Partner Informasi Investasi, Bisnis dan Keuangan
Bitcoin (BTC)
Rp50.212.000
-4.14%
Ethereum (ETH)
Rp1.313.546
Litecoin (LTC)
Rp354.246
DigitalCash (DASH)
Rp989.176
Monero (XMR)
Rp640.705
Nxt (NXT)
Rp406
Ethereum Classic (ETC)
Rp56.388
Dogecoin (DOGE)
Rp30
ZCash (ZEC)
Rp809.417
Bitshares (BTS)
Rp530
DigiByte (DGB)
Rp133
Ripple (XRP)
Rp4.384
0%
BitcoinDark (BTCD)
Rp126.134
PeerCoin (PPC)
Rp8.034
CraigsCoin (CRAIG)
Rp10

Kenali Reversal (Pembalikan) Trading Sekuritas

0 29

Pergerakan harga dalam perdagangan sekuritas seperti saham, obligasi, forex, dll, terdapat kondisi dimana terjadi reversal (pembalikan). Apa maksud dari pembalikan tersebut? Mari memahaminya disini.

Apa itu Reversal (Pembalikan)?

Reversal (pembalikan) adalah perubahan arah tren harga, yang dapat menjadi perubahan positif atau negatif terhadap tren yang berlaku. Pada grafik harga, reversal mengalami perubahan yang dapat dikenali dalam struktur harga. Reversal (pembalikan) juga disebut sebagai pembalikan tren, reli atau koreksi.

Lebih lanjut tentang Reversal (Pembalikan)

Reversal sering terjadi dalam perdagangan intraday dan terjadi agak cepat. Akan tetapi, pembalikan tersebut dapat juga terjadi selama beberapa hari atau minggu perdagangan.

Analis teknis mengamati pola reversal sepanjang hari karena mereka dapat menunjukkan perlunya strategi perdagangan yang berbeda pada sekuritas yang sama. Atau dapat memberikan peluang untuk mendapatkan keuntungan. Pembalikan intraday sering merupakan hasil dari berita acara dan pengumuman perusahaan yang mengubah pandangan penilaian untuk saham tertentu.

grafik reversal pembalikan
Contoh pola reversal (pembalikan) dalam perdagangan sekuritas.

Tren naik (uptrend) yang merupakan serangkaian tertingginya highs dan terendahnya lows, berbalik ke tren turun dengan mengubah ke serangkaian lower highs dan lower lows. Tren turun, yang merupakan serangkaian lower highs dan lower lows, berbalik ke tren naik dengan mengubah ke serangkaian higher highs dan higher lows.

Strategi Perdagangan Potensial

Dengan memperhatikan diagram teknis dari harga saham, trader dapat mengidentifikasi kapan pembalikan terjadi. Trader sering mengantisipasi pembalikan terjadi di saham yang telah berturut-turut mencapai ketinggian baru atau terendah baru. Dalam analisis perdagangan teknikal, trader sering mengamati secara dekat pergerakan candlestick dari suatu saham.

Dalam analisis teknikal, candlestick menunjukkan rentang harga perdagangan saham sepanjang hari, dengan bagian atas menjadi harga tertinggi dan bagian bawahnya adalah harga terendahnya. Bagan candlestick menunjukkan pergerakan harga saham secara bergantian sepanjang hari, dengan penekanan pada rentang perdagangannya.

Analis teknis sering menggunakan saluran charting untuk mendeteksi potensi pembalikan pada level resistance dan support. Bollinger Band adalah salah satu pola diagram paling umum yang digunakan untuk mengikuti potensi sekuritas untuk pembalikan dari waktu ke waktu.

Contoh Strategi Perdagangan

Contoh strategi perdagangan untuk reversal saham terhadap kerugian dapat terjadi ketika analis teknikal memegang saham ABC dan melihat pola pembalikan dalam grafik candlestick. Analis teknikal biasanya mempertimbangkan pola perdagangan pembalikan yang dapat diandalkan untuk diperdagangkan setelah 5-10 pola perdagangan candlestick berurutan lebih rendah dalam TF 5 menit.

Ketika ini terjadi, seorang trader yang mencari keuntungan dengan pembalikan ke sisi negatifnya dapat menutup posisi long dan mengambil posisi short. Hal ini dilakukan untuk memanfaatkan pergerakan harga saham yang turun.

Mengingat skenario perdagangan yang berlawanan, seorang analis teknis yang mencari keuntungan dari pembalikan ke arah atas akan memulai strategi yang berlawanan. Jika trader melihat pergerakan pola candlestick yang cukup berurutan ke atas setelah harga saham mengalami tren ke bawah, trader dapat mengambil reversal. Lalu, masuk ke posisi buy untuk mendapatkan keuntungan dari kenaikan harga. Selanjutnya, menutup posisi sell untuk menghentikan investasi dari menimbulkan kerugian lebih lanjut.

Ketika menggunakan saluran perdagangan untuk mendeteksi pembalikan, seorang trader akan sering trading menjelang pembalikan dalam spekulasi. Dalam pola perdagangan Bollinger Band, seorang trader dapat menempatkan order khusus untuk membeli atau menjual sekuritas dengan harga yang ditentukan sebelumnya, baik pada level resistance maupun support.

Loading...

Sumber www.investopedia.com
Berlangganan Newsletter!
Berlangganan Newsletter!
Daftarkan email Anda disini dan dapatkan informasi terbaru dari kami langsung ke email Anda.
Anda dapat membatalkan langganan kapanpun.

Website ini menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman Anda. Klik "Terima" untuk menyetujui kebijakan ini. Terima Baca Detail