Partner Informasi Investasi, Bisnis dan Keuangan
Rp14.105
-0%
Rp15.537
+0.04%
Rp17.590
+0.01%
Rp131
0%
Rp9.548
0%
Rp3.759
0%
Rp1.989
0%
Rp10.248
-0.03%
Rp10.637
-0.02%
Rp14.231
+0.01%
Rp8.827
0%

Rencana Alternatif Tahun Baru

0 30

Edisi ini akan saya bahas khusus untuk Anda yang ingin menghabiskan akhir tahun di rumah. Pertanyaannya sekarang, apa, sih, yang akan Anda lakukan di akhir tahun kalau tidak pergi keluar kota? Yang pasti, mal dan pusat-pusat perbelanjaan pasti ramai. Bioskop? Pasti juga penuh. Begitu juga pantai di kota mana pun.

Bagaimana jalan raya? Tentunya seperti tahun-tahun lalu, tumplek blek, riuh rendah dengan suara terompet dan mungkin juga petasan yang akan menganggu kenyamanan dan keselamatan. Prinsipnya, kemana pun Anda pergi, pasti penuh dan merepotkan.

Lho, terus mesti ngapain, dong? Saya kasih usul ya? Kenapa tidak merayakan tahun baru di rumah saja. Kenapa tidak? Anda bisa mengundang tetangga dan kalau perlu bikin acara barbecue (itu, lho, panggang-pangang daging) atau bakar jagung. Ayolah, Anda, kan, sudah lama enggak ngumpul sama tetangga-tetangga Anda, kan? Lebih murah, lho, daripada Anda harus pergi dan tentu harus mengeluarkan biaya makan juga.

Tapi kalau Anda malas mengundang tetangga, ya sudah, nikmati saja acara teve di rumah. Apalagi stasiun teve pasti menyuguhkan acara-acara spesial di malam tahun baru. Terus, perlu ada makan-makannya juga enggak? Pasti, dong. Kan, ini hanya setahun sekali. Coba beli makanan yang istimewa dari biasanya. Tapi yang penting ada sesuatu yang bisa dimakan bersama keluarga.

Lalu, apa saja tips yang diperlukan kalau Anda ingin merayakan tahun baru Anda di rumah?

Lokasi.

Sekali lagi, ingatlah bahwa tahun baru tidak harus dirayakan dengan mencari lokasi yang jauh dari rumah. Yang harus disadari, rumah justru merupakan tempat terdekat dari kita yang cukup enak untuk merayakan tahun baru. Dengan memilih lokasi di rumah dan sekitarnya, Anda justru sudah menghemat banyak sekali uang, seperti biaya transportasi dan akomodasi.

Makanan.

Mau tahu apa rahasianya supaya malam tahun baru Anda dan keluarga Anda bisa berkesan? Fokuslah pada makanan kecil yang banyak dan bervariasi. Kenapa? Karena ketika malam tahun baru, seringkali keluarga Anda akan nongkrong sampai berjam-jam di depan teve. Kalau sudah demikian, makanan kecil seperti kue dan snack akan lebih banyak membantu daripada makanan besar yang hanya dimakan sekali saja.

Selain itu, dengan menyediakan makanan kecil yang bervariasi, ini bisa membantu keluarga Anda mengatasi kebosanan menunggu datangnya tahun baru. Bagaimana biayanya? Harusnya, sih, lebih murah daripada kalau Anda fokus di makanan besar.

Kumpul-kumpul.

Anda ingin merayakan tahun baru di rumah sekaligus dengan kumpul-kumpul bersama teman atau tetangga? Boleh-boleh saja. Coba deh sediakan panggangan, ditanggung tetangga-tetangga Anda akan ngumpul disekitar Anda.

Terus, masalah uangnya bagaimana? Bagaimana beli dagingnya, jagungnya, atau yang lainnya? Sttt, Sehari sebelumnya, ngomong saja dulu ke teman atau tetangga Anda untuk patungan. Dengan demikian, akan membantu meringankan biaya yang Anda keluarkan.

Dikutip dari Tabloid NOVA No. 872/XVI

Loading...
Berlangganan Newsletter!
Berlangganan Newsletter!
Daftarkan email Anda disini dan dapatkan informasi terbaru dari kami langsung ke email Anda.
Anda dapat membatalkan langganan kapanpun.