi mudahnya adalah dengan mencetak atau menuliskan jadwal bisnis dan menempatkannya di suatu tempat yang menonjol sehingga dapat menginformasikan semua anggota keluarga jadwal kerja Anda.

Mengerjakan bisnis online dari rumah? Ikuti 10 tips ini.
Mengerjakan bisnis online dari rumah? Ikuti 10 tips ini.

4. Gambarkan Bisnis Anda dengan Efektif

Pastikan bahwa ketika ditanya tentang bisnis yang sedang dikerjakan, Anda dapat menggambarkannya dengan ringkas.

Satu atau dua kalimat tentang bisnis Anda sehingga seseorang dapat mengulangi dan menjelaskan tentang bisnis Anda kepada orang lain.

Slogan perusahaan atau “tagline” juga bisa sangat berharga untuk mempromosikan bisnis. Luangkan waktu untuk membuat tagline unik dan mudah diingat.

5. Product Knowledge yang Baik dari Bisnis Online Anda

Mengerjakan bisnis apapun, maka core dari produk / jasa yang ditawarkan, yaitu product knowledge (pengetahuan akan produk) harus dipahami dan dikuasai dengan baik.

Jika anda menjual software, maka harus tahu tentang cara kerjanya. Jika berupa toko online, maka anda harus tahu keunggulan dan kelemahan dari produk yang dijual.

Dengan demikian, reputasi Anda akan berkembang sebagai seseorang yang memberikan informasi berkualitas tentang produk atau layanan, dan karena pengetahuan ini, banyak yang memilih anda sebagai partner bisnis.

6. Administrasi Bisnis Harus Dikelola dengan Baik

Banyak pemula dalam bisnis meremehkan hal ini. Dan di kemudian hari justru menjadi bumerang bagi bisnis yang sedang dijalankannya.

Pengelolaan administrasi bisnis yang baik merupakan salah satu poin penting yang harus anda mulai terapkan sejak awal mendirikan bisnis online rumahan.

Hal ini dapat mencakup catatan keuangan, catatan surat menyurat, dan lain sebagainya. Mulai organisasikan hal-hal ini dengan baik, mungkin dimulai dari administrasi yang sederhana.

Untuk masalah keuangan dalam bisnis, gunakan rekening bank yang terpisah dengan rekening personal anda. Ini untuk mengantisipasi campur aduknya keuangan personal dan bisnis, yang berakibat fatal pada perkembangan bisnis anda sendiri.

Banyak pemula yang tidak memisahkan diantara keduanya, akhirnya tidak tahu berapa cashflow bisnisnya, apakah bisnis yang dijalankan untung atau rugi, dan seringkali mengambil seenaknya uang perusahaan. Jangan sampai ini terjadi pada bisnis anda.

7. Perlindungan Komputer, Wajib Dilakukan!

Bisnis online, pastinya terkait dengan penggunaan komputer / laptop sehari-hari. Komputer yang menyimpan data-data bisnis, haruslah dilindungi dengan baik. Jangan sampai terserang virus, malware, yang akan merusak / mencuri data-data anda tersebut.

Gunakan perangkat lunak seperti scanner antivirus, firewall pribadi, anti-spyware dan adware, dan bahkan scanner email, semua harus dilengkapi untuk membantu perlindungan secara optimal bagi komputer Anda.

9. Membeli Nama Domain dan Hosting yang Berkualitas

Namecheap.comUntuk setiap, bisnis online rumahan, sangatlah penting untuk memiliki nama domain untuk bisnis Anda. Ada banyak perusahaan registrar domain diluar sana. Salah satu yang direkomendasikan adalah perusahaan domain NameCheap.

Selain domain, anda juga memerlukan hosting bagi website bisnis online anda. Carilah perusahaan hosting yang memang berkualitas, dan memberikan layanan hosting yang terbaik. Salah satu perusahaan hosting yang terbaik ada disini.

9. Cara Pembayaran Bisnis Online

Setiap bisnis online perlu kemampuan untuk menerima pembayaran. Prosesor pembayaran seperti Paypal, Skrill, BCA, Mandiri, menawarkan beberapa cara untuk menerima pembayaran, termasuk kemampuan untuk menerima pembayaran kartu kredit online.

Sebagai sebuah bisnis online yang baru memulai, ini adalah cara yang paling efektif, efisien, dan ekonomis untuk memulai menerima pembayaran online. Ketika bisnis Anda mulai tumbuh dan berkembang, diperlukan lebih banyak metode pembayaran untuk bisnis online anda.

10. Akun Email Profesional

Lebih profesional dan terpercaya bisnis online rumahan Anda, semakin besar kemungkinan calon pelanggan akan melakukan bisnis dengan Anda.

Salah satu yang paling mudah dan sederhana cara untuk melakukan ini, adalah dengan menggunakan akun email terkait dengan nama domain.

Setelah mendapatkan domain Anda sendiri, maka gunakan alamat email yang sesuai dengan domain bisnis anda. Misalkan, info@namadomain.com. Ini akan terlihat lebih profesional dibandingkan menggunakan email gratisan semacam Google Mail dan Yahoo Mail.

Itu kesepuluh poin yang perlu anda persiapkan sebelum memulai bisnis online anda. Semakin berkembang bisnis anda, tentu akan semakin banyak hal yang perlu disiapkan lebih lanjut.

 

Loading...
Berlangganan Newsletter!
Berlangganan Newsletter!
Daftarkan email Anda disini dan dapatkan informasi terbaru dari kami langsung ke email Anda.
Anda dapat membatalkan langganan kapanpun.