Partner Informasi Investasi, Bisnis dan Keuangan
Rp14.221
+0.26%
Rp15.751
+0.6%
Rp17.289
-0.01%
Rp134
+0.25%
Rp9.639
+0.37%
Rp3.791
+0.29%
Rp2.020
+0.27%
Rp10.257
+0.08%
Rp10.687
+0.17%
Rp14.513
+0.53%
Rp9.151
+0.45%

Cara Menghemat Uang Gaji Bulanan

0 131

Di masa ekonomi yang sulit, seringkali kita merasa kesulitan untuk menabung saat memang membutuhkannya. Sebagian besar dari kita hidup dari pemasukan gaji bulanan, terus berjuan untuk membayar biaya hidup yang meningkat. Bagaimana cara menghemat uang gaji bulanan? Kami berbagi tipsnya di artikel berikut.

Terkadang, kita juga sering dihadapkan pada keadaan darurat seperti masalah kesehatan, kehilangan pekerjaan, terjadi kecelakaan, dan lain sebagainya. Banyak yang menyarankan bahwa minimum penghematan adalah 3-6 bulan biaya hidup.

Tidak banyak individu atau rumah tangga yang telah menyiapkan tabungan / dana darurat. Bisa jadi, melakukan penghematan mungkin tampak mustahil saat ini.

Untuk itulah, cara menghemat uang gaji bulanan yang sederhana sangat dibutuhkan bagi individu / rumah tangga, mungkin Anda salah satunya.

Berikut beberapa cara sederhana menghemat uang gaji bulanan yang bisa diterapkan.

Membuat dan Disiplin pada Anggaran (Budget)

Lacak pengeluaran Anda

Sebaiknya Anda menyimpan setiap bukti transaksi (tanda terima) dari pembelian yang dilakukan dalam tempo sebulan. Kumpulkan tagihan bulanan Anda.

Sortirlah ke dua kategori utama, yaitu pengeluaran tetap dan fleksibel. Pisahkan masing-masing menjadi 2 subbagian, keinginan dan kebutuhan. Biaya tetap biasanya tidak jauh berbeda dari bulan ke bulan berikutnya. Kebutuhan tetap biasanya meliputi utilitas, sewa / cicilan, pembayaran tagihan, asuransi, pembayaran telepon, dll.

Keinginan tetap biasanya menyangkut layanan hiburan berlangganan seperti tagihan televisi kabel, tagihan internet, tagihan telepon premium, dll.

Biaya fleksibel bervariasi dari bulan ke bulan. Meskipun biaya ini dibutukan hanya minimum, tetapi umumnya yang dihabiskan lebih dari yang dianggarkan. Kebutuhan fleksibel seperti pakaian dan makanan. Sedangkan keinginan fleksibel menyangkut hiburan, barang elektronik, hobi, dll.

Agar lebih memudahkan, sekarang banyak tersedia aplikasi mobile / software komputer untuk melacak pengeluaran, yaitu aplikasi budgeting yang bisa membantu Anda.

Membuat Anggaran Anda

Anda bisa memulai membuat anggaran keuangan pribadi / rumah tangga dengan pemasukan bulanan bersih, yaitu gaji dipotong pajak. Pertama, kurangi terlebih dahulu pengeluaran tetap Anda. Lalu, tentukan 10% dari penghasilan bersih Anda.

Sepuluh persen itu merupakan tujuan minimum keuangan yang harus dihemat setiap bulannya. Kurangi jumlah tersebut dari sisa gaji Anda. Jumlah akhir inilah yang perlu diketahui untuk membuat anggaran.

Apakah Anda masih memiliki cukup uang setelah dikurangi tagihan dan tabungan untuk meng-cover kebiasaan belanja Anda? Jika tidak, maka kurangi pengeluaran Anda.

Pertama-tama dengan memperhatikan keinginan fleksibel, ubah keinginan dan kebutuhan fleksibel agar bisa dimasukkan ke pos-pos anggaran yang bisa ditingkatkan.

Apabila Anda memiliki pemasukan yang tidak teratur, misalkan freelance atau pekerja lepas, mulailah dengan membuat anggaran rata-rata 6-12 bulan terakhir.

Hindari pembelian impulsif

Ini salah satu cara menghemat uang gaji bulanan yang jarang sekali disadari oleh sebagian besar orang. Terkadang, kita sering terjebak pada pembelian impulsif (pembelian tanpa perencanaan / spontan) yang sangat besar.

Coba cermati perilaku belanja impulsif ini saat Anda sedang jalan-jalan di mall atau berselancar di toko online, bisa jadi Anda akan menghabiskan uang yang telah dianggarkan.

Pembelian yang lebih besar dan banyak akan bervariasi masing-masing individu tergantung tingkat penghasilannya. Dua pembelian dengan nominal besar adalah mobil dan rumah. Kedua hal tersebut dibutuhkan banyak penelitian dan waktu sebelum mengambil keputusan.

Sebagian besar pekerja akan mempertimbangkan pembelian seperti elektronik, furniture, dll. Sebaliknya, bagi sebagian yang lain menganggap bahwa pembelian sepatu itu sangat besar, bagi yang lainnya dianggap sepele.

Mengurangi Tagihan Bulanan

Kurangi konsumsi energi Anda

Salah satu pengeluaran bulanan yang umumnya dirasakan oleh rumah tangga adalah tagihan listrik. Inilah salah satu cara menghemat uang gaji bulanan yang bisa dilakukan dengan mengurangi penggunaan energi listrik di rumah Anda.

Anda bisa menghemat energi dengan menggunakan lampu-lampu hemat energi, mematikan televisi / komputer apabila tidak digunakan (dengan mencabut kabel power), menghemat penggunaan AC, dll.

Saat membeli peralatan elektronik yang baru, pertimbangkan membeli alat-alat elektronik yang telah memiliki fitur hemat energi.

Pertimbangkan mengurangi tingkat layanan berlangganan

Berbelanjalah untuk penyedia layanan yang berbeda untuk asuransi, telepon, dan Internet Anda. Mungkin ada penawaran baru yang lebih baik (lebih murah) dibandingkan layanan berlanggan yang dimiliki saat ini.

Atau, cobalah untuk bernegosiasi dengan penyedia layanan Anda saat ini untuk opsi tarif yang lebih rendah. Jika Anda menyebutkan keinginan untuk beralih / ganti operator, biasanya mereka memberikan tawaran yang lebih baik.

Membeli mobil hemat energi

Jika Anda berencana untuk membeli mobil baru, pastikan kendaraan tersebut telah memiliki fitur hemat energi. Selain itu, belilah kendaraan yang bisa untuk jangka panjang dengan biaya pemeliharaan rendah.

Ini salah satu cara menghemat uang gaji bulanan yang tidak disadari berpengaruh besar, terutama jika menggunakan mobil untuk bekerja.

Mencari Penghasilan Tambahan

Jual barang yang tidak lagi dibutuhkan

Cara menghemat uang gaji bulanan tidak melulu menekan pengeluaran. Dengan dibutuhkan kreativitas, Anda perlu meningkatkan area pemasukan dengan mendapatkan penghasilan tambahan.

Salah satu cara mendapatkan penghasilan tambahan yang termudah adalah dengan menjual barang-barang yang tidak lagi digunakan. Barang-barang seperti furniture / elektronik bisa dipertimbangkan untuk dijual.

Barang-barang tersebut bisa dijual melalui toko atau marketplace online. Jual barang dengan harga yang memang sepadan. Hasil penjualan tersebut bisa dimasukkan ke dalam tabungan Anda.

Memulai bisnis sampingan

Gunakan waktu luang untuk memulai bisnis sampingan yang sederhana sesuai dengan kemampuan atau hobi Anda. Apabila Anda senang membuat produk / karya yang berpotensi untuk dipasarkan, coba jual ke website kerajinan seperti Qlapa.com.

Barang-barang populer yang biasanya dijual diantaranya pakaian, boneka binatang, produk kecantikan, karya seni, dan perhiasan.

Sebelum tabungan Anda mencapai tingkat aman, hindari memulai bisnis startup dengan biaya yang besar. Tetap berpegang pada proyek yang menggunakan bahan yang tidak mahal atau sudah tersedia.

Loading...
Sumber www.wikihow.com
Berlangganan Newsletter!
Berlangganan Newsletter!
Daftarkan email Anda disini dan dapatkan informasi terbaru dari kami langsung ke email Anda.
Anda dapat membatalkan langganan kapanpun.