Partner Informasi Investasi, Bisnis dan Keuangan
Rp14.009
+0.14%
Rp15.582
+0.24%
Rp18.054
+0.43%
Rp129
+0.21%
Rp9.593
+0.36%
Rp3.735
+0.13%
Rp1.982
+0.01%
Rp10.279
+0.19%
Rp10.694
+0.06%
Rp14.155
+0.29%
Rp8.989
+0.14%

15 Karakteristik Trader Saham yang Sukses

0 1.331

Trading saham bukanlah secangkir kopi bagi semua orang. Beberapa orang bisa melakukannya dan beberapa yang lain tidak bisa. Bahkan, diantara orang yang bisa melakukan perdagangan saham, tidak semua bisa sukses. Bagaimana karakteristik seorang trader saham yang sukses?

Walaupun, tidak ada aturan yang pasti dan jelas tentang bagaimana seseorang trader saham bisa sukses, tetapi ada karakteristik umum yang dimiliki oleh seorang trader saham untuk bisa sukses.

Apa saja karakteristik yang perlu dimiliki oleh seseorang agar menjadi seorang trader saham yang meraih kesuksesan?

1. Seorang pedagang saham yang sukses bisa melawan naluri alami mereka.

Terkadang, naluri untuk ingin cepat untung seringkali muncul secara alami. Tetapi, bagi seseorang yang ingin meraih kesuksesan di bursa saham, memiliki kekuatan untuk melawan naluri alamiah mereka.

Banyak dari trader lebih mengedepankan analisisnya tentang pasar saham ketimbang harus mengikuti keinginannya.

2. Trader yang sukses memiliki sistem yang sederhana.

Tidak peduli apapun teknik dan strategi yang akan digunakan, yang terpenting mereka mentaati teknik dan strategi tersebut dengan disiplin.

Seorang trader yang sukses mengetahui dengan baik teknik yang mereka gunakan dan melakukan transaksi perdagangan saham hanya berdasarkan sistem mereka.

“Rahasia menjadi pemenang adalah konsisten terhadap tujuan.” Konsistensi inilah yang diperlukan bagi trader pemula untuk dapat meraih kebebasan finansial dari perdagangan saham.

3. Trader saham yang sukses mengambil risiko.

Trader sukses tidak suka kehilangan uang dan melarang diri mereka sendiri sebelum kalah terlalu banyak. Tetapi, mereka tetap berani dengan risiko yang akan dihadapi dalam melakukan transaksi perdagangan saham. Dan tentu saja, sudah dipertimbangkan segala sesuatunya.

4. Trader saham yang sukses bersedia melakukan kesalahan.

Mereka memiliki hak dan kemampuan, tidak melakukan hal yang benar, tapi melakukan hal yang salah. Ini adalah kemampuan untuk membuat kesalahan Anda sendiri. Mereka bisa belajar banyak hal dari kesalahan tersebut.

5. Trader yang sukses tidak peduli menjadi malu karena kehilangan.

Seorang trader yang sukses berharap untuk memperoleh kerugian dan tahu kapan harus memotongnya.

6. Trader yang sukses tahu, atau belajar menggali saham.

Banyak trader hanya menggunakan analisis teknikal, namun Anda mungkin ingin belajar menggunakan analisis fundamental juga.

7. Trader yang sukses itu seimbang dalam hidupnya.

Kita semua tahu kesenangan akan pasar saham bisa menjadi adiktif. Seorang trader yang sukses adalah orang yang tahu kapan harus pindah dan bisa melakukannya di saat yang tepat.

8. Pedagang saham yang sukses adalah seorang yang sabar.

Seorang trader sukses membiarkan posisi menang berjalan, namun mampu mundur saat terbukti salah. Kesabaran bisa berarti ketahanan, keberanian, dan keyakinan saat pasar melawan Anda.

9. Seorang trader sukses memiliki keinginan yang kuat untuk mencapai kesuksesan.

Motivasi yang kuat merupakan pendorong untuk mencapai keberhasilan dan memberikan pendidikan untuk diri kita sendiri tentang apa saja yang ingin diketahui dari saham.

Termotivasi untuk berpegang teguh pada strategi yang diterapkan saat keadaan semakin buruk.

10. Kedisiplinan sangat penting untuk berhasil dalam perdagangan saham.

Sangat disiplin. Seorang trader saham yang sukses akan melakukan apa yang harus dilakukan, bahkan jika sedang dalam keadaan tidak mood.

Disiplin juga berarti memegang teguh strategi Anda, tidak tiba-tiba membeli atau menjual karena suatu kehendak atau karena ada peluang mendadak.

11. Trader sukses mengetahui perbedaan antara perilaku defensif dan ofensif, dan kapan menggunakannya.

Lindungi uang Anda dulu, untunglah nanti.

12. Pedagang yang sukses tidak menguping rumor atau terlibat secara emosional.

Untuk menjadi trader sukses Anda harus sangat keras pada diri sendiri. Anda harus bisa menolak keinginan untuk membuktikan bahwa Anda benar dan siap melakukan kesalahan.

Jangan biarkan emosi mempengaruhi keputusan Anda. Menyiapkan titik stop loss untuk setiap keputusan yang Anda buat adalah sesuatu yang harus dilakukan.

Itu berarti lebih dari sekedar mengakui bahwa Anda salah. Anda dan portofolio akan bertahan dan Anda akan bisa kembali ke posisi lagi saat tren menandakan bahwa waktunya tepat.

Anda harus belajar untuk mengabaikan ikatan emosional yang dimiliki dengan saham dan membuat tren saham mendikte Anda. Anda akan kehilangan titik masuk terendah dan nilai jual tertinggi, namun akan bisa tidur di malam hari.

Anda perlu belajar untuk keluar dari posisi saham sebelum keuntungan berubah menjadi kerugian.

13. Seorang trader yang sukses mengenal dirinya sendiri.

Pedagang yang sukses harus memperhatikan kekuatan dan kelemahan mereka. Kekuatan dan kelemahan Anda akan menjadi sangat penting. Mainkan kekuatan tersebut kapan pun Anda bisa.

14. Seorang pedagang yang sukses mengetahui investasinya.

Investasi Anda hampir sama pentingnya dengan Anda. Kenali sejarah masa lalu dari saham maupun kekuatan dan kelemahannya.

15. Seorang pedagang yang sukses berpegang pada peraturan.

Sistemnya ada karena suatu alasan. Tidak ada yang bisa menghancurkan pembeli saham yang sukses dengan cepat, terkecuali karena melanggar peraturan.

Kenali 15 karakteristik ini dan Anda siap menjadi trader saham yang sukses.

Referensi Tambahan:

www.finansialku.com

Loading...