Partner Informasi Investasi, Bisnis dan Keuangan
Rp13.974
+0.3%
Rp15.539
+0.59%
Rp18.630
+0.27%
Rp128
+0.31%
Rp9.609
+0.49%
Rp3.726
+0.3%
Rp2.004
+0.3%
Rp10.324
+0.32%
Rp10.611
+0.26%
Rp14.199
+0.47%
Rp9.217
+0.37%

Tips Saat Tepat Menjual Saham

0 456

Mungkin bagi sebagian besar orang, memerlukan sedikit waktu dan penelitian untuk memilih saham, tetapi sering mengalami kesulitan untuk mengetahui kapan harus menarik keluar – terutama untuk investor pertama kalinya. Kabar baiknya adalah bahwa jika Anda telah memilih saham dengan hati-hati, tidak akan perlu untuk menarik keluar untuk waktu yang sangat lama, seperti ketika Anda siap untuk pensiun. Tapi ada kasus tertentu ketika Anda akan perlu untuk menjual saham sebelum mencapai tujuan keuangan.

Anda mungkin berpikir bahwa waktu untuk menjual adalah ketika nilai saham sedang anjlok – dan Anda bahkan mungkin disarankan oleh broker Anda untuk melakukan hal ini. Tapi ini belum tentu tindakan yang tepat.

Saham naik dan turun sepanjang waktu, tergantung pada perekonomian dan tentu saja ekonomi tergantung pada pasar saham juga. Ini adalah mengapa sangat sulit untuk menentukan apakah Anda harus menjual saham atau tidak. Saham turun, tetapi mereka juga cenderung naik kembali.

Anda harus melakukan penelitian lebih lanjut, dan Anda harus bersaing dengan stabilitas perusahaan yang Anda berinvestasi di dalamnya. Kinerja perusahaan memiliki dampak yang mendalam pada nilai saham. Misalnya, CEO baru dapat mempengaruhi nilai saham. Kondisi industri dapat mempengaruhi saham. Banyak hal yang mempengaruhi nilai saham. Tapi hanya ada tiga alasan yang baik untuk menjual saham.

Alasan pertama adalah karena telah mencapai tujuan keuangan. Setelah Anda mencapai pensiun, Anda mungkin ingin menjual saham dan menempatkan uang dalam kendaraan keuangan yang lebih aman, seperti rekening tabungan.

Ini adalah praktek umum bagi mereka yang telah berinvestasi untuk tujuan pembiayaan pensiun mereka. Alasan kedua untuk menjual saham adalah jika ada perubahan besar dalam bisnis atau perusahaan, atau akan menyebabkan, nilai saham turun, dengan sedikit atau tidak ada kemungkinan nilai naik lagi. Idealnya, Anda akan menjual saham Anda dalam situasi ini sebelum nilai terus anjlok.

Jika nilai saham mengalami peningkatan tajam, ini adalah alasan ketiga Anda mungkin ingin menjual. Jika saham Anda bernilai $ 100 per saham hari ini, tapi secara drastis naik menjadi $ 200 per saham minggu depan, itu adalah waktu yang tepat untuk menjual – terutama jika prospek adalah bahwa nilai akan turun kembali ke $ 100 per saham. Anda akan menjual ketika saham senilai $ 200 per saham.

Sebagai pemula, Anda pasti ingin berkonsultasi dengan broker atau penasihat keuangan sebelum membeli atau menjual saham. Mereka akan bekerja dengan Anda untuk membantu membuat keputusan yang tepat untuk mencapai tujuan keuangan.

Loading...