Partner Informasi Investasi, Bisnis dan Keuangan
Rp14.165
+0.07%
Rp16.083
+0.11%
Rp18.640
+0.96%
Rp127
+0.14%
Rp10.052
+0.19%
Rp3.776
+0.17%
Rp2.116
-0.19%
Rp10.488
+0.06%
Rp10.633
+0.54%
Rp14.185
-0.03%
Rp9.708
+0.3%

7 Ide Kreatif Menjadikan Rumah Sebagai Tambahan Penghasilan

0 105

Rumah Anda dapat menghabiskan banyak biaya, tetapi juga bisa memberi banyak tambahan penghasilan bagi Anda. Bagaimana caranya rumah dijadikan sebagai pundi-pundi uang tambahan?

Tak harus mengandalkan hanya dari satu pemasukan saja, seperti gaji bulanan, Anda dapat memanfaatkan aset yang dimiliki untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Rumah, salah satu aset yang bisa diandalkan dalam menambah pundi-pundi pemasukan Anda.

Lihatlah cara-cara kreatif ini agar Anda bisa menggunakan rumah untuk mendapatkan tambahan penghasilan, saat Anda tinggal di dalamnya.

1 Menyewakan Lahan untuk Parkir

Tinggal di kota dengan tempat parkir terbatas, dan cukup beruntung memiliki jalan masuk sendiri atau tempat parkir yang layak? Sewakan lahan di rumah Anda saat tidak menggunakannya, dan dapatkan keuntungannya.

Sebagai contoh, jika rumah Anda di dekat fasilitas publik seperti rumah sakit, stasiun, terminal, dll, itu merupakan keberuntungan bagi Anda. Banyak tempat publik yang tidak memiliki fasilitas lahan parkir yang memadai. Anda bisa menyewakan tempat / lahan rumah tersebut saat Anda bekerja atau pergi ke luar kota, atau Anda bahkan bisa menyewakannya setiap hari.

Jika tinggal di dekat stadion atau tempat populer lainnya, Anda mungkin bisa menjual tiket untuk parkir. Tambahan penghasilan yang akan didapatkan sungguh sangat menggiurkan. Anda tinggal mempekerjakan orang yang bertanggung jawab untuk menjaga tempat parkir tersebut.

Sebelum menyewakan lahan untuk tempat parkir, pastikan hal tersebut legal untuk menyewakan tempat parkir di daerah Anda. Cek aturan di lokasi / wilayah, terlebih jika Anda tinggal di lingkungan yang terbatas.

2 Penitipan / Perawatan Hewan Peliharaan

Cinta binatang dan punya ruang ekstra di rumah? Lalu, pertimbangkan untuk membuka pelayanan penitipan / perawatan hewan peliharaan di rumah Anda.

Bangun fasilitas kandang hewan peliharaan di halaman belakang rumah, atau membuat kandang di dalam rumah tempat untuk memelihara / menitipkan anjing, kucing, burung, dll seperti milik Anda sendiri.

Untuk memulainya, cukup promosikan layanan, biaya, dan ketersediaan Anda dalam menampung hewan peliharaan. Jika jadwal memungkinkan, Anda bahkan dapat menawarkan penitipan hewan peliharaan di berbagai waktu.

3 Manfaatkan Halaman Rumah untuk Menjual Barang

Jika banyak orang berkendara atau berjalan-jalan di sekitar halaman Anda setiap hari, manfaatkan lalu lintas tersebut dengan menawarkan barang untuk dijual di halaman depan Anda.

Ini bisa jadi barang yang tidak terpakai yang ingin Anda bersihkan dari garasi atau rumah, produk kreatif yang Anda buat, hasil ekstra dari kebun, hasil dari ternak ayam / kambing, dll. Jika lingkungan di sekitar rumah memungkinkan, Anda bahkan bisa mengeluarkan tanda iklan layanan atau produk yang dijual. Luangkan sedikit waktu untuk melakukan brainstorming, dan Anda pasti akan menemukan sesuatu untuk dijual.

4 Sewakan Rumah untuk Lokasi Syuting

Sewakan rumah Anda kepada perusahaan film / PH, dan dapatkan tambahan penghasilan untuk itu. Perusahaan film terus mencari lokasi proyek terbaru mereka, dan Anda tidak perlu memiliki rumah besar atau lokasi utama untuk dipilih.

Anda cukup melisting rumah untuk disewakan sebagai lokasi syuting secara online, misalkan via PropertiRumah.id. Ada banyak kesempatan untuk menjadikan rumah Anda sebagai lokasi syuting terlebih lagi berada di kawasan yang memang menarik.

5 Menyewakan Lokasi untuk Perkemahan

Anda pasti tahu bahwa dapat menggunakan situs seperti AirBnB untuk menyewakan rumah atau kamar di rumah kepada wisatawan. Namun, apakah Anda juga mengetahui bahwa dapat menggunakan situs tersebut untuk menyewakan tempat di halaman rumah untuk memasang tenda sebagai tempat perkemahan? Ya, Anda pasti bisa. Apalagi rumah Anda berlokasi di area pegunungan / perbukitan dengan pemandangan alam yang menarik.

Ini sangat ideal, jika Anda tidak menyukai gagasan untuk mengundang orang asing ke dalam rumah, dan tinggal di daerah yang akan menarik orang-orang yang berkemah.

Pastikan untuk menetapkan pedoman aturan apa yang boleh dan tidak boleh, termasuk dalam biaya sewa. Apakah api unggun diperbolehkan? Apakah fasilitas kamar mandi tersedia? Bagaimana dengan listrik? Sebelum Anda mulai menyewakannya, pastikan mendapatkan izin dari pihak berwenang setempat.

Siapa tahu? Jika usaha ini mendapatkan respon yang bagus, Anda mungkin merasa perlu menambahkan beberapa kabin, tenda atau fasilitas lainnya untuk menarik lebih banyak orang untuk berkemah.

6 Sewakan Ruangan di Rumah Anda

Sewakan gudang, ruang bawah tanah, garasi atau ruangan lain yang tak digunakan. Serius, jika Anda ingin memotivasi untuk membersihkan ruangan tersebut, lakukanlah sehingga Anda bisa menyewakan tempat penyimpanan itu kepada seseorang yang bersedia membayar Anda untuk hal tersebut.

Anda bisa mulai memfoto, mengukur besar ruangan untuk penyimpanan dan mulai menyewakannya. Mungkin akan didapatkan beberapa permintaan untuk penyimpanan barang yang terjangkau di wilayah Anda. Pendapatan bulanan yang lumayan, bagaimanapun juga, adalah hal yang indah.

7 Sewakan kepada Mahasiswa Asing

Punya kamar tidur cadangan? Pertimbangkan untuk menggunakannya untuk disewakan kepada mahasiswa asing. Anda akan mendapatkan tamu rumah yang menarik dan pemasukan tambahan untuk itu.

Jika dapat menawarkan makanan / catering, kamar mandi pribadi, layanan cuci / laundry, Anda akan menghasilkan lebih banyak lagi. Sewa biasanya berjangka pendek, berlangsung enam minggu sampai enam bulan bahkan bisa lebih.

Untuk memulai, yang terbaik adalah melalui perguruan tinggi dan universitas terdekat. Buat promosi di perguruan tinggi tersebut agar mahasiswa asing tahu Anda tertarik untuk menjadi keluarga angkat. Proses persetujuan cukup panjang, dan biasanya mencakup aplikasi, wawancara, pemeriksaan latar belakang, dan kunjungan ke rumah. Tetapi, jika sudah memenuhi syarat, bisa menjadi pendapatan tambahan yang lumayan.

Jika Anda tinggal di area yang memiliki lebih dari satu perguruan tinggi atau universitas, pertimbangkan untuk melamar ke beberapa universitas, jadi Anda mendapatkan lebih banyak kesempatan untuk menampung mahasiswa. Dan jika Anda memiliki ruang untuk dua tempat tidur di kamar cadangan, pastikan untuk menginformasikan bahwa Anda dapat menampung dua mahasiswa sekaligus. Ini adalah cara mudah untuk melipatgandakan penghasilan dari usaha Anda.

===========

Ketujuh ide kreatif di atas dapat Anda coba terapkan dengan menyesuaikan kondisi rumah dan lingkungan Anda. Mendapatkan tambahan penghasilan dari rumah yang kita miliki ternyata begitu mudah, bukan?

Referensi: thebalance.com

Loading...

Sumber www.thebalance.com
Berlangganan Newsletter!
Berlangganan Newsletter!
Daftarkan email Anda disini dan dapatkan informasi terbaru dari kami langsung ke email Anda.
Anda dapat membatalkan langganan kapanpun.

Website ini menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman Anda. Klik "Terima" untuk menyetujui kebijakan ini. Terima Baca Detail