Partner Informasi Investasi, Bisnis dan Keuangan
Rp14.149
-0.13%
Rp15.784
-0.04%
Rp18.384
-0.19%
Rp130
-0%
Rp9.728
-0.43%
Rp3.772
-0.13%
Rp2.000
-0.24%
Rp10.400
-0.39%
Rp10.794
-0.28%
Rp14.362
+0.03%
Rp9.067
-0.49%

6 Hal yang Paling Membuat Anda Boros dalam Keuangan

0 141

Banyak orang, terkadang tidak menyadari bahwa kegiatan sehari-hari akan membuat kita semakin boros dalam keuangan. Alih-alih ingin menghemat uang, malah kita akan membuang uang kalau tidak segera menyadarinya.

Semakin banyak orang memahami dengan baik, bahwa pengelolaan finansial itu diperlukan. Tetapi, sangat jarang yang dengan disiplin melakukannya. Ada banyak kesalahan pengelolaan finansial yang juga jarang disadari.

Jika Anda benar-benar ingin melakukan penghematan uang dalam rangka manajemen finansial yang lebih baik, maka Anda harus mengetahui lebih banyak tentang apa saja kegiatan / item yang paling banyak membuat boros dalam keuangan Anda.

Carilah kemana saja aliran uang itu dihabiskan dengan memperhatikan beberapa kegiatan yang membuat boros dalam keuangan Anda berikut:

#1 Sering belanja di Convenience Stores

Sebagai bagian dari gaya hidup modern, sekarang banyak muncul convenience store di berbagai sudut kota dari berbagai brand toko terkenal.

Untuk dapat diketahui, banyak orang tidak terlalu memikirkan tentang biaya markup yang mereka bayar untuk membeli item di convenience store tersebut. Dan, biaya markup tersebut sangat besar selisihnya.

Ini tidak seperti toko grosir, convenience store tidak membeli item barang dalam jumlah grosir, tetapi store ini memberikan kenyamanan yang harus dibayar oleh pembelinya. Terkecuali untuk situasi darurat, akan jauh lebih baik untuk tidak berbelanja terlalu sering di convenience store tersebut.

Biaya yang Anda bayarkan untuk kenyamanan tersebut sebenarnya tidak sebanding dengan kenyamanan yang diharapkan. Selisih harga barang di convenience store dibandingkan toko swalayan / grosir sekitar 20-30 persen. Ini jumlah yang cukup lumayan.

Jika sering mengunjungi toko swalayan / grosir, Anda bisa melakukan penghematan yang lumayan besar untuk keuangan Anda.

#2 Biaya telepon & internet

Berbeda dengan biaya listrik dan air yang memang kebutuhan mendasar dan tidak banyak provider yang memberikan alternatif, biaya telepon dan internet terkadang membuat kita boros dalam keuangan.

Periksa tagihan bulanan telepon dan internet Anda, apakah Anda membayar lebih dari yang dibutuhkan. Ada banyak provider yang memberikan jasa tarif yang saling berkompetisi satu dengan lainnya. Pilihlah yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan Anda.

#3 Kebiasaan membeli soft drinks

Ini juga salah satu item yang membuat boros dalam keuangan Anda. Jika Anda sering membeli soft drinks tersebut saat membeli di restoran, pertimbangkan bahwa markup atas pembelian soft drinks tersebut cukup besar. Ini salah satu pemborosan.

Atau Anda membeli di toko-toko, maka sebenarnya itu salah satu yang bisa dihemat, misalkan untuk ditabung atau diinvestasikan.

#4 Kebiasaan merokok

Inilah salah satu item yang banyak membuat boros dalam keuangan Anda. Berapa banyak biaya yang Anda keluarkan untuk membeli rokok dalam sebulan? Jika Anda menghabiskan sehari 16 ribu untuk rokok saja, berarti rata-rata dalam sebulan butuh sekitar 500 ribu hanya untuk membakar uang dengan sia-sia.

Pikirkan hal tersebut. Dengan dana 500 ribu dalam sebulan, jika diinvestasikan dalam reksadana, misalnya, Anda bisa mendapatkan imbal balik yang cukup lumayan untuk beberapa tahun ke depan.

#5 Biaya Kartu Kredit Tahunan

Kecuali Anda memiliki sejarah kredit yang buruk, tidak ada alasan untuk membayar biaya kartu kredit tahunan. Sejumlah kartu Visa, MasterCard dan Discover dari bank penerbit tidak memiliki biaya tahunan.

Namun, banyak orang membayar 1 juta atau lebih setahun untuk hak istimewa memegang kartu kredit premium. Kecuali Anda adalah pemegang kartu kredit tingkat elit yang eksklusif dengan berbagai fasilitasnya, seharusnya pilihlah kartu kredit yang tidak memiliki biaya tahunan.

Dan berbicara tentang kartu kredit, pastikan Anda melakukan pembayaran tepat waktu setiap bulannya, walaupun itu dalam jumlah minimum. Banyak kartu kredit membebankan biaya keterlambatan bulanan yang tinggi, biaya yang dikenakan bunga seiring dengan saldo Anda saat ini.

#6 Biaya Bank yang Tidak Perlu

Banyak orang tanpa sadar membayar banyak ke bank mereka dalam bentuk biaya. Jika Anda tidak tahu biaya apa yang harus dibayar oleh akun Anda, luangkan beberapa menit untuk mencari tahu.

Beberapa bank mengenakan biaya ATM untuk menggunakan ATM bank lain, misalnya. Ini bisa setinggi 10 ribu – 15 ribu! Jika Anda bisa mengambil uang secara tunai di bank, Anda bisa mengurangi biaya tersebut.

Atau hindari penggunaan biaya ATM dengan mengambil di ATM bank lainnya. Kuncinya, Anda harus benar-benar mencermati biaya apa saja yang bank bebankan kepada Anda sebagai nasabahnya.

Jadilah Proaktif

Luangkan beberapa jam dan periksa beberapa item di atas dengan kebiasaan lainnya yang mungkin tidak disadari dapat membuat boros dalam keuangan Anda.

Referensi: www.investopedia.com

Loading...