Partner Informasi Investasi, Bisnis dan Keuangan
Rp14.356
+0.78%
Rp16.073
+0.21%
Rp18.187
+0.58%
Rp131
+0.56%
Rp9.927
+0.18%
Rp3.828
+0.78%
Rp2.080
+0.52%
Rp10.433
+0.35%
Rp10.673
+0.44%
Rp14.325
+0.21%
Rp9.402
-0.02%

Tips Menghemat Uang untuk Masa Depan Anda

0 128

Mudah dikatakan tetapi sangat sulit untuk konsisten melaksanakannya. Ya, menghemat uang menjadi hal yang bisa sangat sulit dilakukan. Berikut ini beberapa tips menghemat uang yang dapat dilakukan dengan lebih mudah.

Menghemat uang merupakan dasar membangun masa depan keuangan Anda. Namun, banyak uang yang menunda melakukannya karena terkendala berbagai alasan. Waktu terus berubah dengan cepat dan tidak sadar bahwa sudah berganti tahun dan terus kehilangan uang.

Tanpa memiliki tabungan, peluang untuk memenuhi tujuan keuangan jangka panjang dan meraih keamanan finansial menjadi cukup sulit.

Jika Anda ingin melakukan penghematan uang, maka harus bisa mengendalikan keuangan Anda jangan sampai boros. Berhemat tidak ada hubungannya dengan berapa uang yang bisa dihasilkan. Ini ada kaitannya langsung dengan bagaimana mengelola keuangan Anda.

Jika Anda memiliki banyak hutang kartu kredit dan mendapatkan gaji untuk pemasukan, maka biasanya uang tidak terkontrol dengan baik. Dan, yang paling menyesakkan, tidak bisa menabung untuk masa depan.

Tips menghemat uang yang paling utama adalah menghabiskan lebih sedikit dan menyimpan lebih banyak. Kedua hal ini saling terikat satu dengan lainnya. Untuk dapat berhemat, maka kontrol pengeluaran Anda.

Sebenarnya, hal tersebut tidak terlalu sulit jika Anda memulai untuk melakukannya. Berikut tips menghemat uang yang bisa dilakukan selanjutnya.

  • Pertama, duduk dan tuliskan tujuan keuangan Anda

Tanyakan pada diri sendiri apa yang diinginkan dari uang yang dimiliki. Mungkin Anda ingin memiliki uang muka untuk rumah pertama. Mungkin Anda butuh mobil baru. Buatlah tujuan jangka panjang, seperti pensiun, dan tujuan jangka pendek, seperti membeli furniture baru untuk rumah.

Berikan setiap tujuan tersebut jumlah / nominalnya dan kerangka waktu. Untuk menghemat uang, Anda harus tahu apa yang ditabung. Anda harus memiliki alasan untuk berhemat.

  • Buatlah rekening tabungan terpisah

Anda mungkin tahu bahwa menyimpan uang di satu rekening saja tidak akan berhasil untuk melakukan penghematan. Anda akan menghabiskannya.

Buatlah rekening tabungan yang terpisah dengan rekening untuk uang masuk dan keluar Anda. Rekening tabungan tersebut disiapkan khusus untuk tujuan jangka panjang finansial. Sedangkan, rekening yang lainnya digunakan untuk pengeluaran rutin setiap hari / bulannya. Seperti membayar tagihan kartu kredit, cicilan rumah, cicilan motor, dan lain sebagainya.

Seiring waktu, Anda akan melihat uang dalam rekening tabungan tersebut mulai tumbuh. Ini bermanfaat dan menyenangkan. Kebanyakan orang menjadi termotivasi untuk menabung lebih banyak lagi. Tabungan dan investasi bisa menjadi pemikat dengan cara yang baik.

  • Buatlah anggaran tertulis

Perlahan Anda akan menyadari bahwa memiliki anggaran yang tertulis itu sangat berperan dalam menghemat uang. Anda harus mengetahui dengan jelas dan detail kemana saja uang tersebut keluar. Haruslah tertulis karena Anda dapat dengan mudah melakukan perubahan terhadap anggaran.

Anggaran tidak hanya memberi tahu kemana saja tempat membelanjakannya, namun ini dapat membantu merencanakan bagaimana Anda membelanjakannya.

Masukkan ke dalam rencana pengurangan hutang anggaran Anda, dan anggaran tersebut akan menyelamatkan sebagian besar uang. Penganggaran sederhana dan tidak mengharuskan Anda untuk mengorbankan seluruh gaya hidup. Ini hanya rencana untuk mencapai tujuan finansial.

  • Fokus lunasi semua hutang

Tips menghemat uang selanjutnya adalah dengan berfokus untuk melunasi semua hutang. Akan sulit untuk melakukan penghematan jika hutang Anda terlalu besar.

Jika Anda memiliki banyak hutang kartu kredit, Anda harus memfokuskan pengeluaran uang tabungan untuk menghilangkan hutang itu.

Akan lebih bijak jika menyisihkan sedikit untuk dana darurat, tetapi sebagian besar uang yang dihemat sekarang perlu dikeluarkan untuk melunasi hutang.

Alasannya sederhana.

Mengapa membayar 20% bunga atas hutang kartu kredit saat tabungan Anda menghasilkan bunga 2% sampai 10%. Anda menghabiskan lebih dari yang diperlukan. Singkirkan hutang kartu kredit itu dulu. Ini akan menghemat lebih banyak dalam jangka panjang.

  • Jika ada uang tak terduga, masukkan ke rekening tabungan

Banyak orang benar-benar meningkatkan tabungan mereka dengan memasukkan uang tak terduga ke rekening tabungan mereka. Bonus, kenaikan gaji, pengembalian pajak dan bonus lembur, dan lain sebagainya benar-benar dapat memompa tabungan.

Anda tidak harus menghabiskan lebih sedikit atau mengurangi lebih banyak lagi, tapi Anda melihat saldo akun tabungan terus meningkat.

Tidak ada rahasia nyata untuk menabung. Anda hanya harus mulai melakukannya. Itu merupakan hal yang paling sulit untuk dimulai yaitu langkah pertama.

Akan tetapi, begitu Anda melihat keuangan mulai berubah dan memiliki dampak positif terhadap hidup saat ini, Anda akan terpikat untuk menabung untuk masa depan.

Referensi Tambahan: BankofAmerica.com

Loading...
Berlangganan Newsletter!
Berlangganan Newsletter!
Daftarkan email Anda disini dan dapatkan informasi terbaru dari kami langsung ke email Anda.
Anda dapat membatalkan langganan kapanpun.